Kawasan Pantai Indah Kapuk. (Sumber foto: Unsplash/Rifki Kurniawan)

5 Rekomendasi Tempat Wisata di PIK, Terbaru Ada Aloha dan Land's End

22 April 2024   |   08:34 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) belakangan menjadi destinasi populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini menawarkan sejumlah aktivitas menarik seperti menyaksikan keindahan pantai dan mercusuar, melihat flora dan fauna, berburu kuliner lokal dan mancanegara, sampai belanja produk fesyen trendi.

Bagi yang tertarik berkunjung, pantai Indah Kapuk bisa dicapai dengan mudah melalui jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Tol Bandara Internasional Soekarno-Hatta, hingga jalan arteri lewat kawasan Pluit dan Muara Karang. Untuk moda transportasi umum, tersedia bus Transjakarta jurusan Balai Kota Jakarta – Pantai Indah Kapuk (Pantai Maju).

Nah Genhype, penasaran dengan sejumlah objek wisata di PIK yang populer dan ramai dikunjungi para wisatawan. Yuk, simak rekomendasi tempat-tempat unik dan menarik yang bisa ditemukan di kawasan PIK.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Jakarta di Akhir Pekan
 

1. Pantjoran PIK

 
Pantjoran PIK adalah sebuah kawasan kuliner dan pusat lifestyle di Pantai Indah Kapuk. Tempat ini menawarkan beragam pilihan kuliner dari masakan lokal hingga internasional. Pengunjung dapat menemukan berbagai restoran, kafe, dan warung makan dengan menu yang beragam, mulai dari hidangan tradisional Indonesia, makanan Asia, hingga hidangan Barat.

Sejumlah kuliner lezat yang wajib dicicipi di sini, mulai dari Cakwe Katong, Bakso Goreng Soekajadi, Bakmi Gang Kelinci, Es Pluit Acen, hingga Roti Srikaya Ajong. Namun, perlu diingat ada beberapa makanan yang halal dan non-halal, jadi sebaiknya tanyakan terlebih dahulu.

Selain itu, kompleks ini juga menawarkan area bermain untuk anak-anak, area duduk yang nyaman, dan suasana yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.
 

2. Taman Wisata Alam Mangrove PIK

 

Taman Wisata Alam Mangrove PIK menyajikan pesona keindahan hutan mangrove sebagai area konservasi tanaman bakau yang dilestarikan. Memiliki luas area 99,82 hektare, kawasan ini menjadi habitat berbagai jenis burung air ini dan tumbuhan mangrove sebagai sistem penyangga kehidupan. 

Wisatawan bisa merasakan langsung sensasi menanam tanaman bakau yang bermanfaat untuk alam. Selain itu, juga menyaksikan fauna burung-burung indah dari jembatan panorama di Hutan Mangrove. Jenis-jenis fauna yang mendominasi kawasan TWA Angke Kapuk, umumnya adalah jenis-jenis burung merandai dan hampir seluruhnya merupakan satwa yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah Belekok, Belibis, Cangak Abu, Cekakak Sungai, Elang Laut Perut Putih, dan lainnya.

Wisatawan juga bisa menikmati wahana permainan air Taman Wisata Alam Mangrove PIK. Misalnya seperti menaiki perahu kano dan mengarungi danau untuk mengeksplorasi kekayaan alam hutan mangrove sambil menikmati pemandangan alam hijau dan bebas dari polusi.

Untuk menikmati keindahan Taman Wisata Alam Mangrove PIK dikenakan biaya tiket masuk. Berikut daftar harga tiket masuknya:

  • Dewasa: Rp30.000 hari biasa Rp35.000 hari libur
  • Anak-anak: Rp.15.000 hari biasa Rp.20.000 untuk hari libur
  • Turis Mancanegara (tanpa KITAS) Rp150.000 hari biasa Rp.170.000 hari libur
     

3. Cove At Batavia PIK 

 

Cove at Batavia PIK merupakan kawasan kuliner di ruang terbuka dengan lahan seluas 4.555 meter persegi. Bangunannya memiliki desain dengan tata ruang ala Los Angeles, sehingga menjadi daya tarik pengunjung yang ingin berburu spot foto instagramable

Ada sejumlah tenant dan restoran yang menjajakan kuliner bergaya lokal maupun mancanegara, mulai dari makanan berat, camilan, sampai dessert. Apalagi dengan tempat duduk langsung menghadap ke laut, membuat suasana makan terasa makin romantis. 

Salah satu landmark di Cove at Batavia PIK adalah Talassa. Restoran yang menawarkan sensasi makan di atas kapal pesiar. Ada dua area makan yang tersedia, yakni di station restaurant dan phinisi boat. Talassa station terletak di daratan, sementara area phinisi boat di atas kapal. 
 

4. Aloha PIK

 
Aloha menghadirkan nuansa yang mirip dengan beach club di tepi pantai Bali. Saat memasuki area depan, pengunjung akan disambut dengan beragam kedai dan restoran dengan konsep menarik mulai dari minuman, makanan ringan, hingga makanan berat. Terdapat sekitar 27 kedai dan restoran, beberapa di antaranya seperti NYC Pizza, Koppi, Monsieur Spoon, dll. 

Berjalan sedikit ke bagian dalamnya, ada pertunjukan live musik dari sejumlah musisi yang akan menghibur para pengunjung. Selain itu, yang tak kalah menarik ada patung wanita yang mengenakan bunga-bunga sebagai hiasan kepalanya, di belakangnya ada pemandangan pantai pasir putih. Tempat tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk sekedar berfoto atau membuat video.


5. Land’s End

 
Land’s End merupakan destinasi wisata terbaru PIK yang dibuka pada Desember 2023. Tempat ini menyuguhkan panorama pesisir eksotis dengan mercusuar megah sebagai spot ikoniknya. Ornamen mercusuar klasik berwarna putih dan biru ini memberi kesan aesthetic sekaligus kekinian, sehingga menjadi spot foto yang menarik minat wisatawan.

Pada di bagian depan mercusuar, terdapat hamparan rumput sintetis untuk tempat bermain anak-anak dengan bebas. Selain itu, Land's End juga memperbolehkan pengunjungnya untuk bermain di area pasir pantai putih.

Tempat ini juga memiliki sejumlah restoran dan kedai minuman seperti Pier No.12, Butterman, Remy’s, dan Starbucks. Selain itu ada sejumlah retail fashion seperti 3Mongkis Island, Love & Flair, dan masih banyak lagi. Land’s End juga telah dilengkapi dengan toilet, mushola, dan area parkir di beberapa tempat. Tempat ini bisa dikunjungi secara gratis setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Baca juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Romantis di Jakarta 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Tanda Produk Skincare Tidak Cocok di Kulit Wajahmu

BERIKUTNYA

Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa Dikenalkan pada Publik Setelah Tayang Terbatas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: