Ilustrasi olahraga yang bisa dilakukan ibu rumah tangga (Sumberg gambar: Unsplash/kike vega)

Tak Perlu Keluar Rumah, Inilah Olahraga versi Ibu Rumah Tangga yang Layak Dicoba

21 October 2022   |   09:00 WIB

Menjadi ibu rumah tangga memang memiliki aktivitas yang padat setiap harinya, hal inilah yang membuat banyak orang berpikir jika tak perlu lagi melakukan olahraga. Padahal dengan menyempatkan sedikit waktu secara rutin setiap harinya akan membuat ibu rumah tangga semakin fit dan bugar. 

Meskipun akan sulit pada mulanya untuk melakukan pembagian waktu ini, karena tengah dipenuhi dengan segala aktivitas seperti menjaga kebersihan rumah, belum lagi juga harus mengurus anak dan suami. Itulah tantangan yang akan ibu rumah tangga lalui jika hendak berusaha untuk rutin olahraga, tapi akan sebanding dengan manfaat yang akan diperolah nantinya. 

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Ini Direkomendasikan Untuk Lansia

Olahraga bagi ibu rumah tangga bukan hanya sekedar menjaga kesehatan, membakar kalori berlebih untuk menurunkan berat badan tetapi yang terpenting dengan berolahraga juga bisa untuk menghilangkan stres apalagi jika dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan.

Memang benar jika berbagai pekerjaan rumah seperti kegiatan mencuci hingga menyetrika baju, mencuci piring serta bersih-bersih rumah, akan menyehatkan tubuh karena telah aktif bergerak. Tapi yang tak banyak disadari ternyata semua aktivitas tersebut bisa memicu stres, karna seolah semua pekerjaan tersebut tak ada habisnya bahkan waktu 24 jam tak cukup untuk menyelesaikan semuanya. 

Maka dari itu ibu rumah tangga sangat perlu cara agar tetap sehat tapi dengan cara yang menyenangkan. Tapi bagaimana caranya agar tetap bisa olahraga menyenangkan saat sedang sibuk meski tetap memenuhi peran sebagai ibu rumah tangga? Berikut ini merupakan beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan meski hanya di rumah saja oleh ibu rumah tangga.


1. Membersihkan Rumah

Tak perlu repot untuk pergi ke gym jika ingin membakar kalori berlebih, cukup simple hanya dengan melakukan berbagai rangkaian aktivitas membersihkan rumah yang dimulai dengan menyapu, mengepel, membersihkan jendela hingga menguras bak kamar mandi, cukup ampuh untuk membakar kalori meski hanya dari rumah.

Berdasarkan penelitian, dengan membersihkan rumah selama dua jam akan membakar 600 kalori, yang hampir sama dengan dua kali lipat jika berlari dengan jarak 5 kilometer. 

Aktivitas lainnya seperti membersihkan jendela merupakan salah satu jenis pekerjaan rumah yang cukup banyak membakar kalori. Karna jika bisa melakukannya selama 40 menit, kalori yang akan terbakar sebesar 194 kalori.

Urutan selanjutnya yaitu mengepel lantai yang akan membakar 100 kalori jika dilakukan selama 20 menit, dan yang terakhir adalah membersihkan kamar mandi dengan jumlah kalori terbakar hampir sama dengan mengepel lantai.
 

2. Peregangan Setelah Bersih - Bersih 

Banyak yang tak menyadari ternyata istirahat setelah bersih-bersih juga bisa membakar kalori. Hal itu bisa terjadi jika dengan melakukan beberapa peregangan seperti melipat tangan, kaki dan memutar kepala sambil berdiri, bisa juga dengan posisi duduk tegak, serta push-up meja. 

Peregangan merupakan salah satu latihan yang melibatkan gerakan terkendali berbagai otot di tubuh, yang biasanya dilakukan sebelum latihan berat contohnya seperti aerobik atau latihan beban. Selain itu peregangan juga biasanya sebagai aktivitas pendinginan setelah berolahraga yang berguna dalam mengendurkan otot-otot. 

Meskipun dalam peregangan hanya bisa membakar kalori yang relatif kecil, sehingga tidak membantu dalam menurunkan berat badan tapi dengan peregangan tubuh Anda akan menjadi lebih siap ketika akan melakukan latihan berat yang dapat menurunkan berat badan. 
 

3. Memasak 

Memasak bisa menjadi olahraga yang intens tanpa Anda sadari, karena rangkaian proses dalam memasak yang cukup panjang akan bisa membakar banyak kalori dalam tubuh. Sebelum memasak Anda perlu berbelanja bahan yang akan dimasak terlebih dahulu, lalu berjalan kaki, berdiri di dapur, mencuci sayuran, serta menyiapkan berbagai masakan hingga matang dan siap disajikan.

Hal itulah yang terkadang banyak membuat perempuan jadi enggan memasak karna memang cukup merepotkan, tapi sebaiknya Anda pikirkan kembali. Manfaat memasak selain bisa menyenangkan anggota keluarga dengan masakan Anda, tetapi juga bisa membakar banyak kalori Anda mulai dari proses persiapan hingga masakan siap disajikan.

Posisi memasak ternyata juga mempengaruhi jumlah kalori yang akan terbakar karna berhubungan dengan bagian otot tertentu yang dilatih oleh tubuh. Contohnya saat Anda memasak sambil berdiri maka otot yang dilatih adalah otot kaki dan juga otot lengan, sedangkan jika memasaknya dengan posisi duduk maka otot yang dilatih hanyalah otot pergelangan tangan saja. 
 

4. Yoga 

Salah satu jenis olahraga yang tengah tren ini identik dengan meditasi dan juga beragam gerakan meliuk rumit yang dilakukan di atas matras. Tak banyak yang tahu, ternyata yoga yang sebenarnya bukan hanya mengenai gerakan saja tetapi terdiri dari berbagai aspek penting dalam kehidupan yang diharmoniskan menjadi yoga.  

Ketika bangun tidur jangan beranjak dulu dari kasur, tapi Anda bisa melakukan yoga sebentar. Misalnya dengan mengangkat tubuh dengan gerakan seperti ini yang bisa melatih otot punggung, otot kaki serta juga otot pinggul Anda, lakukan gerakan tersebut dengan repeatasi sebanyak 3 atau 5 kali.
 

5. Plank

Plank juga merupakan jenis olahraga paling sederhana bagi ibu rumah tangga karna bisa dilakukan di rumah. Pada gerakan plank Anda harus menahan satu posisi tubuh dalam waktu yang cukup lama, sehingga akan menguatkan otot bagian tengah tubuh, otot punggung, bahu, serta otot panggul.

Jika rutin melakukan plank maka tubuh menjadi lebih stabil dan seimbang, sehingga membuat Anda akan lebih mudah melakukan gerakan sehari-hari yang membutuhkan aktivitas otot tertentu. Seperti saat Anda menggendong bayi, tidak akan mudah terasa pegal.  

Ketika Anda bisa konsisten melakukan plank dalam beberapa minggu, maka Anda akan bisa merasakan badan terasa lebih langsing dan ringan. Saat semua pekerjaan rumah sudah selesai Anda bisa melakukan plank sebentar, cukup meluangkan waktu selama 30 detik untuk permulaan latihan, lalu Anda bisa ditingkatkan seiring berjalannya waktu dan merasakan manfaatnya.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk membakar kalori  walau hanya dari rumah, kini tak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga bagi ibu rumah tangga ya.... Selain sehat, banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, Ibu jadi sehat, dan keluarga menjadi lebih bahagia. Selamat berolahraga!!!!

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Band Elephant Kind Rilis Single 'Rockstar', Lagu Pembuka Menuju Mini Album Superblue

BERIKUTNYA

Obat Sirup Dilarang, Cek 2 Ramuan Herbal Alternatif Atasi Demam dan Bapil pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: