Jersey Piala Dunia 1986 yang dikenakan Diego Maradona. (Sumber foto: Sotheby's)

4 Jersey Bola Termahal Sepanjang Sejarah

25 April 2024   |   06:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Penggemar sepak bola terkenal di seluruh dunia dengan obsesi dan fanatismenya. Sampai-sampai berani mengeluarkan jumlah uang yang sangat besar untuk membeli berbagai barang memorabilia yang memiliki hubungan dengan sejarah olahraga favorit mereka. 

Salah satu barang jenis barang tersebut adalah jersey yang dikenakan oleh berbagai pemain legendaris, menjadi incara para kolektor dan penggemar. Meski  harganya yang semakin mahal dan sulit didapat mengingat banyak sekali penggemar lain yang juga ingin memilikinya. Namun, semua kesulitan tersebut akan terbayarkan dengan kebahagiaan pribadi yang didapat setelah memiliki potongan-potongan dari sejarah sepak bola.

Baca juga: 6 Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Rp120,8 miliar

Setelah lama disimpan oleh para kolektor, 4 jersey ini berhasil dijual dengan harga yang sangat tinggi, dan beberapa kali memegang rekor sebagai jersey termahal yang pernah dijual, Untuk itu, simak 3 jersey bola termahal di tahun 2024 berserta sejarah menarik dibaliknya!
 

1. Jersey “Tangan Tuhan” Maradona 1986 

 

Jersey Timnas Argentina yang digunakkan oleh Diego Maradona dalam pertandingan Piala Dunia 1986 masing memegang rekor jersey termahal yang pernah dijual pada 2022. Alasan mengapa barang ini begitu mahal terletak pada kontroversi yang melingkupinya.

Pada pertandingan final melawan Inggris tersebut, Maradona mencetak gol dengan menggunakan tangan kirinya, dan berhasil melewati tangan kiper Inggris Peter Shilton. Tentu kejadian ini membuat para pemain Inggris sangat marah dan melaporkannya kepada para wasit. Setelah gol ini dianggap ilegal, Maradona akhirnya mengakui bahwa dia telah curang. 

Julukan dari jersey ini datang dari ucapan sang legenda sepakbola yang menjelaskan bahwa gol tersebut "sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan". 

Melansir dari ESPN, Jersey “Tangan Tuhan” Maradona berhasil dijual dengan harga sebesar US$9,3 juta atau sekitar Rp150,9 miliar melalui balai lelang Sotheby's London.
 

2. 6 Jersey Piala Dunia 2022 Milik Lionel Messi 

 

Lionel Messi dengan jersey timnas Argentina. (Sumber foto: Sotheby's)


Setelah memenangkan final Piala Dunia 2022 di Qatar bersama Timnas Argentina, Lionel Messi memutuskan untuk menjual 6 jersey yang digunakan selama kejuaraan dunia itu pada November 2023 lalu.  Melalui akun Instagram-nya, Messi menjelaskan bahwa sebagian dari hasil lelang tersebut akan disumbangkan ke Proyek UNICAS, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka. Proyek ini dipimpin oleh Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu (SJD) Barcelona. Setelah dilelang secara online oleh Sotheby's, 6 jersey milik Lionel Messi berhasil dijual dengan harga US$7,8 juta atau sekitar Rp120,8 miliar.


3. Jersey Pelé pada Final Piala Dunia 1970  

Jersey yang digunakan oleh Pelé pada final Piala Dunia 1970 melawan Italia menjadi salah satu jersey termahal yang pernah dijual. Dalam pertandingan tersebut, Pelé berhasil mencetak gol pembuka. Membuat para pemain dari negara Pizza tersebut kewalahan dengan gaya bermain ginga miliknya.

Barang legendaris ini dijual dengan harga yang sangat tinggi mengingat signifikansinya kepada salah satu momen paling bersejarah bagi ikon sepakbola Brazil tersebut. Hingga kini, Pelé  tetap menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang  berhasil mengamankan tiga Piala Dunia, meski sudah tutup usia pada Desember 2022.

Melansir dari The Guardian, jersey yang digunakan Pelé pada Final Piala Dunia 1970 berhasil dilelang dengan harga US$196.000 dan sempat memegang rekor sebagai jersey termahal yang pernah dijual pada 2002.
 

4. Jersey Piala Dunia 1966 Milik Sir Geoff Hurst 

Jersey milik Sir Geoff Hurst yang digunakan pada Piala Dunia 1966 memiliki nilai yang sangat tinggi. Menjadi bukt satu-satunya gelar juara Dunia yang pernah diperoleh oleh Timnas Inggris. 

Selama pertandingan berjalan, Sir Geoff Hurst berhasil membobol gawang Timnas Jerman Barat dengan sebuah hattrick. Melansir dari Sky Sports, jersey Piala Dunia 1966 milik Sir Geoff Hurst berhasil dijual melalui telpon, kepada pembeli anonim yang berasal dari London Barat dengan estimasi harga US$114.000.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Glenn Fredly The Movie, Mengungkap Rahasia Terdalam Sang Legenda

BERIKUTNYA

Jadwal Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan U-23, Pertaruhan Menuju Olimpiade Paris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: