Ilustrasi festival musik berskala internasional. (Sumber gambar : Unsplash/Hanny Naibaho)

Panggung Hiburan Bergeliat, Ini 7 Festival Musik Berskala Internasional di Indonesia

27 May 2022   |   21:41 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Konser musik di Tanah Air mulai menggeliat seiring kondisi pandemi Covid-19 yang melandai. Tentu, kegiatan ini sangat dinanti para pencinta musik yang sudah lama tidak bersua dengan para idolanya yang menghibur di atas panggung secara langsung. 

Sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia pada awal 2020 lalu, banyak konser musik yang diundur bahkan batal digelar. Alternatif konser virtual yang dinilai sebagai solusi pun tidak dapat memuaskan para pecinta musik yang biasa bernyanyi atau menari bersama di bawah panggung. 

Namun kini, hasrat pecinta musik untuk melantai bersama bisa terbayarkan. Beberapa konser musik sudah dan akan digelar. 

Biar tidak lupa, berikut ini sejumlah konser skala internasional yang rutin diselenggarakan di Indonesia. 
 

1. Java Jazz 

Festival musik tahunan yang diadakan promotor Java Festival Production ini selalu menampilkan musisi papan atas nasional dan internasional yang berfokus pada musik jazz. Dihelat pertama kali pada 2005, Java Jazz digelar pada minggu pertama Maret setiap tahunnya.

Hari ini, Jumat (27/5/2022), Java Jazz untuk pertama kalinya dibuka semenjak adanya pandemi. Festival musik jazz terbesar itu berlangsung hingga Minggu (29/5/2022). Sederet penampilan musisi papan atas dari dalam negeri tampil. Tiga musisi mancanegara seperti JoJo, PJ Morton, dan The Temptations pun akan tampil.
 

2. Djakarta Warehouse Project (DWP)

Festival tahunan yang diusung Ismaya Live ini mengedepankan musik Electronic Dance Music (EDM). Dipromotori Ismaya Live, DWP disebut sebagai salah satu yang terbesar di Asia yang menampilkan para DJ ternama. 

Sepanjang sepuluh edisinya, beberapa DJ yang pernah tampil di DWP diantaranya Calvin Harris, Steve Aoki, Carl Cox, Skrillex, Tiesto, Diplo, Major Lazer, Martin Garrix, David Guetta, Armin van Buuren, Axwell x Ingrosso, dan DJ Snake. 
 

3. LALALA Festival

LALALA Festival merupakan festival musik yang unik karena digelar di tengah hutan, khususnya di Orchid Forest Cikole, Lembang. Festival musik beraliran Indie Folk atau musik yang bernuansa budaya dan kultur ini membuat pengunjung menikmati musik dan keindahan alam dari hutan Indonesia. 
 

4. Jazz Gunung

Acara musik jazz tahunan ini biasanya diadakan di Amfiteater Jiwa Jawa terbuka di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Jazz Gunung mengedepankan kombinasi antara musik jazz dan pemandangan, serta udara yang sejuk di Gunung Bromo.
 

5. We The Fest

Festival musik lintas generasi dari elektronik, pop, rock, sampai hip hop ini pertama kali digelar pada 2014 di Parkir Timur Senayan dan berpindah ke Jakarta International Expo Kemayoran. 
 

6. Hammersonic

Merupakan festival musik tahunan yang digelar di Indonesia sejak 2012. Hammersonic menjadi tempat bagi para pencinta musik metal dan rock dari berbagai penjuru dunia.
 

7. Soundrenaline

Festival musik ini telah eksis di Tanah Air sejak 2002, merupakan salah satu festival yang paling dinantikan karena menyajikan musisi lintas genre mulai dari pop, jazz, rock, metal, dan EDM.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Di Panggung BNI Java Jazz Festival 2022, Erwin Gutawa Sanjung Musisi Muda Ini 

BERIKUTNYA

5 Cara Jitu Mengatasi Career Slump

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: