Cek daftar buku paling direkomendasikan di BookTok (Sumber gambar: Unsplash/Susan Q Yin)

Hari Buku Sedunia 2024, Cek 4 Buku Paling Direkomendasikan di BookTok

23 April 2024   |   15:19 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Tanggal 23 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Buku Sedunia atau World Book Day. Momen ini jadi perayaan para insan literasi di seluruh dunia tentang kesadaran dan pentingnya membaca buku sebagai pintu terhadap informasi dan wawasan yang terus berkembang. 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan media sosial, muncul juga sebuah komunitas online di platform TikTok bernama BookTok. Di BookTok, para pengguna dapat membagikan dan mencari ulasan buku. Selain itu, ada juga informasi buku-buku paling direkomendasikan yang bervariasi tergantung pada rentang waktu dan minat pengguna.

Tak hanya itu, melalui BookTok, buku-buku yang sebelumnya mungkin kurang dikenal atau populer juga bisa mendapatkan sorotan. Bagi Genhype yang ingin memulai membaca atau mencari referensi buku yang akan dibaca, berikut adalah 4 buku yang paling direkomendasikan di BookTok. 

Baca juga: 3 Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Anak Muda
 

1. It Ends with Us

Buku It Ends with Us (Sumber foto: Gramedia)

Buku It Ends with Us (Sumber foto: Gramedia)

It Ends with Us karya Colleen Hoover merupakan sebuah novel dengan genre romansa masa kini. Bercerita tentang Lily Bloom yang tidak pernah memiliki kehidupan normal. 

Dia tumbuh dalam keluarga yang toxic, ayahnya sering melakukan kekerasan pada ibunya, tapi dia tidak pernah menyerah dan selalu bekerja keras untuk hidupnya. Berasal dari kota yang kecil, Lily pun pindah untuk menggapai impiannya ke Boston. Cerita di mulai setelah pemakaman ayahnya dan dia mulai bangkit perlahan dari kehidupan masa lalunya.

Singkat cerita, Lily bertemu dengan seorang pria bernama Ryle Kincaid di Boston. Ketika Lily mulai menyayangi Ryle, dirinya juga memikirkan kembali cinta pertamanya, Atlas Corrigan.

It Ends With Us terkenal karena memiliki jalan cerita yang sangat relate dengan kehidupan percintaan banyak orang. Alurnya yang realistis dapat membuat pembaca tenggelam dalam sedih ketika membaca novel tersebut. Hingga 2023, It Ends With Us sudah terjual hingga lebih dari 1,2 juta eksemplar dan memiliki lebih dari 1 miliar tag di TikTok.


2. I'm Glad My Mom Died

Buku I'm Glad My Mom Died (Sumber foto: Simon & Schuster)

Buku ini bercerita tentang Jennette McCurdy, bintang serial teve iCarly dan Sam & Cat, sebagai mantan aktris cilik yang sangat dijaga ketat oleh ibunya. Saat umur 6 tahun, Jennette melakukan audisi aktris cilik untuk pertama kalinya.

Impian ibunya adalah agar putri satu-satunya ini menjadi bintang dan Jennette akan melakukan apa pun untuk membuat ibunya bahagia. Akan tetapi, Jennette tumbuh dalam aturan ketat yang dibuat oleh ibunya. Bahkan, ibunya membatasi mulai dari konsumsi makanan hingga kehidupan pribadinya.

Perlakuan ketat dari ibunya tersebut membuat Jennette mengalami perubahan yang sangat drastis seperti kecemasan, rasa malu, insecure berlebihan, gangguan makan, kecanduan, dan masalah kesehatan lainnya.

Dalam novelnya, sang penulis menyuguhkan kisah hidupnya sendiri dengan penuh fakta, yang dibalut dengan cerita humor gelap. I'm Glad My Mom Died sudah laris terjual hingga 2 juta kopi dan menjadi buku nomor satu buku paling banyak terjual di New York Times


3. Divine Rivals

Buku Divine Rivals (Sumber foto: Macmillan Publisher)

Buku Divine Rivals (Sumber foto: Macmillan Publisher)

Novel Divine Rivals karya Rebecca Ross ini bercerita tentang Iris Winnow, seorang perempuan berusia 18 tahun yang telah melalui banyak hal dalam hidupnya. Dia hidup di tengah perang antara dua Dewa, yang menyebabkan kekacauan pada dunianya.

Iris juga hidup bersama dengan ibunya yang sedang berjuang melawan kecanduan, sedangkan kakaknya pergi berperang dan tidak pernah memberikan kabar apa pun.

Hanya melalui surat yang dituliskan untuk kakaknya, Iris merasa tenang meskipun dia sadar tak akan ada yang menerima surat tersebut. Namun, kehidupannya menjadi berubah ketika salah satu surat yang ditujukan untuk kakaknya dijawab oleh seseorang misterius. 


4. Mexican Gothic

Buku Mexican Gothic (Sumber foto: Periplus)

Buku Mexican Gothic (Sumber foto: Periplus)

Novel karya Silvia Moreno-Garcia ini bercerita tentang Noemí Taboada yang menjadi penyelamat bagi sepupunya yang baru menikah. Dia pergi ke High Place, sebuah rumah terpencil di Meksiko dan menghadapi tantangan besar dalam mengungkap misteri di balik keluarga baru sepupunya.

Meskipun tidak terbiasa dengan petualangan, Noemí menunjukkan ketangguhan dan kecerdasan dalam menghadapi rahasia gelap yang mengintai di dalam High Place. Meskipun terpesona oleh keangkeran rumah itu, justru dirinya sulit untuk meninggalkan High Place tersebut. Mexican Gothic menjadi pemenang Goodreads Choice Award (2020) untuk kategori horor terbaik.

Baca juga: Hari Buku Anak Internasional 2024, Simak Sejarah & Tema Perayaannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Instalasi Jompet Kuswidananto, Tafsir Kritis Sejarah Demokrasi Masa Lalu

BERIKUTNYA

BABYMONSTER Pecahkan Rekor dengan Lagu Sheesh di Melon HOT 100

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: