Timnas U-23 Indonesia (Sumber: PSSI)

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Usia U-23 2024, Cek Jadwal Tandingnya

24 April 2024   |   07:04 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 akan dimulai pada Kamus, 25 April 2024, menyisakan hanya 8 dari 16 tim yang ikut berkompetisi di kejuaraan ini. Dengan tekanan yang semakin tinggi, para penggemar sepak bola bakal makin penasaran atas 3 tim mana yang akan berhasil menjemput tiket untuk bertanding di Olimpiade Paris 2024.

Selain itu, ada banyak keuntungan untuk tim yang akan menjuarai kompetisi ini. Tim pemenang akan menikmati bantuan dana yang diberikan oleh Konfederasi Piala Asia (AFC) sebesar US$14,8 juta. Kemudian, titel juara yang pastinya akan meningkatkan citra tim, dan berkaitan dengan meningkatnya kesempatan scouting pemain-pemain tersebut. 

Baca juga: Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos 8 Besar Piala Asia U-23

Salah satu momen dinantikan yang bakal meningkatkan antusias para penonton setia kejuaraan ini adalah pertemuan antara Timnas Indonesia dan Korea Selatan pada 26 April di stadion internasional Khalifa, Doha.

Mengingat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat diperlakukan dengan buruk, karena dianggap gagal melatih tim senior Korea Selatan yang bertanding di Piala Dunia tahun 2018. Namun, laga itu hanya satu dari empat pertandingan besar lain yang menanti di perempat final Piala Asia U-23 2024. 

Pertandingan dari tim lain yang diadu dalam seleksi ini juga sayang sekali untuk dilewatkan. Namun jangan khawatir, berikut rangkuman performa 8 tim Piala Asia U-23 2024 yang lolos ke babak perempat final berdasarkan data yang dikutip dari laman resmi AFC U-23 Asian Cup 2024
 

1. Qatar

Sebagai tuan rumah, Qatar mendominasi grup A melalui konsistensinya. Ini didukung oleh line up pemain yang solid, termasuk AlHashmi Mohialdin, Al Hashemi Al Hussain dan Mustafa Tarek. Qatar akan bertanding melawan Timnas Jepang pada 25 April pukul 21:00 WIB, di stadion Jassim Bin Hamad. 
 

2. Jepang

Jepang harus melepaskan mahkota dari grup B kepada Korea Selatan, setelah kalah 1-0 dan beberapa pemain mereka menghadapi cedera selama pertandingan. Namun pertandingan mereka melawan tim paling konsisten di grup A dapat menjadi penebusan yang dinanti-nanti oleh para pendukung negeri Sakura ini. Tim Jepang akan bertemu tim tuan rumah di perempat final. 
 

3. Indonesia

Melalui bimbingan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berhasil menjadi runner up dari Grup A dan lolos ke Perempat final piala Asia U-23 2024. Meskipun sempat kalah 2-0 melawan Qatar, kini performa pemain Indonesia sudah kembali membara. Indonesia akan bertanding melawan Timnas Korea Selatan pada 26 April pukul 00:30 WIB, di stadion Abdullah bin Khalifa.
 

4. Korea Selatan 

Selain Qatar, Korea Selatan adalah tim lain yang mendominasi penyisihan grup B tanpa kalah sekalipun. Line up tim ini juga cukup mengerikan, dengan pemain seperti Eom Ji-sung dan banyak pemain berbakat lainnya. Timnas Negeri Ginseng akan bertanding melawan skuad Garuda Muda di babak perempat final Piala Asia U-23. 
 

5. Irak

Irak berhasil bangkit dan menang 4-2 melawan Tajikistan, setelah kalah dari Thailand di babak pertama penyisihan grup C. Dengan semangat ini, Irak secara ajaib menyalip Arab Saudi, meski sebagian besar pertandingan bola tidak dikendalikan oleh mereka. Irak akan bertanding melawan Timnas Vietnam pada tanggal pada 27 April pukul 00:30, di stadion Al Janoub.
 

6. Arab Saudi

Arab Saudi sempat mendominasi penyisihan Grup C, tapi akhirnya dipatahkan oleh Irak di babak terakhir. Namun, dengan pemain top seperti Ahmed Al Ghamdi, mereka diharapkan untuk membuat comeback. Arab Saudi akan bertanding melawan Timnas Uzbekistan pada 26 April pukul 21:00 di stadion Abdullah bin Khalifa
 

7. Uzbekistan

Performa Uzbekistan di kejuaraan ini juga sangat kuat, sebelumnya sempat membobol habis gawang Kuwait dengan 5 gol, dan menang 3-0 melawan Vietnam, mengamankan tempat mereka sebagai pemimpin Grup D.  Uzbekistan akan bertanding melawan Timnas Arab Saudi pada 26 April pukul 21:00 di stadion Abdullah bin Khalifa. 
 

8. Vietnam

Vietnam dapat menjadi kontender yang sepadan untuk Irak karena sukses mengalahkan Malaysia dan Kuwait, meski harus kalah melawan 0-3 melawan Uzbekistan. Vietnam akan bertanding melawan Timnas Irak pada tanggal pada tanggal 27 April pukul 00:30, di stadion Al Janoub. 

Baca juga: Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Piala Asia U-23 Laga Qatar vs Indonesia yang Jadi Sorotan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

8 Julukan Bagi Para Penggemar Buku, Genhype yang Mana?

BERIKUTNYA

Rekomendasi Mesin Cuci dengan Teknologi AI, Lebih Hemat Listrik & Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: