Poster Film Late Night With The Devil (Sumber: Shudder)

Sinopsis Film Late Night With The Devil, Ada Rentetan Teror di Studio TV

23 April 2024   |   14:49 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Like
Film Late Night With The Devil akhirnya dapat disaksikan di platform streaming AMC+ dan Shudder pada 19 April 2024. Sebelumnya, film ini tayang perdana di festival seni South by Southwest (SXSW) pada 10 Maret 2023. Kabar itu disambut penggemar film horor yang penasaran dengan konsep subgenre analog horror tersebut.

Film ini disajikan layaknya sebuah dokumenter fiksional dari rentetan kejadian menyeramkan. Berlatar di studio televisi yang menyiarkan siaran langsung talk show Night Owls dengan host Jack Delroy pada malam Halloween 1977. 

Baca juga: Horor Misteri Benda-Benda Tua dalam Teaser Trailer Film Pusaka

Penonton akan mengikuti kisah Jack yang sebelumnya mengunjungi kamp elit rahasia di daerah California bernama The Grove untuk bertemu orang-orang berkuasa. Dia ingin menjadi bagian dari sekte pemuja setan dengan harapan menjadi lebih terkenal dan kaya.
 


Namun nasib Jack malah berubah 180 derajat, saat istrinya Madeleine meninggal dunia karena kanker paru-paru stadium akhir. Tak hanya itu, kompetitornya, Johnny Carson sedang mengalahkan Jack dari segi penayangan, rating dan uang yang diperoleh dari acaranya. 

Tentu, hal itu berdampak signifikan terhadap kesehatan mental Jack, dan membuat produksi acara Night Owls dihentikan sementara. Untuk memulihkan rating acaranya serta mengalahkan para kompetitornya, Jack memutuskan untuk membuat episode spesial pada malam Halloween dengan mengundang berbagai bintang tamu dengan kemampuan supranatural.

Bintang tamu yang tampil di segmen pertama pada episode spesial ini adalah Christou, seorang cenayang yang dapat menerawang kehadiran dan pemikiran dari beberapa roh yang ada di studio.

Meski beberapa kali gagal untuk menyampaikan pesan apapun, Christou berhasil merasakan kehadiran seorang wanita bernama Minnie, yaitu julukan khusus yang diberikan Jack pada mendiang istrinya, Madeleine. Tentu ini membuat Jack sangat ketakutan dan hal mengerikan mendadak terjadi kepada Christou setelah penerawangan tersebut.

Setelah Christou, segmen kedua Night Owls mengundang penulis para-psikolog June Ross-Mitchell, dan seorang gadis remaja bernama Lilly D'Abo. Lilly adalah satu-satunya yang selamat dari bunuh diri massal yang dilakukan oleh gereja pemuja setan. Melalui ilmunya, Jane ingin mengajarkan Lilly bagaimana dia dapat mengendalikan Mr. Wriggles, sebuah entitas jahat yang merasuki dirinya.

Setelah mendengar cerita Lilly, Jack menjadi terpesona dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Mr. Wriggles. Jadi dia mendesak Jane untuk mengeluarkan Mr. Wriggles untuk ditunjukkan kepada penonton di seluruh Amerika, dan dia tahu itu akan menjadi sensasi besar dan menyelamatkan kariernya.

Namun semua kru, termasuk Jack meremehkan kekuatan Mr. Wriggles, yang dia gunakan untuk meneror semua orang di studio dan juga penonton di rumah.

Penampilan dari David Dastmalchian yang memerankan sang host, Jack Delroy menunjukkan pesona seorang host acara late night yang cukup realistis, sehingga membuat penonton merasa benar-benar menyaksikan acara tengah malam tersebut yang disiarkan secara langsung.

Penampilan dari aktor pendukungnya juga menjadi poin tambahan bagi efektivitas cerita yang disampaikan.
Meski dilaporkan memiliki bujet di bawah US$2 juta oleh World of Reels, film Late Night With The Devil memiliki kualitas produksi dan eksekusi yang dapat menyaingi film horor lain dengan bujet lebih besar.

Baca juga: 5 Film Horor Indonesia Paling Laris Sampai April 2024, Badarawuhi Melesat

Film ini mengubah ekspektasi kritikus dan penonton tentang subgenre analog horror melalui berbagai teknik produksi yang cermat dan berhasil meraup hampir US$10,96 juta dalam penjualan tiket di seluruh dunia menurut data terbaru dari The Numbers.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cara Menuju Lokasi Art Jakarta Gardens 2024 dengan Transportasi Umum & Kendaraan Pribadi

BERIKUTNYA

Instalasi Jompet Kuswidananto, Tafsir Kritis Sejarah Demokrasi Masa Lalu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: