Mobil listrik MG New ZS EV. (Sumber gambar: MG Indonesia)

Cek 3 Mobil Listrik MG yang Mejeng di Periklindo Electric Vehicle Show 2024

01 May 2024   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Merek otomotif asal Inggris, yakni Morris Garages (MG) menampilkan 3 kendaraan listriknya di ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Mobil-mobil tersebut mengusung desain estetis ala Eropa.

Donald Rachmat, Chief Operating Officer (COO) MG Motor Indonesia, mengatakan bahwa pameran kendaraan listrik ini menjadi tonggak penting bagi perkembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia.

Baca juga: Intip Spesifikasi & Fitur Mobil Hybrid MG VS HEV

“MG, sebagai salah satu pemain kunci di industri otomotif lokal, sangat tersanjung untuk mengambil bagian dari perhelatan ini dengan turut memperkenalkan teknologi hijau yang kami bawa dari kancah global untuk bisa diterapkan di pasar otomotif Indonesia,” ujarnya.

Dia menuturkan, MG Indonesia menampilkan kendaraan listrik MG 4 EV, New MG ZS EV, dan MG Maxus 9. Ketiga kendaraan yang digerakkan dengan energi listrik ini diklaim telah mendapatkan pengakuan luas secara global karena performa, efisiensi, fitur inovatif, serta desain yang futuristik.
 

MG 4 EV. (Sumber foto: MG Indonesia)

MG 4 EV. (Sumber foto: MG Indonesia)

Model-model mobil tersebut telah memberikan kontribusi terhadap kehadiran global MG di lebih dari 84 negara. Selain itu, 3 kendaraan dengan bahan bakar listrik itu juga telah terjual hingga lebih dari 300.000 unit di seluruh dunia.

Donald mengatakan bahwa MG 4 EV merupakan mobil listrik pertama MG di Indonesia yang mengusung desain estetika Eropa yang avant-garde serta didukung oleh performa dan teknologi sesuai dengan standar MG di kancah global.

MG Indonesia membanderol kendaraan ini seharga Rp423 juta. Kemudian, mobil yang masuk dalam jenis crossover berdaya listrik penuh itu juga memiliki daya jelajah hingga 425 km dalam sekali pengisian daya.

Selain itu, mobil MG 4 EV memiliki sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak roda belakang, sehingga mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 7,7 detik.

MG juga telah meyematkan beragam macam fitur dalam mendukung pengemudi mengendarai kendaran ini. Fitur itu seperti advanced driver assistance systems (ADAS) dan terhubung secara real-time melalui teknologi MG i-SMART.

Sistem tersebut menghasilkan rangkaian sistem keselamatan seperti adaptive cruise control (ACC), blind spot detection (BSD), lane departure warning (LDW), yang telah meraih pengakuan global dengan peraihan rating 5-bintang dari EURO NCAP, ANCAP, bahkan GREEN NCAP.

Sementara mobil New MG ZS EV adalah SUV listrik dengan baterai LFP 50,3 kWh. Kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 177 hp dan torsi maksimum 280 Nm.

New MG ZS EV yang memiliki harga Rp453 juta mempunyai daya jangkau hingga 403 km (NEDC mode) dalam sekali pengisian daya. Tim MG mendesain NW MG ZS EV dengan gaya modern dan elegan melalui desain grille-less yang inovatif, alloy wheel cover 17-inch , serta fitur IMAX panoramic sunroof elektrik.
 

MG Maxus 9. (Sumber foto: MG Indonesia)

MG Maxus 9. (Sumber foto: MG Indonesia)

Sementara itu, MG Maxus 9 adalah MPV listrik mewah pertama di Indonesia. Kendaraan ini memiliki baterai lithium-ion 90 kWh, sehingga mampu berjalan sampai 540 km dalam sekali pengisian daya. MG Maxus 9 memliki desain eksterior lampu depan LED dan DRL yang ramping.

Selain itu, bumber depan besar dan velg krom 19 inci juga terpasang di MG Maxus 9. Pintu kendaraan juga memiliki fitur geser listrik dan pintu belakang otomatis. Di bagian dalam, MG Maxus 9 memiliki captain seats yang dilengkapi dengan teknologi seperti fitur temperature seats dan massage seats. Kemudian, terdapat juga dual sunroof AC modular otomatis dengan PM 2.5 Air Purifier. Guna memberikan keamanan dalam berkendara, MG menyematkan advanced synchronised protection system.

“Di ajang PEVS 2024 ini, MG menghadirkan ragam pilihan berkendara listrik yang inovatif juga variatif, termasuk menawarkan dua lini mobil listrik produksi lokal yaitu MG 4 EV serta New MG ZS EV yang menjadi SUV listrik paling terjangkau di Indonesia,” ujarnya.

Donald menambahkan, harapannya partisipasi MG bukan hanya membuktikan dedikasi perusahaan dalam berkontribusi mempercepat penetrasi kendaraan listrik di Indonesia. Namun, keikutsertaan ini juga meningkatkan edukasi akan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri.

Baca juga: Cek Harga Mobil Listrik MG yang Dirakit di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Belajar Asah Soft Skill & Wawasan Global di Asia Youth International Model United Nations

BERIKUTNYA

Dilema Religiusitas Aghniny Haque dalam Trailer Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: