Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. (Sumber gambar: MVP Pictures)

Dilema Religiusitas Aghniny Haque dalam Trailer Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa

01 May 2024   |   17:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi MVP Pictures akan segera merilis film anyar bertajuk Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin Dahlan. Jelang penayangannya di bioskop, trailer film ini pun dirilis.
 
Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa tampaknya bakal menyajikan kisah yang cukup sensitif bagi sebagian kalangan. Hal itu tampak dari informasi peringatan di awal trailer yang menyebutkan bahwa bisa saja film tersebut membuat sebagian kalangan merasa tersinggung dan terganggu.

Baca juga: Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa Dikenalkan pada Publik Setelah Tayang Terbatas
 
Klip berdurasi 1 menit 58 detik itu dibuka dengan menampilkan aktris Aghniny Haque yang berperan sebagai karakter utama bernama Kiran. Trailer dibuka dengan narasi dari Kiran yang cukup reflektif sekaligus memicu rasa penasaran.

"Aku memilih mencintaiMu dalam diam Ya Allah. Sebab dalam kesepian, tak ada makhluk lain yang memilikimu," ucap Kiran.
 
Adegan lalu berlanjut dengan menampilkan cuplikan kehidupan keluarga Kiran yang serba kekurangan. Di tengah kondisi itu, orang tua Kiran berusaha untuk tetap bisa menyokong biaya kuliahnya. Hal itu dikarenakan Kiran adalah seorang perempuan muda yang rajin, pintar, sekaligus religius.
 
Namun, dalam perjalanannya, Kiran mulai menemui banyak hal, salah satunya ditawari untuk menikah muda dengan salah satu tokoh agama. Dia pun mulai mempertanyakan hal-hal yang selama ini dilihat dan dipercayainya. 
 
Trailer juga menampilkan cuplikan Kiran yang mulai terlibat dengan sejumlah persoalan dalam cerita film, hingga mendapat tentangan keras dari orang tuanya. Rasa penasaran semakin menyergap ketika Kiran terlihat merubah penampilannya, dan masuk ke dalam dunia prostitusi.
 
Sejumlah pemain yang dihadirkan silih berganti juga memicu rasa penasaran, ada kaitan apa mereka dengan Kiran. Tak hanya akting dan narasi yang apik, emosi dalam cuplikan trailer juga semakin terbangun berkat skoring musik yang dramatis dan terdengar mengusung nuansa timur tengah.
 

Dari segi cerita, film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa akan mengikuti kisah Kiran, mahasiswi yang berasal dari keluarga miskin yang tinggal di desa. Kiran dikisahkan sebagai perempuan yang taat beragama, pintar sekaligus kritis. Namun, dia justru terjebak dalam kelompok agama garis keras yang dipimpin oleh Abu Darda. 
 
Alih-alih mendapatkan hidayah, Kiran justru mendapatkan cobaan berat yang datang bertubi-tubi padanya. Berawal dari dirinya yang hendak dijadikan istri keempat oleh Abu Darda, yang tentu saja sangat bertentangan dengan prinsipnya, yang kemudian membawanya dituduh mencemarkan nama baik sang Imam hingga mendapat ancaman fisik.
 
Orang tuanya di desa lantas turut menuduhnya sebagai anak yang berani melawan ulama. Puncaknya, dia mendapatkan pelecehan seksual dari dosen pembimbingnya dan teman kuliah yang dikenal alim dan taat di kampusnya. Karena tak tahan, Kiran lantas menggugat pada Sang Khalik atas segala cobaan yang menimpanya.
 
Sejak saat itu, Kiran mengabdikan dirinya pada kegelapan dunia demi mengungkap manusia-manusia munafik, yang dengan kekuasaannya, banyak menipu umat seperti orang tuanya hingga jatuh dalam kepercayaan yang buta pada mereka. Film ini akan mengajak penonton menyusuri kisah Kiran antara berhasil mengungkap kemunafikan tersebut, ataukah justru makin dalam terpuruk dalam lembah dosa.
 

Tuhan, Izinkan Aku Berdosa merupakan film anyar garapan sutradara Hanung Bramantyo yang naskahnya ditulis oleh Ifan Ismail. Sebagai sutradara, pria kelahiran Yogyakarta ini memang dikenal cukup berani dalam mengangkat isu-isu sensitif khususnya yang berkaitan dengan agama dan religiusitas dalam film-filmnya, sebut saja Perempuan Berkalung Sorban (2009), Tanda Tanya (2011), dan Cinta Tapi Beda (2012).
 
Sepanjang kariernya, telah banyak judul film yang telah digarapnya diantaranya Catatan Si Boy (2023), Miracle in Cell No. 7 (2022), Tersanjung the Movie (2021), Bumi Manusia (2019), Kartini (2017), Sang Pencerah (2010), dan Ayat-Ayat Cinta (2008). 
 
Sementara itu, selain Aghniny Haque, film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa juga dibintangi oleh Donny Damara sebagai Tomo, Djenar Maesa Ayu sebagai Ami, Andri Mashadi sebagai Da’arul, Samo Rafael sebagai Hudan, Nugie sebagai Alim Suganda, Keanu Angelo sebagai banci salon, dan Nikita Mirzani sebagai resepsionis losmen.
 
Sebelum dirilis di bioskop, film ini telah tayang perdana di ajang Jogja Netpac Asia Film Festival (JAFF) Yogyakarta pada 1 Desember 2023. Adapun, Tuhan, Izinkan Aku Berdosa akan tayang di bioskop pada 22 Mei 2024.

Baca juga: Hanung Bramantyo Ungkap Formula Jam Syuting Sehat & Bujet Produksi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek 3 Mobil Listrik MG yang Mejeng di Periklindo Electric Vehicle Show 2024

BERIKUTNYA

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: