Ilustrasi (dok. Pexels)

Hati-hati, Kenali 8 Penyebab Gigi Berlubang Berikut

20 August 2021   |   19:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

4. Terlalu banyak makan manis
Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi, misalnya susu, es krim, kue, buah kering, sereal, permen, atau minuman bersoda, cenderung lebih mudah menyebabkan kerusakan pada gigi. Makanan dan minuman mengandung gula ini dapat menurunkan pH plak gigi dengan cepat. Akibatnya, lapisan enamel gigi lama-kelamaan akan terkikis.

5. Mulut kering
Kondisi mulut yang kering saat kandungan air liur sedikit juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pada gigi. Ini karena kandungan dalam air liur dapat membantu mencegah kerusakan gigi dengan cara membersihkan makanan dan plak dari gigi. Selain itu, zat yang ditemukan dalam air liur juga bisa memerangi asam yang diproduksi oleh bakteri.

6. Lokasi gigi
Dalam banyak kasus, lubang lebih sering terbentuk pada gigi bagian belakang, yaitu geraham dan premolar. Gigi bagian belakang memiliki banyak alur dan celah sehingga sering kali sisa makanan tersangkut di sana. Di samping itu, area gigi belakang juga cenderung lebih sulit dijangkau oleh sikat gigi. 

Walaupun kamu menyikat gigi setiap hari, belum tentu bagian belakang gigi ini tersikat dengan bersih. Untuk itu, sebaiknya rajin kontrol ke dokter gigi ya untuk membersihkan plak dan karang gigi secara rutin.

7. Faktor usia
Orang yang sudah lanjut usia umumnya mengalami turunnya gusi atau resesi gusi. Kondisi ini memungkinkan munculnya bakteri penyebab pembusukan di rongga mulut bersentuhan dengan akar gigi. Akhirnya, penumpukan bakteri di area tersebut sangat mungkin terjadi.

8. Asam lambung
Asam lambung dapat naik ke rongga mulut, dan menyebabkan kondisi asam yang akan mengikis permukaan gigi. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan kerusakan gigi yang serius.



Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Angkat Misteri Supernatural, The Ferryman: Legends of Nanyang Tayang Bulan Ini

BERIKUTNYA

BTS Akhirnya Batalkan Tur Konser Map of the Soul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: