ilustrasi (sumber gambar : fauxels/pexels)

Cek 5 Peluang Bisnis Mirip Franchise dan Tanpa Harus Mulai dari Nol

30 April 2024   |   18:08 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang saat ini tengah mencari peluang usaha tanpa harus memulai dari nol, setidaknya ada lima potensi bisnis yang bisa kalian pilih, seperti franchise, business oportunity atau kemitraan, IP lisensi atau intelectual property lisence, reseller atau distributor, hingga retail solution.

Kelima elemen tersebut bisa kalian temui dalam pameran Franchise & Licence Expo Indonesia (FLEI) 2024 yang akan diselenggarakan pada 10-12 Mei 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO, Kemayoran) Hall D2.

Baca juga: Media Sosial dan E-commerce Jadi Ladang Subur Bisnis UMKM

Royanto Handaya, Presiden Direktur Panorama Media mengatakan mungkin selama ini masyakarat hanya mengetahui peluang bisnis waralaba atau franchise saja, padahal di samping itu ada banyak peluang yang bisa didapatkan.

Untuk itu, pada edisi ke-22 FLEI ini ingin mengangkat reputasi bahwa acara ini lebih dari sekadar pameran franchise biasa di mana seluruh spektrum peluang usaha di dalam business show tersebut tertampung semuanya di dalam pameran.

“Para pengunjung yang hadir bisa memulai bisnis dengan skema yang paling sesuai dengan keinginan dan kapasitasnya, baik berbentuk franchise, kemitraan, lisensi, reseller/distributor, hingga retail,” ucapnya.

Nah apa saja peluang bisnis yang dapat dijajal tersebut? uk simak penjelasannya.


1. Franchise atau waralaba

Franchise atau waralaba sendiri adalah suatu model bisnis di mana pemberi waralaba atau franchisor memberikan hak khusus kepada franchisee untuk memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil di pasar. Mekanismenya, dengan cara membayarkan sejumlah uang atau franchise fee sesuai perjanjian waralaba. Namun, suatu bisnis bisa dikatakan sebagai waralaba jika memenuhi berbagai kriteria.


2. Business oportunity

Kadang kala masih banyak masyarakat salah mengartikan business oportunity sebagai franchise karena sistem bisnisnya yang hampir sama. Namun business oportunity ini biasanya belum memenuhi kriteria sebagai franchise seperti memiliki SOP yang memadai atau sudah terbukti menguntungkan dengan jangka waktu bisnis berjalan minimal 5 tahun.  

Business oportunity ini biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah karena tidak memiliki franchisee fee.Business oportunity biasanya orang terdorong untuk ikut dalam bisnis ini karena bisnisnya hype dan cukup viral dikenal masyarakat,” jelasnya.


3. IP Lisensi

IP lisensi yaitu pemberian izin kepada penerima lisensi untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual untuk melakukan aktivitas usaha atau memproduksi produk tertentu.

“Sistem ini cocok bagi mereka yang ingin meleverage bisnis yang sudah sukses, untuk diasosiasikan dengan produk mereka, sehingga produknya ikut terdorong sukses,” jelasnya.


4. Reseller, affiliater dan distributor

Jalur lainnya adalah reseller, affiliator, dan distributor yang membantu pemilik usaha untuk menjual produk atau barang langsung ke konsumen. Peluang bisnis ini dianggap cocok untuk mereka yang tidak memiliki modal besar, tetapi memiliki network yang bagus.


5. Retail solution

Retail solution adalah model bisnis yang membantu pelaku usaha ritel untuk mendapatkan berbagai solusi, baik dalam hal pembayaran hingga reporting yang terintegrasi dengan teknologi.
 
Menurutnya, kelima ekosistem tersebut akan hadir di FLEI 2024 yang direbranding dengan tagline baru menjadi Connecting Business yang akan menjembatani antara sellers dengan buyers.

Selain menghadirkan peluang bisnis, penyelenggara pameran juga memberikan bekal dan pemahaman mendalam bagi calon atau young entrepreneur mengenai cara untuk mencapai kesuksesan dalam beragam kondisi melalui program Grab-Run-Grow.

Untuk edisi kali ini, konfrensi akan dihadirkan oleh puluhan pembicara pakar bisnis. Para pengunjung bisa mendapatkan wawasan mendalam tentang manajemen franchise, strategi pemasaran, dan langkah-langkah praktis untuk memperluas bisnis mereka dalam segi operasional maupun sumber daya manusia.

Pameran FLEI disambut baik oleh para brand, sehingga tenant yang bergabung pada pameran ini lebih dari 200 brands. Brand yang join pun dari beragam industri dari bagian food & beverage, retail, automotive, edukasi, dan juga jasa layanan. Tidak hanya itu, setiap brand juga memberikan program yang menarik serta promo eksklusif yang hanya bisa didapatkan pada pameran FLEI.

Baca juga: Cerita Pemilik Serenitree Kembangkan Bisnis Skincare Sambil Jaga Bumi

Antusias pameran FLEI bukan hanya dari penyelenggara tetapi juga dari KADIN, WALI, Franchise Academy Indonesia, Kementerian Perdagangan Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan juga Kementerian Koperasi UKM yang mendukung pameran ini.

FLEI juga menggandeng beberapa komunitas bisnis dan Asosiasi, seperti TES, Finansialku, TDA, pun juga berkolaborasi dengan beberapa mitra-mitra terpercaya seperti Top Coach Indonesia, Gowork, Crystalin, Jumpstart, Undangin, The 1O1 hotel & resorts, dan juga INFIA.

Pameran dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB dengan tiket masuk Rp60.0000 per orang. Segera daftarkan diri dengan mengunjungi website resmi www.franchise-expo.co.id/ticket.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Negara dengan Luas Wilayah Terkecil di Dunia

BERIKUTNYA

Meraup Cuan Besar dari Bisnis Wedding Organizer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: