Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Daniel Reche dari Pexels)

Suka Jalan Kaki setelah Makan? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

23 June 2021   |   17:36 WIB

Genhype tentu pernah merasa kekenyangan setelah makan dan memutuskan untuk berjalan kaki setelahnya, dengan alasan "agar makanannya turun'? Kegiatan berjalan kaki sebenarnya sudah menawarkan berbagai manfaat saat jarak dan intensitasnya sudah direncanakan dengan matang sesuai dengan kapasitas diri.

Beberapa studi menunjukkan bahwa berjalan kaki sesaat setelah makan bisa bermanfaat bagi kesehatan tapi tentu ini harus dengan pertimbangan yang disesuaikan sebelumnya.

Penasaran dengan manfaat dari berjalan kaki setelah makan? Simak lima manfaatnya di bawah ini yuk!

1. Kurangi gas dan kembung pada perut
 

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Jeffrey Grospe dari Unsplash)

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Jeffrey Grospe dari Unsplash)

Satu studi pada 2020 menunjukkan bahwa berjalan kaki sebanyak 4.000 hingga 9.500 langkah bisa mengurangi gejala kembung dan munculnya gas di dalam perut hingga 50 persen untuk mereka yang punya riwayat sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).

Studi lainnya di Jerman menunjukkan bahwa berjalan setelah makan bisa memicu pengosongan gas di dalam perut sehingga mempercepat pemroses makanan di dalam saluran pencernaan.

Para ahli mengungkapkan bahwa berkurangnya gejala ini disebabkan karena stimulasi sistem pencernaan dari gerak tubuh. Akan tetapi, penelitian ini perlu pendalaman lebih lanjut untuk mengetahui keterkaitannya.

2. Meregulasi gula darah
 

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Henry Xu dari Unsplash)

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Henry Xu dari Unsplash)

Sebuah studi pada 2018 menunjukkan bahwa durasi berjalan punya pengaruh terhadap tingkat gula darah setelah makan, di mana berjalan dengan waktu yang singkat setelah makan bisa menurunkan tingkat gula darah lebih banyak dibandingkan dengan berjalan sebelum makan.

Akan tetapi, studi ini dilakukan pada orang dewasa muda yang tidak memiliki diabetes sehingga perlu dilakukan studi dengan partisipan yang lebih luas.

.
1
2


SEBELUMNYA

Waduh, Pengguna Apple Kurang Puas dengan Pembaruan IOS 15 & IPadOS 15

BERIKUTNYA

Ini 3 Rekomendasi Restoran Terkenal yang Wajib Dicoba di Little India Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: