Ilustrasi belajar bahasa Inggris (Sumber: unsplash.com/@comparefibre)

4 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2024, Bisa Buat Persiapan IELTS & GRE

06 May 2024   |   21:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Tidak bisa dimungkiri bahwa urgensi mempelajari bahasa Inggris kian meningkat pada era serba digital saat ini. Untuk menjawab hal tersebut, beberapa aplikasi muncul untuk menawarkan pendidikan bahasa Inggris yang mudah diakses oleh siapa pun yang memiliki perangkat elektronik dan koneksi internet.

Bahasa Inggris memiliki kosakata yang luas, dan selalu berubah-ubah tergantung konteks penggunaannya. Oleh karena itu, lima aplikasi ini memiliki fitur seperti active listeningdaily assessment, dan flashcard. Fitur-fitur ini sangat berguna bagi pemula, tapi bisa semakin menantang jika terus ditekuni.

Apakah Genhype siap belajar bahasa inggris dari rumah? Simak 4 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik untuk pemula dan persiapan tes TOEFL maupun IELTS. 

Baca juga: 4 Alasan Bahasa Inggris Jadi Bahasa Pergaulan Global 
 

1. Duolingo 

Meraih predikat startup pendidikan terbaik di acara Crunchies 2014, Duolingo telah menjadi platform belajar bahasa terpopuler di dunia. Jika pembelajaran bahasa Inggris konvensional fokus pada hafalan, Duolingo fokus dalam penggunaan kalimat dan frasa sesuai konteks. Semua dikemas dalam desain UI/UX yang interaktif.

Pengguna Duolingo akan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, dan memiliki berbagai tingkatan yang disesuaikan dengan kemampuan mereka. Namun, fitur yang menjadi kebangaan Duolingo adalah Speech Recognition, di mana para pengguna bisa menguji kefasihan mereka dalam mengutarakan kata dan kalimat tertentu.

Meski dapat diunduh untuk smartphone, versi desktop Duolingo memiliki beberapa fitur eksklusif seperti stories dan discussion board. Selain bahasa Inggris, Genhype juga bisa mempelajari 43 bahasa asing lain di aplikasi ini.
 

2. Fondi 

Fondi adalah game open world untuk belajar bahasa Inggris, yang mempertemukan pengguna-penggunanya dari seluruh dunia untuk saling berbincang. Oleh sebab itu, aplikasi ini cocok untuk Genhype yang ingin meningkatkan active listening skill, kosakata baru, dan mencari teman belajar.

Pemain juga bisa mengganti penampilan dan lokasi berbincang, sehingga lebih menarik setiap saat. Selain belajar berbahasa Inggris, pengguna juga sering berdiskusi dan mempelajari budaya dan bahasa dari negara-negara lain. 
 

3. IELTS Prep 

Salah satu tes yang menjadi standar kemampuan berbahasa Inggris adalah International English Language Testing System (IELTS), yang terdiri dari 4 jenis tes. Mendengar, membaca, menulis, dan berbicara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam 45 menit.

Mengetahui banyak sekali materi dan keterampilan dalam tes ini, aplikasi IELTS Prep melatih keempat jenis tes tersebut melalui pertanyaan-pertanyaan yang sangat mirip dengan yang ada dalam tes sebenarnya. Selain itu, aplikasi ini juga memberi beberapa tip yang berguna saat tes IELTS yang sebenarnya, seperti koreksi sebelum diserahkan, hindari penggunaan kata pengisi, dan perhatikan batasan kata.


4. Magoosh 

Jika aplikasi sebelumnya mempersiapkan Genhype untuk tes IELTS, Magoosh adalah developer yang merilis belasan aplikasi untuk berbagai tes bahasa Inggris. Seperti tes Graduate Record Examinations (GRE), yang menjadi bagian dari tes masuk untuk sebagian besar sekolah pascasarjana di Amerika Serikat dan Kanada

Aplikasi ini memiliki sistem pembelajaran flashcard, sehingga Genhype bisa menguji pemahaman sebuah kata dengan diri sendiri atau bersama orang lain. Kata-kata yang dipelajari dalam aplikasi ini juga sangat beragam, mulai dari yang digunakan sehari-hari, hingga istilah yang berguna dalam mempelajari berbagai bidang studi tingkat atas. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Efektif untuk Belajar Bahasa Inggris

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Kiat Memilih Outfit Jogging untuk Hijaber, Tetap Nyaman & Modis

BERIKUTNYA

Cek Bocoran Fitur AI On Device yang Dirancang Apple

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: