ilustrasi (sumber gambar : Kin Pastor/ pexels)

Jalan-jalan ke Singapura Jadi Seru dengan Platform Travel AI Berbahasa Indonesia

27 April 2024   |   17:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu destinasi pariwisata internasional yang menjadi tujuan wisata masyarakat Indonesia adalah Singapura. Selain lokasinya yang berdekatan dengan Indonesia dengan harga tiket yang pastinya terjangkau, Singapura juga memiliki banyak destinasi wisata dan beragam atraksi yang menarik.

Setidaknya, sepanjang kuartal pertama 2024, jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura mencapai sekitar 664.000 pengunjung dan mencatatkan peningkatan sebesar 33,8 persen dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama, pengunjung Indonesia menyumbang lebih dari 45 persen dari total pengunjung Singapuía yang beíasal daíi Asia Tenggara. 

Baca juga: Begini Cara Berhemat saat Nonton Konser di Singapura

Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB, mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memperkuat daya tarik Singapura sebagai tujuan wisata pilihan bagi wisatawan Indonesia salah satunya dengan berinovasi menghadirkan platform pembuat rencana perjalanan yang didukung AI.

“Platform tersebut akan merekomendasi perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing wisatawan Indonesia, menyederhanakan proses perencanaan perjalanan mereka, dan meningkatkan visibilitas beragam atraksi di Singapura,” jelasnya .

Platform bernama HolidAI Singapura ini merupakan salah satu bentuk perpanjangan kemitraan kerjasama dengan GDP Venture untuk mendorong jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura. Menariknya, platform pengenalan perencana perjalanan tersebut menggunakan bahasa Indonesia sekaligus platform pertama yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI).

Melalui platform AI tersebut, wisatawan Indonesia akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan durasi perjalanan mereka dan jumlah anggota keluarga yang ikut berwisata. HolidAI Singapura juga dapat memberikan rekomendasi yang tepat bagi wisatawan Muslim yang memiliki kebutuhan atas makanan dan minuman halal.

“Sebagai platform AI berbasis Bahasa Indonesia, HolidAI Singapura juga bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas serta menfasilitasi pengalaman Singapura yang dapat diakses oleh populasi Indonesia yang lebih luas,” tuturnya.

Selain menghadirkan platform berbasis AI, kemitraan antara STB dan GDP Venture ini juga akan terus memanfaatkan saluran media GDP Venture untuk menjangkau berbagai segmen sasaran di Indonesia, serta mendorong mereka membeli paket liburan ke Singapura melalui Tiket.com.

“Kemitraan selama setahun terakhir telah berjalan dengan baik dan terbukti efektif mendorong pertumbuhan pariwisata ke Singapura sehingga kami senang melanjutkan kerjasama dengan GDP Venture,” ujarnya. 

Baca juga: Tengok Keindahan 3 Masjid dengan Arsitektur Unik di Singapura

Danny Wirianto, Chief Business Officer (CBO) GDP Ventuíe, menyatakan, kelanjutan kemitraan dengan Singapore Tourism Board untuk tahun kedua merupakan bukti komitmen bersama terhadap inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan.

“Pembuat pencana perjalanan yang didukung AI juga mencerminkan upaya kami dalam memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran yang terpersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen Indonesia,” jelasnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia Termahal 2024

BERIKUTNYA

Begini Cara USG Payudara, Penting untuk Skrining Benjolan sampai Kanker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: