Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa (Sumber Foto: ImDb)

Sinopsis Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, Tayang di Bioskop 22 Mei 2024

22 May 2024   |   18:15 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, menambah jajaran tayangan bioskop bulan ini. Film ini tayang perdana di bioskop seluruh Indonesia mulai 22 Mei 2024. Meski begitu, sebelumnya telah diputar di berbagai festival film seperti Jakarta Film Week 2023 dan Jogja NETPAC Asian Film Festival (JAFF).

Ceritanya diadaptasi dari novel berjudul Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur (2005) karya Muhidin M. Dahlan. Adapun untuk filmnya diproduksi oleh MVP Pictures dan Dapur Film di bawah arahan sutradara Hanung Bramantyo, sementara penulisan naskahnya dikerjakan oleh Irfan Ismail.

Produksi film ini juga melibatkan sejumlah profesional seperti Fajar Ahadi sebagai penata musik, Satria Kurnianto sebagai sinematografer, dan Haris F. Syah sebagai penyunting.

Baca juga: Trik Sutradara Sidharta Tata Meramu Fantasi Alam Mimpi di Film Malam Pencabut Nyawa

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa menampilkan sejumlah actor an aktris kenamaan tanah air seperti Aghniny Haque (Nidah Kirani), Donny Damara (Tomo), dan Djenar Maesa Ayu (Ami). Selain itu, ada pulu Andri Mashadi (Da’rul), Samo Rafael (Hudan), Nugie (Alim Suganda), Cornelio Sunny (Sandi), dan lainnya.

Sebelum menyaksikan film ini, diharapkan penonton bisa bijak karena terdapat sejumlah adegan yang kemungkinan bisa memicu trauma atau ketidaknyamanan, terutama yang berkaitan dengan pelecehan seksual. 

Sinopsis Tuhan Izinkan Aku Berdosa mengikuti perjalanan hidup Kiran, seorang mahasiswi cerdas dan religius yang berasal dari keluarga miskin di desa. Kiran memiliki kepribadian yang sangat tegas dan kritis terhadap semua hal yang terjadi di sekitarnya.

Hidupnya berubah drastis setelah bergabung dengan sebuah kelompok agama yang dipimpin oleh Abu Darda. Lama kelamaan, Kiran merasa dirinya telah menjadi pribadi yang lebih baik setelah bergabung dengan kelompok tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, dia mulai merasakan hal-hal yang mengganjal hatinya.

Hal tersebut bermula sejak Abu Darda mengutarakan keinginannya untuk menjadikan Kiran sebagai istri keempatnya. Baginya, hal tersebut sangat bertentangan dengan prinsip yang dianutnya. Kiran pun mengkritik Abu Darda dan menyatakan ketidaksetujuannya.

Sayangnya, hal tersebut justru membuatnya dituduh menyebarkan fitnah terhadap seorang pemuka agama, sehingga dia menghadapi ancaman. Hal ini bahkan membuat orang tuanya di desa menganggapnya sebagai anak durhaka karena berani melawan ulama.

Penderitaan Kiran makin berat ketika dia mengalami pelecehan seksual dari dosen pembimbingnya dan juga dari teman kuliah yang selama ini dikenal alim dan taat. Tak mampu lagi menahan derita, Kiran akhirnya mulai mempertanyakan keadilan Tuhan.

Kiran yang sangat putus asa, selalu berdoa dan memohon pertolongan tuhan atas penderitaan yang dia alami. Sampai akhirnya, di titik terendah dalam hidupnya Kiran terjerumus ke dalam dunia malam dan menjadi pelacur. Meski begitu, dia tetap bertekad untuk mengungkap orang-orang munafik berkedok agama yang menipu umatnya.

Kiran ingin membuktikan pada banyak orang, termasuk ibunya, yang sudah dibutakan oleh kemunafikan para pemuka agama tersebut. Apakah Kiran akan berhasil dalam misinya, atau justru semakin tak bisa melepaskan dirinya dari dunia malam penuh dosa?

Saksikan kelanjutan ceritanya dalam film Tuhan Izinkan Aku Berdosa yang tayang mulai 22 Mei 2024 di Bioskop Indonesia.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Spesifikasi 3 Perangkat Audio Nothing Resmi di Indonesia, Ear sampai CMF Buds

BERIKUTNYA

4 Kendaraan Terkecil Di Dunia Dengan Desain Menggemaskan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: