Malioboro, Yogyakarta (Sumber foto: Unsplash/Farhan Abas)

Rekomendasi 4 Destinasi Wisata Bagi Penggemar Buku di Yogyakarta

23 April 2024   |   19:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian ketika mendengar Yogyakarta? Apakah bakpia yang kesohor sebagai oleh-oleh khas populer? Kisah legenda Nyi Roro Kidul dan pesona pantai selatannya? Atau jalanan Malioboro yang terkenal sebagai pusat destinasi wisatanya? 

Sebagai wilayah yang populer dan ikonik, Yogyakarta juga merupakan tempat yang dikenal sebagai pusat kebudayaan dan pendidikan di Indonesia. Misalnya dengan keberadaan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta) yang terkenal akan kualitas kampus dan lulusannya. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta

Tak hanya itu, Yogyakarta juga menjadi surga bagi para penggemar buku. Pasalnya, kota ini tak hanya terkenal dengan warisan sejarah dan seni tradisionalnya, tetapi juga memiliki beragam destinasi wisata yang cocok untuk para pencinta literatur. 

Kalian bisa menemukan tempat-tempat bersejarah bahkan kafe yang menyediakan buku bagi para pembaca ulung. Selain itu, toko-toko buku independen juga banyak tersebar di Yogyakarta.

Nah, bagi Genhype yang akan berlibur ke Yogyakarta atau tinggal di sana, kalian wajib mengunjungi 4 destinasi wisata ini yang cocok bagi para penggemar buku. 
 

1. Theotraphi 

Bagi kalian yang sedang berlibur di Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke salah satu kafe unik dan mengedukasi, namanya Theotraphi. Tak hanya menyajikan hidangan makanan dan minuman, toko ini juga menyediakan bermacam buku dari berbagai genre, namun mayoritas bertemakan teologi, sastra, dan filsafat. 
 

Tempatnya pun juga sangat homey yang dikemas dengan estetik. Theotraphi akan menjadi surga dunia bagi para penggemar buku karena selain dapat membelinya langsung, pengunjung juga dapat bersantai di kafe ini sambil membaca buku. Toko ini beralamat di Jalan Gendeng Cantel No.324, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. 
 

2. Blanco Coffee and Books

Sedang mencari tempat yang hit untuk nongkrong tapi bisa sambil belajar? Jika Genhype sedang berlibur atau tinggal di Yogyakarta, kalian wajib mengunjungi Blanco Coffe and Books yang berlokasi di Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

Kafe ini menyediakan berbagai macam menu seperti aneka kopi, non-kopi, dan juga aneka hidangan ringan seperti croissant, apple sliper, almond pie, sandwich, calamary, dan yang lainnya.
 
 

3. Grhatama Pustaka

Book lovers tak perlu khawatir, karena selain kafe, kalian juga bisa mengunjungi perpustakaan bernama Grhatama Pustaka. Berlokasi di Jalan Janti No.344 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Grhatama Pustaka merupakan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara yang memiliki luas 2,4 hektare.

Grahatama Pustaka merupakan perpustakaan umum yang bisa diakses oleh semua orang. Bahkan, perpustakaan ini juga menyediakan fasilitas untuk penyandang disabilitas.
 

Grhatama Pustaka (Sumber foto: laman DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta)

Grhatama Pustaka (Sumber foto: laman DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta)

Tak hanya menyediakan berbagai macam buku secara fisik, perpustakaan ini juga menyediakan buku berbentuk digital dengan genre yang bervariasi. Grhatama Pustaka di buka pukul 08.00-22.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat dan 08.00-16.00 WIB untuk hari Sabtu sampai Minggu. 
 

4. Jogja Library Center

Jogja Library Center merupakan sebuah perpustakaan yang unik karena lokasinya terdapat di antara toko oleh-oleh yang ada di Malioboro. Dapat dikatakan, Jogja Library Center adalah hidden gem-nya Jogja.

Berlokasi di Jl. Malioboro No.175, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, gedung ini memiliki desain bangunan lama dengan fasilitas modern. Uniknya, di perpustakaan ini masih terdapat koleksi seperti majalah, koran, dan arsip yang masih tersimpan sejak 1945. 
 

Baca juga: Ini 6 Makanan Tradisional Khas Yogyakarta yang Patut Dicoba Saat Liburan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Prediksi Setlist Konser Incubus di Jakarta Malam Ini

BERIKUTNYA

Cegah Sebelum Parah, Kenali Tahapan & Penyebab Anak Tantrum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: