Rustic Market Rock Riverside (Sumber gambar: Instagram.com/rusticmarket.id)

Rustic Market Rock Riverside, Panorama Sungai Bebatuan di Tengah Pasar Tradisional Mojokerto

24 April 2024   |   06:49 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Eksotisme Jawa Timur tak lepas dari wisata sejarahnya yang indah. Tak kalah dari situs peninggalan candi Hindu-Buddha yang memadatinya, wilayah di ujung timur Pulau Jawa ini juga memikat wisatawan dengan lanskap alamnya yang masih asri. 

Mojokerto merupakan contoh wilayah di Jawa Timur yang padat sejarah, sekaligus wisata alam yang indah. Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan di sebelah Utara ini memiliki banyak sungai yang elok, gunung dan bukit yang eksotis, hingga air terjun yang megah.
 
Kelindan lanskap alam itu berbaur dan tampak serasi menyatu. Misalnya, keindahan pemandangan bukit dan pepohonan yang melatari aliran sungai bebatuan di Rustic Market Rock Riverside. Wisata yang terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto ini populer di kalangan wisatawan lokal sejak akhir 2023. 

Panorama lanskap yang sederhana antara aliran sungai menenangkan, bebatuan estetik, dan pepohonan yang mengelilingi destinasi ini membuat siapa saja terpikat.Sembari menyusuri jalan setapak di antara gemercik air sungai, pengunjung siap-siap terpana dengan nuansa pedesaan yang tentram.

Rumah-rumah ala perdesaan dibangun dari kayu-kayu di antara megahnya Sungai Mrasih. Seperti namanya, konsep rustic ditekankan pada pola bangunan di tempat wisata ini. Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menjajal berbagai aktivitas seru mulai dari mendaki, memancing, hingga berwisata kebun dengan latar sungai. 

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia Ini Wajib Masuk Daftar Liburan 
 

Rustic Market Rock Riverside (Sumber gambar: Instagram.com/rusticmarket.id)

Rustic Market Rock Riverside (Sumber gambar: Instagram.com/rusticmarket.id)

Memang, Rustic Market Rock Riverside mulanya merupakan pasar tempat warga lokal bertransaksi produk segar dan beragam kerajinan tangan. Ketenaran pasar ini di mata masyarakat sekitar kemudian menarik perhatian wisatawan dari luar wilayah tersebut. 

Lantaran pemandangan yang begitu natural, wisata ini juga kerap menjadi lokasi photoshoot yang estetik, hingga lokasi berbagai acara yang menyenangkan sekaligus menegangkan.
 
Wisata agrikultur berpadu dengan kehangatan warga lokal benar-benar memberi nuansa ala perdesaan yang kental. Di tepi sungai, ada beberapa wisata kuliner yang menjual masakan tradisional ala Nusantara. Kafe di sekitar Rustic Market Rocks Riverside jua menyediakan menu-menu lokal hingga Barat yang lezat.
 
Wisata sungai ini sempurna untuk dinikmati pagi dan sore hari. Pengunjung pun diperbolehkan bermain air di sungai yang jernih sembari berkumpul dengan orang terkasih. Menepi dari sekitar sungai, pengunjung bisa menapaki rerumputan hijau berhiaskan batu-batu asimetris dan tanaman menjalar di sekitarnya.  Suasana asri ini juga dilengkapi dengan keindahan jalur pendakian di sekitar bukit Mrasih.
 
Puas berkeliling, tak lengkap rasanya apabila belum melipir ke area pasar. Di sana, berbagai kerajinan tangan buatan dijajakan sebagai suvenir lokal yang indah. Pengunjung juga berkesempatan membeli langsung produk-produk segar langsung dari tangan petani sekitar.
 
Untuk menikmati wisata estetik di Rustic Market Rock Riverside, pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya parkir dan biaya minuman dengan minimum pembelian Rp20.000 per orang. Jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya parkir sebesar Rp5.000.

Untuk sampai di Rustic Market Rock Riverside, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 29 km dari pusat kota Mojokerto. Dengan melewati Jalan Raya Gondang, pengendara bisa sampai ke lokasi dalam waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan roda 4.

Ambil jalan ke arah Jl. Ahmad Yani, lurus hingga Jl. Gempol - Mojokerto menuju Jl. Raya Pacing hingga ke arah Pacet untuk sampai di  Rustic Market Rock Riverside.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam di Pacitan Jawa Timur, Ada Goa Gong & Sungai Maron

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cerita Windy Ariestanty Menjaga Api Literasi Masa Kini

BERIKUTNYA

8 Julukan Bagi Para Penggemar Buku, Genhype yang Mana?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: