Ilustrasi Perpustakaan (Sumber: unsplash.com/@giamboscaro)

3 Rekomendasi Buku Untuk Melatih Pola Pikir dan Kekuatan Mental

30 April 2024   |   13:47 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Manusia mempunyai kemampuan untuk pulih dari keterpurukan dan bangkit kembali menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Kemampuan ini dapat dicapai dengan membangun ketahanan mental dan pola pikir yang ajek sehingga menjadi pribadi yang kompetitif dan pantang menyerah.

Kemampuan itu, pada dasarnya dapat dilatih dan dikembangkan dengan metode yang sistematis sehingga terbangun kebiasaan yang melekat dalam kepribadian seseorang. Untuk mendapatkan panduan pelatihan soft skill itu, beberapa buku dapat membantu Genhype untuk mengembangkannya secara tersstruktur.

Buku-buku ini menekankan pada pembahasan growth mindset, sebuah pemikiran yang mempercayai bahwa kemampuan bukanlah sebuah hal bawaan, melainkan sesuatu yang dapat ditingkatkan melalui usaha, pembelajaran dan menerima kegagalan serta dengan ketekunan. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Nonfiksi Best Seller 2024, dari Genre Parenting sampai Bisnis & Keuangan

Pola pikir ini mirip dengan sebuah kutipan dari mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang memotivasi generasi muda di berbagai belahan dunia. Kata-kata bijak itu berbunyi: "Jangan menilai saya dari kesuksesan saya, nilailah saya dari berapa kali saya terjatuh dan bangkit kembali." 

Nah, untuk Genhype yang ingin mulai melatih pola pikir yang tidak takut gagal dan memiliki motivasi kuat untuk meraih kesuksesan, simak tiga rekomendasi buku yang dapat membantu melatih pola pikir yang tangguh dan ajek.
 

1. Can't Hurt Me 

.

Buku Can't Hurt Me (Sumber: Goodreads)


Can't Hurt Me adalah memoar yang ditulis oleh pelari David Goggins, yang kerap disebut sebagai 'pria paling tangguh yang masih hidup’ oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. David adalah satu-satunya anggota angkatan bersenjata AS yang sudah menyelesaikan pelatihan SEAL, sekolah ranger angkatan darat AS, dan pelatihan udara taktis bersama angkatan udara.

Meski sudah tidak mengabdi pada bangsanya sebagai anggota angkatan bersenjata, David kini fokus menjadi seorang public speaker dan penulis buku untuk menyampaikan satu pesan penting bahwa semua orang harus menanggung penderitaan untuk bisa menang.

Dalam buku ini, David menceritakan kisah hidupnya dan bagaimana pembaca dapat mencapai pola pikir yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang. Melalui 10 tantangan yang ada dalam akhir setiap bab, seperti membuat daftar alasan untuk malas-malasan hari in, dan memasang 'cermin akuntabilitas'.

Dengan banyaknya ulasan positif, buku Can't Hurt Me telah mendapat penghargaan sebagai buku terlaris versi New York Times, dengan lebih dari 5 juta cetakan terjual di seluruh dunia.


2. The Daily Laws 

 

Buku The Daily Laws (Sumber: Goodreads)

Buku The Daily Laws (Sumber: Goodreads)

The Daily Laws adalah buku karya Robert Greene yang memiliki 366 teknik meditasi singkat yang bisa Genhype baca setiap hari dan dipraktikkan dalam setahun. Setiap laws dalam buku ini adalah pelajaran dan bimbingan tentang kekuatan, godaan, kekuasaan, strategi, dan sifat manusia.

Buku ini menyerap informasi-informasi dari buku karya Robert sebelumnya, seperti The 48 Laws of Power, The Art of Seduction, dan Mastery. Selain itu, terdapat beberapa pelajaran eksklusif dari buku yang belum pernah diterbitkan sebelumnya.

Jika Genhype tidak memiliki banyak waktu untuk membaca buku pengembangan diri, maka buku The Daily Laws dapat menjadi sebuah pilihan yang baik, karena setiap hukum dalam buku ini bisa dibaca dalam 1-2 menit saja.
 

3. How Champions Think

Buku How Champions Think (Sumber: Goodreads)

Buku How Champions Think (Sumber: Goodreads)

How Champions Think adalah buku yang didasari oleh puluhan tahun penelitian dan pengalaman praktis milik Dr. Bob Rotella, seorang psikolog olahraga ternama yang melatih beberapa atlet profesional seperti pegolf Tom Kite dan Rory McIlroy. Mengajarkan mereka bagaimana cara untuk berkembang di bawah tekanan dan mengatasi tantangan. 

Baca juga: 4 Strategi Berkencan dari Buku How To Not Die Alone

Melalui buku ini, Bob ingin menjadikan orang biasa menjadi luar biasa, karena semua pemimpin mempunyai cara berpikir serupa, tapi justru itulah yang membedakan mereka dari orang awam. Buku ini juga mendorong pentingnya citra diri yang positif, tujuan yang realistis, dan bangkit dari kemunduran.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Konser Niall Horan di Jakarta Ramaikan Wisata Long Weekend pada 11 Mei 2024

BERIKUTNYA

5 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Park Sung-hoon selain Queen of Tears

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: