EXO- CBX (Sumber Foto: Twitter/@exokiss88)

Baekhyun EXO Dirikan Agensi I&B100, Chen dan Xiumin Ikut Gabung?

04 January 2024   |   15:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Baekhyun EXO mengambil langkah besar dalam kariernya dengan mendirikan agensi sendiri bernama I&B100. Selain itu, terungkap bahwa pelantun Growl tersebut tak hanya menjadi pemilik perusahaan, melainkan juga menjabat sebagai CEO. 

Baekhyun terdaftar sebagai pemilik dan CEO, serta telah menyelesaikan pendaftaran direktur internal perseroan. Sebelummya, pria kelahiran 1992 tersebut juga pernah memiliki pengalaman sebagai direktur eksekutif di agensi bernama One Signature. Perusahaan tersebut didirikan olehnya sendiri dan Kasper, koreografer terkenal sekaligus temannya.

Baca  juga: Chanyeol EXO Siap Gelar Fancon The Eternity Maret 2024, Cek Harga Tiketnya

Mengutip dari Allkpop, I&B100 resmi didirikan pada 23 Juni 2023, sebelum perpanjangan kontrak Baekhyun dengan SM Entertainment pada Agustus di tahun yang sama. Keputusan ini menunjukkan bahwa Baekhyun telah merintis perusahaan sendirinya sebelum kesepakatan kontraknya berakhir dengan agensi yang mendebutkannya bersama EXO itu.

Sebelumnya, saat melakukan siaran langsung di akun Instagram resminya, Baekhyun sempat mengungkapkan keinginannya untuk mendirikan perusahaan sendiri dan SM Entertainment telah menyetujuinya. Pada saat yang sama, dia juga menekankan tidak akan meninggalkan SM dan EXO.

"Aku akan berada di SM sambil menjalankan perusahaan dan akan terus bekerja dengan anggota EXO," ujarnya.

Selain itu yang tak kalah mengejutkan, beredar kabar bahwa kedua anggota grup EXO lainnya yakni Chen dan Xiumin akan bergabung dengan label I&B100. Apabila benar demikian, keputusan tersebut menandai eratnya kebersamaan antar anggota EXO di luar lingkup aktivitas resmi grup mereka.

Adapun SM Entertainment juga telah mengonfirmasi bahwa meskipun kontrak ketiga anggota EXO masih berlaku, mereka diberikan kebebasan untuk menjalankan aktivitas individu bersama agensi lain.

"Kontrak eksklusif kami untuk ketiga anggota EXO masih berlaku. Kami tidak dapat mengungkapkan secara spesifik ketentuan perjanjian tersebut. Namun kami memungkinkan agar ketiga anggota dapat melakukan aktivitas masing-masing sesuai perjanjian yang dibuat dengan perusahaan," ujar perwakilan dari SM Entertainment, dikutip dari Allkpop.

Keputusan Baekhyun untuk mendirikan agensi sendiri membuat penggemar antusias. Mereka sangat menantikan proyek-proyek dan kegiatan individu dari EXO-CBX, yakni sub unit EXO yang beranggotakan Baekhyun, Chen, dan Xiumin di bawah manajemen I&B100.

EXO-CBX sendiri merupakan sub unit resmi pertama dari EXO. Pada 5 Oktober 2016 lalu, S.M Entertainment secara resmi memperkenalkan Chen, Baekhyun, dan Xiumin sebagai ketiga anggota EXO-CBX. Album mini pertama mereka, Hey Mama! dirilis pada 31 Oktober 2016 yang berisi 5 lagu dengan berbagai genre seperti, dansa elektronika, R&B, balada, dan retro pop.

Selain disibukkan oleh aktivitas grup EXO dan EXO-CBX, Baekhyun juga aktif merilis karya solonya. Setelah menyelesaikan wajib militernya pada 5 Februari 2023 lalu, Lagu pertama yang dia luncurkan setelah kembali ke industri musik adalah soundtrack untuk drama Dr. Romantic 3 yang berjudul Hello.

Baca juga: Sehun EXO Umumkan Wajib Militer 21 Desember 2023, Ini Isi Suratnya untuk Penggemar

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

7 Tayangan Terbaru VIU Januari 2024, dari Drama Korea sampai Thailand

BERIKUTNYA

Musisi Jaz Diana Krall Akan Konser Tunggal di Jakarta 4 Mei 2024, Seberapa Spesial Dia?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: