Penggemar buku (Sumber gambar: Unsplash/Matthew Feeney)

8 Julukan Bagi Para Penggemar Buku, Genhype yang Mana?

24 April 2024   |   12:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengisi waktu luang sambil menambah pengetahuan. Meskipun ada yang tak begitu tertarik dengan membaca, tapi aktivitas ini memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan mental dan emosional seseorang. 

Seiring dengan perkembangan budaya membaca, muncul pula julukan-julukan yang lebih unik dan menarik di kalangan para penggemar buku. Beberapa julukan bahkan di populerkan oleh karya sastra tertentu atau tokoh-tokoh terkenal dalam dunia literatur.

Hal ini menunjukkan betapa mendalamnya keterlibatan dan apresiasi para pembaca terhadap buku, sampai menciptakan identitas yang khas dan unik melalui julukan-julukan tersebut. Untuk kalian yang penasaran dan belum pernah mendengarnya, berikut adalah julukan bagi para penggemar buku.  

Baca juga: Hari Buku Sedunia 2024, Cek 4 Buku Paling Direkomendasikan di BookTok
 

Ilustrasi perempuan membaca buku (Sumber foto: freepik)

Ilustrasi perempuan membaca buku (Sumber foto: freepik)

1. Bibliophile

Bibliophile merupakan julukan yang digunakan kepada seseorang yang sangat menyukai membaca buku atau mengumpulkan buku. Kata bibliophile berasal dari bahasa Yunani, dengan biblio berarti 'buku' dan phile berarti 'cinta terhadap' atau 'penggemar'. Jadi, bibliophile adalah seseorang yang mencintai buku dan seringkali menikmati waktu luang mereka dengan membaca atau mengoleksi buku. 
 

2. Bibliomania

Bibliomania adalah kondisi seseorang yang menyukai buku tapi sudah mencapai tingkat ekstrem. Dengan kata lain, orang tersebut sering kali dianggap memiliki obsesi yang berlebihan terhadap buku dan terus-menerus tergoda untuk membeli atau mengumpulkan berbagai buku.
 

3. Bookworm

Bookworm adalah istilah informal yang digunakan kepada seseorang yang sangat gemar membaca buku. Secara kiasan, istilah ini menggambarkan seseorang yang seperti cacing kecil (worm) yang menggali' atau 'merayap' melalui buku. Seseorang dengan julukan bookworm biasanya sangat menikmati membaca dan menghabiskan waktu untuk menyerap berbagai jenis buku. 
 

4. Bibliotherapy

Dilansir melalui Meriam-Webster, bibliotherapy adalah penggunaan buku, artikel, puisi, atau materi bacaan lainnya yang digunakan sebagai alat untuk membantu dalam menyelesaikan masalah pribadi atau sebagai terapi psikiatri. Konsep bibliotherapy menekankan bahwa membaca materi yang relevan dengan pengalaman pribadi atau masalah psikologis tertentu dapat membantu individu memahami dan mengatasi kesulitan mereka. 
 

5. Omnilegent

Omnilegent adalah julukan untuk seseorang yang telah membaca atau sedang membaca segala sesuatu dan memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam berbagai bidang. Julukan ini mengacu kepada seseorang yang memiliki minat dan dedikasi tinggi dalam memperluas pengetahuannya melalui membaca. 
 

6. Bibliotaphs

Bibliotaphs merujuk kepada orang yang sangat melindungi atau bahkan memakamkan buku-buku mereka. Istilah ini diambil dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni biblion yang berarti 'buku' dan taphos yang berarti 'kuburan atau 'makam'. Secara harfiah, bibliotaphs adalah istilah julukan kepada seseorang yang suka mengoleksi dan menimbun berbagai macam buku. 
 

7. Bibliognost

Bibliognost adalah julukan yang mengacu kepada seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang buku-buku atau tentang dunia penerbitan. 
 

8. Bouquiniste

Bouquiniste dapat diartikan sebagai seseorang yang berdagang buku-buku bekas. Biasanya, para bouquiniste menjual buku-buku bekas mereka di toko-toko kecil atau pasar khusus yang dikenal sebagai bouquinistes

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku yang Bergizi untuk Kesehatan Mental

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rustic Market Rock Riverside, Panorama Sungai Bebatuan di Tengah Pasar Tradisional Mojokerto

BERIKUTNYA

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Usia U-23 2024, Cek Jadwal Tandingnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: