Menjaga kesehatan mulut dan gigi (sumber gambar : unsplash)

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Hingga Usia Lanjut

06 July 2022   |   22:24 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Siapa sih yang enggak ingin punya gigi sehat dan kuat hingga usia lanjut? Nah, untuk itu penting selalu merawat kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi serta rutin berkonsultasi ke dokter.

Namun nyatanya, masih banyak masyarakat yang kurang baik dalam merawat kesehatan gigi dan mulut sehingga menyebabkan rata-rata di usia 65 tahun masyarakat Indonesia sudah kehilangan 11 giginya.

Usman Sumantri, Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) menjelaskan bahwa kesehatan mulut sebetulnya berhubungan dengan sejumlah penyakit sistemik seperti jantung, ginjal, stroke dan diabetes, serta berkaitan pula dengan kualitas hidup seseorang.

Baca juga: Mau Punya Gigi Putih dan Sehat? Hindari Makanan Ini

"Karena gigi yang kurang terawat dapat memengaruhi kenyamanan ketika makan, tidur, berinteraksi sosial, serta rasa percaya diri, terutama bagi lansia yang telah kehilangan banyak gigi," ujarnya.

Bahkan, studi menemukan bahwa mereka cenderung lebih berisiko 48 persen lebih besar untuk memiliki gangguan fungsi kognitif otak. Selain itu, para lansia yang memiliki 10-19 gigi berpotensi mengalami malnutrisi.

Lalu bagaimana caranya agar gigi tetap sehat hingga usia lanjut?
Dia menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Selain itu berkunjung ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali merupakan dua rutinitas sederhana yang menjadi kunci untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan berkualitas hingga lanjut usia.

Sementara itu  dr. Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan RI 2012-2014 membagikan rahasia giginya tetap rapi dan sehat karena didukung oleh kebiasaan sikat gigi sebelum tidur dan setelah sarapan.

"Bagi saya, kunci hidup sehat salah satunya terletak pada perilaku yang ditanamkan sejak kecil oleh lingkungan keluarga, yang juga diperkuat oleh pendidikan yang didapatkan dari sekolah, untuk itu usul saya peran dari Unit Kesehatan Sekolah harus kembali diaktifkan," ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Alami Memutihkan Warna Gigi

Dalam kesempatan yang sama, dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI 2014-2019 menambahkan bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting, terutama untuk estetika.

"Tentunya jika gigi kita kurang bagus, kita juga akan segan untuk berbicara dengan orang lain, tidak percaya diri, akhirnya memengaruhi produktivitas kita," jelasnya.


SEBELUMNYA

5 Ide Outfit Hangout Untuk Gen Z

BERIKUTNYA

Jadi Wanita Muda Terkaya di AS, Ini Sumber Pendapatan Rihanna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: