Asia Youth International Model United Nations. (Sumber foto: AYIMUN)

Belajar Asah Soft Skill & Wawasan Global di Asia Youth International Model United Nations

01 May 2024   |   15:59 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu setuju bahwa di dalam dunia kerja saat ini yang dibutuhkan bukan hanya kecerdasan intelektual tetapi juga kemampuan soft skill. Kemampuan ini seperti berpikir kritis, dan berpikir kreatif terutama di tengah maraknya penggunaan teknologi kecerdasan buatan.

Berbeda dengan kecerdasan intelektual yang bisa didapatkan di dunia pendidikan atau kampus, kemampuan soft skill ini harus diasah dengan mengikuti berbagai kegiatan. Nah, bagi kalian generasi muda khususnya kelompok Gen Z yang ingin mengembangkan kemampuan soft skill, saat ini terdapat berbagai event dan konferensi yang dapat diikuti baik secara online maupun offline.

Baca juga: Penelitian LinkedIn: Disrupsi AI Membuat Kemampuan Soft Skill Kian Penting

Salah satu konferensi yang menawarkan kesempatan kepada anak muda dari seluruh dunia termasuk Indonesia untuk mengasah soft skill mereka adalah Konferensi International Model United Nations (MUN) yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN).

Kegiatan tersebut memungkinkan setiap peserta bertukar gagasan maupun pandangan mengenai situasi global terkini sekaligus menjalin hubungan dengan peserta dari seluruh dunia.

Pendiri dan CEO International Global Network Muhammad Fahrizal mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan bekal para generasi muda menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

“Apalagi saat ini dunia industri dan pendidikan memiliki jarak yang cukup lebar untuk bisa berjalan selaras, yang terhubung dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka,” jelasnya.
 

Fahrizal mengatakan, sepanjang 2024 Asia Youth International Model United Nations akan menyajikan empat konferensi yakni Asia World Model United Nations VIII yang akan digelar di Bali, Indonesia pada tanggal 12-15 Juli 2024, kemudian Asia Youth International Model United Nations 14th bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2-5 Agustus 2024.

Selanjutnya, Asia World Model United Nations IX yang diadakan di Seoul, Korea Selatan pada 10-13 Oktober 2024, dan yang terakhir Asia Youth International Model United Nations 15th di Bangkok, Thailand pada 1-4 November 2024.

Menurutnya, konferensi internasional simulasi sidang PBB ini membuka gerbang pengetahuan secara global bagi para pemuda dari seluruh penjuru dunia untuk menyelami pengalaman belajar yang lebih mendalam.

“Di sini, para peserta akan memulai perjalanan transformatif, mengasah keterampilan yang esensial seperti riset, berbicara di depan umum, negosiasi, berpikir kritis, dan kerja sama tim. Nilai-nilai ini selaras dengan fokus Kurikulum Merdeka pada pengembangan soft skills dan karakter”,” jelasnya.

Lebih dari sekadar debat, MUN menerapkan pembelajaran praktis yang selaras dengan filosofi Kurikulum Merdeka yakni menekankan pada pendekatan berpusat pada peserta dan mendorong pembelajaran mandiri.

Para peserta akan terlibat aktif dalam berbagai simulasi dan kegiatan yang dirancang untuk membantu mereka mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Keikutsertaan dalam konferensi simulasi sidang PBB membekali para pesertanya dengan keterampilan dan pengalaman yang sangat dicari oleh sekolah atau universitas untuk melanjutkan jenjang pendidikan atau berkarier di perusahaan atau organisasi ternama di seluruh dunia.

MUN menghadirkan pembicara inspiratif dan melahirkan para alumni yang telah mencapai kesuksesan. Adapun beberapa alumni MUN IGN termasuk tokoh-tokoh berpengaruh seperti Jerome Polin dan Gita Savitri Devi.

Terhitung sejak 2016, IGN telah menggelar 61 konferensi internasional dan memiliki 21.000 alumni yang berasal dari 125 Negara dengan database yang luas hingga mencapai lebih dari 946.000 data.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Alasan Film The Idea of You Menarik Ditonton, Anne Hathaway Pacaran dengan Superstar

BERIKUTNYA

Cek 3 Mobil Listrik MG yang Mejeng di Periklindo Electric Vehicle Show 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: