Baekhyun EXO (Sumber Foto: Instagram/@baekhyunee_exo)

Kronologi Perayaan Ulang Tahun Baekhyun EXO yang Menuai Kontroversi Warganet

06 May 2024   |   15:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Baekhyun EXO sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-32 pada hari ini Senin (6/5/2024). Sayang, pada momen bahagianya tersebut Baekhyun menuai kontroversi. Sejumlah warganet menilai acara perayaan ulang tahunnya bisa dibilang banyak memanfaatkan keuntungan dari para penggemarnya. 

Mengutip Allkpop, agensi independen yang didirikan Baekhyun, yakni I&B100 menggelar acara pesta ulang tahun dari pelantun lagu Take You Home tersebut sejak Mei 2024 di beberapa lokasi, termasuk di salah satu kafe di Mapo, Seoul, Korea Selatan. 

Berkat popularitasnya, acara ulang tahun idol K-Pop itu menarik banyak massa. Para penggemar beruntung yang menghadiri acara tersebut bisa mendapatkan photocard eksklusif Baekhyun yang belum pernah dirilis sebelumnya. 

Baca juga: Lisa Ulang Tahun, Seluruh Personel BLACKPINK Tulis Ucapan Selamat yang Menyentuh

Sejak pukul 10.30 pagi, para penggemar sudah mengantre untuk dapat masuk ke lokasi acara ulang tahun Baekhyun. Antreannya sangat panjang sehingga pelaku usaha di sekitar kafe mengeluhkan operasional mereka yang terganggu.

Terlebih kafe tersebut hanya menerima sekitar 1.000 pelanggan per hari, sehingga membuat penggemar berebut masuk supaya bisa mendapatkan photocard Baekhyun di event ulang tahunnya. Kerumunan massa ini juga bahkan sampai melibatkan polisi yang bergerak ke lokasi untuk menertibkan para penggemar Baekhyun tersebut.

Adapun di sisi lain, para warganet menunjukkan reaksi beragam tentang seorang idol K-Pop yang mengadakan acara ulang tahunnya sendiri. Umumnya acara ulang tahun artis digelar oleh penggemarnya sendiri. Mereka menggalang dana dan merayakannya bersama para penggemar lainnya dari berbagai daerah. 

Acara ini juga mencakup kegiatan bertukar freebies, yakni hadiah yang diberikan kepada sesama penggemar secara gratis. Hadiah tersebut berupa pernak-pernik K-Pop unofficial (tidak resmi) yang masih berhubungan dengan idola mereka.

Misalnya, photocard, stiker, postcard, dan pin yang menampilkan wajah idolanya. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan idola mereka ke publik.

Namun, para warganet melihat Baekhyun menggelar acara ulang tahunnya sendiri bersama staf I&B100, sehingga mereka beranggapan artis dan agensinya telah mengeruk banyak keuntungan dari penggemar.

Terlebih, warganet juga mengeluhkan harga menu makanan dan minuman yang disajikan di kafe yang menjadi tempat perayaan ulang tahun Baekhyun dianggap terlalu mahal. Seperti yang terlihat dalam banner kafe tersebut, menu Iced Americano seharga 5.000 won (Rp59.000an), Iced Latte 5.500 won (Rp65.000an), dan Strawberry Cake 7,500 won (Rp88.000an).

Meski begitu, banyak juga para penggemar Baekhyun yang membela idolanya. Mereka beranggapan bahwa harga yang ditawarkan memang seperti standar kafe mewah pada umumnya, jadi tidak masalah.

Penggemar juga bebas untuk membeli atau tidak membeli makanan dan minuman di sana. Hasil keuntungan penjualan pun sepenuhnya masuk ke kantong pemilik kafe dan tidak ada sangkut pautnya dengan Baekhyun dan agensinya.

Baekhyun hanya menyewa kafe tersebut sehingga semua orang boleh datang tanpa harus membeli tiket masuk dan mengeluarkan biaya-biaya lainnya. Terlepas dari kontroversi yang diributkan para warganet, penggemar justru merasa bahagia bisa merayakan ulang tahun idolanya.

Baca juga: Beomgyu TXT Berulang Tahun, Intip Profil Idol Multitalenta Jagoan MOA

Adapun, Baekhyun sendiri selama ini dikenal sebagai anggota Boy Group EXO besutan SM Entertainment. Pria pemilik nama asli Byun Baek-hyun tersebut lahir pada 6 Mei 1992. Kariernya dimulai sejak debut sebagai anggota EXO pada 2012 lalu. Dia juga tergabung dalam dua subunit EXO, yakni EXO-K dan EXO-CBX, serta menjadi pemimpin grup unit SuperM yang terdiri dari beberapa penyanyi SM Entertainment.

Pada Januari 2024 Baekhyun mendirikan agensinya sendiri yang bernama I&B100, sekaligus menjabat sebagai CEO-nya. Dia juga mengajak anggota unit EXO-CBX, yakni Chen dan Xiumin untuk bergabung bersamanya dalam agensi barunya tersebut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Properti Airbnb Terunik di Dunia, Ada dari Indonesia

BERIKUTNYA

Simak Petuah Didik Nini Thowok Untuk Para Penari Muda Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: