BNI Java Jazz Festival 2023. (Sumber gambar: Java Jazz Festival/Instagram)

Persiapan BNI Java Jazz Festival 2024 Mantap, Lineup Terus Bertambah

22 April 2024   |   17:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

BNI Java Jazz Festival 2024 tak lama lagi akan digelar. Hajatan musik tahunan itu akan diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut pada 24-26 Mei 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Java Jazz siap menghadirkan ratusan musisi dari dalam dan luar negeri untuk menghibur para penikmat musik di Tanah Air.

Presiden Direktur PT Java Festival Production Dewi Gontha mengungkapkan proses persiapan gelaran Java Jazz Festival (JJF) 2024 sudah berjalan 85 persen. Selama proses persiapan, pihaknya tidak menghadapi satu hambatan atau tantangan tertentu mengingat ini merupakan festival musik tahunan yang telah eksis selama 19 tahun.

"Semua proses kami jalani, bukan hambatan tapi memang harus dikerjakan," katanya saat ditemui Hypeabis.id di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Snoh Aalegra dan Laufey Meriahkan Line up Special Show BNI Java Jazz Festival 2024

Dewi menjelaskan JJF 2024 akan menghadirkan sekitar 120 pertunjukan yang bakal dibawakan oleh sebanyak 27 musisi internasional serta 77 musisi lokal. Nantinya, akan dihadirkan sebanyak 11 panggung untuk mengakomodir penampilan dari para musisi.

Sejumlah musisi luar negeri yang akan menggebrak panggung JJF 2024 diantarana Laufey, Snoh Allegra, Coldiac, Keyon Harrold, Brian Simpson featuring Rebecca Jade & Darryl Walker, Paul Brown with Ron King Big Band, Caste, October London, Michael Paulo Band, Jessi Reyez, dan Scary Pockets.

Sementara untuk musisi dalam negeri bakal hadir nama-nama musisi seperti Bilal Indrajaya, Andre Hehanussa #PestaAnakTimur, Erwin Gutawa Tribute to January Christy, Idgitaf, Marcello Tahitoe, Lalahuta, Ardhito Pramono, Fanny Soegi, Mocca, Nadhif Basalamah, Salma Salsabil, Project Pop, Rahmania Astrini, Tompi, Teddy Adhitya, dan Sandhy Sondoro & The Jazzwarazz.
 


Dewi memastikan jajaran lineup JJF 2024 yang telah diumumkan bukanlah daftar final, melainkan masih akan ada beberapa nama musisi yang bakal diinformasikan dalam seminggu ke depan. "Kira-kira masih ada lima sampai enam nama yang belum ke luar, tapi [jumlah itu] campur musisi lokal dan asing," terangnya.

Termasuk, akan disiapkan pula musisi internasional ketiga yang akan mengisi jadwal pertunjukan spesial (special performance) pada hari pertama. Seperti diketahui, sampai saat ini, baru dua nama yang didapuk sebagai penampil pertunjukan spesial yakni Laufey yang akan tampil pada Sabtu, 25 Mei 2024 dan Snoh Aalegra yang akan tampil pada Minggu, 26 Mei 2024.

Dewi juga menyampaikan jika nanti pihaknya tidak berhasil mendapatkan musisi ketiga untuk pertunjukan spesial, akan dihadirkan satu pertunjukan kolaboratif yang bakal menghadirkan sejumlah musisi lokal kenamaan. Hal itu dibuat sebagai pertunjukan epik yang hanya bisa disaksikan di JJF 2024.

"Kalau misalnya kita enggak dapat, jadinya keluarnya proyek kolaborasi yang memang hanya bisa dilihat di Java Jazz saja. Menghadirkan nama-nama [musisi] Indonesia yang sudah cukup kuat lalu kami gabungkan," jelasnya.
 
 

Target Penonton Java Jazz Festival 2024

Disinggung soal target penonton, Dewi mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 105.000-110.000 pengunjung untuk gelaran JJF 2024 selama tiga hari seperti gelaran-gelaran sebelumnya. Kendati begitu, kata Dewi, tidak menutup kemungkinan untuk memperbesar skala pengunjung pada gelaran berikutnya dengan memanfaatkan venue-venue lain di sekitaran JIExpo Kemayoran.

"Itu adalah target nyaman kami. Kecuali kami memperbesar lagi area, karena ada area di JIExpo yang belum kami pakai. Misalnya di Gambir Expo, Hall B3 dan C3 yang posisinya lebih ke luar," ujarnya.

Digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, selama tiga hari berturut-turut dari 24 Mei-26 Mei 2024, BNI Java Jazz Festival 2024 mengangkat tema Embracing Unity Through Music. Dengan tema persatuan tersebut, salah satu festival tertua di Indonesia ini ingin menyoroti musik sebagai bahasa universal yang mampu mendorong kebersamaan dan menyatukan masyarakat dari berbagai kalangan.

Saat ini penjualan tiket BNI Java Jazz Festival 2024 masih dibuka. Untuk tiket harian dijual dengan harga Rp850.000. Sementara itu, tiket terusan selama 3 hari dibanderol dengan harga Rp1.975.000. 

Baca juga: Soora Music Festival Bandung Jadi 2 Hari, Agnez Mo hingga Mahalini Siap Beraksi

Adapun, bagi yang ingin menonton special show, penonton mesti merogoh kocek tambahan sebesar Rp500.000 untuk konser Laufey dan Rp650.000 untuk konser Snoh Aalegra. Penonton tiket special show wajib memiliki tiket harian terlebih dahulu untuk bisa menikmati pertunjukan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menilik 6 Tempat yang Jadi Logo Google Earth Day 2024

BERIKUTNYA

Resep Kue Tradisional Jajanan Pasar khas Indonesia, dari Klepon sampai Pukis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: