Peragaan busana kebaya. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Abdurachman)

11 Ide Kegiatan Hari Kartini 2024 di Sekolah yang Seru & Edukatif

20 April 2024   |   10:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kartini diperingati tanggal 21 April tiap tahunnya. Peringatannya menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan R.A. Kartini, seorang tokoh perempuan yang berani menuntut hak-haknya pada zamannya. Kartini menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk memperjuangkan kesetaraan gender.
 
Peringatan Hari Kartini ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964, yang didalamnya juga memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Adapun, peringatannya tiap 21 April merujuk pada hari lahir sang pahlawan yakni pada 21 April 1879.

Baca juga: Sejarah & Cara Sederhana Memperingati Hari Kartini 2023, Yuk Jadi  Kartini Masa Kini
 
Tujuan peringatan Hari kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern, terutama dalam bidang pendidikan dan kesetaraan gender secara umum di semua bidang. 
 
Peayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan, serta mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender dan peningkatan akses perempuan terhadap pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kerja yang setara.
 
Peringatan Hari Kartini pun menjadi agenda yang tak terpisahkan dari kalender kegiatan di sekolah. Setiap tahunnya, Hari Kartini selalu disambut meriah di sekolah-sekolah dengan mengadakan sejumlah kegiatan dan perlombaan seru. 
 
Ada banyak ide kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan perayaan Hari Kartini di sekolah. Tak hanya menyenangkan, kegiatan-kegiatan yang dibuat pun sudah sepatutnya memiliki nilai edukasi terutama untuk mengingatkan para siswa tentang jasa-jasa Kartini, serta pentingnya kesamaan hak antara perempuan dan laki-laki.
 
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa ide kegiatan seru untuk merayakan Hari Kartini 2024 di sekolah.
 

1. Perlombaan

Sekolah bisa mengadakan berbagai lomba untuk memeriahkan Hari Kartini yang diikuti oleh semua siswa. Lomba yang digelar bisa berupa lomba baca puisi, lomba menyanyi, lomba pidato, hingga lomba dekorasi kelas. Lomba-lomba seperti ini dapat mengasah kreativitas para siswa sekaligus melatih keberanian dan rasa percaya diri.
 

2. Pameran Kartini

Pameran karya-karya Kartini yang menggambarkan perjuangan dan pemikirannya menjadi ide kegiatan menarik agar para siswa bisa lebih mengenal sosok sang pahlawan. Pameran yang dibuat misalnya bisa menampilkan biografi singkat Kartini, karya-karya tulisnya yang menginspirasi, serta informasi fakta-fakta menarik sang pahlawan.
 

3. Kompetisi menulis

Kartini dikenal sebagai sosok perempuan yang mampu menggebrak dunia dengan tulisan-tulisannya. Karya-karya tulisnya terbukti bisa menjadi alat perjuangannya untuk mendukung emansipasi perempuan. Oleh karena itu, untuk merayakan Hari Kartini, bisa juga mengadakan kompetisi menulis seperti puisi, esai, cerpen, ataupun opini. Kompetisi ini tentunya bisa mengasah kreativitas serta daya pikir dan kritis dari para siswa.
 

4. Pentas drama sederhana

Hari Kartini juga bisa diperingati dengan menggelar pentas drama sederhana yang dibawakan para siswa. Drama yang ditampilkan bisa mengangkat kisah perjuangan Kartini ataupun lakon-lakon lain yang menggambarkan semangat perjuangan serta keberanian perempuan.
 

5. Karnaval

Sekolah juga bisa mengadakan pawai atau karnaval di lingkungan sekitar sekolah untuk merayakan Hari Kartini. Misalnya, para siswa diharuskan mengenakan pakaian tradisional, profesi, atau busana kreasi sendiri dari barang-barang bekas. Jika ada, hadirkan juga tim drum band atau marching band sekolah untuk memeriahkan karnaval.
 

6. Fashion show

Hari Kartini biasanya dirayakan dengan mengenakan pakaian adat Jawa seperti kebaya atau busana tradisional dari daerah lainnya. Agar lebih meriah, buatlah acara fashion show di sekolah yang menampilkan para siswa berjalan di atas panggung mengenakan pakaian adat terbaiknya. Kegiatan ini juga bisa dilombakan untuk menentukan siswa dengan kostum terbaik.
 

7. Diskusi seru

Untuk memperingati Hari Kartini, para guru bisa menggelar acara diskusi menarik yang membahas seputar Kartini ataupun tema-tema menarik tentang perempuan. Misalnya, mendiskusikan isi buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang merupakan kumpulan surat atau tulisan dari RA Kartini.
 
Dari acara ini, siswa akan lebih memahami ide-ide pemikiran Kartini. Siswa juga didorong untuk mengambil hal-hal positif di dalamnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 

8. Cerdas cermat

Selain diskusi, bisa juga mengadakan lomba cerdas cermat untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Soal kuis bisa berfokus mengenai pengetahuan tentang Kartini dan perempuan-perempuan inspiratif lainnya dalam sejarah Indonesia. Dengan mengadakan lomba cerdas cermat, kegiatan ini akan membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang peran perempuan dalam pembangunan bangsa.
 

9. Workshop keterampilan

Salah satu cara untuk menghormati semangat Kartini adalah dengan memberdayakan potensi siswa perempuan. Sekolah bisa mengadakan workshop keterampilan, seperti menjahit, memasak, atau bahkan coding dan teknologi. Ini akan memberikan kesempatan bagi siswa perempuan untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka di luar kelas.
 

10. Talkshow inspiratif

Undanglah perempuan-perempuan inspiratif dari berbagai bidang untuk berbicara tentang perjuangan mereka dalam mencapai kesuksesan. Mulai dari pengusaha, ilmuwan, seniman, hingga tokoh masyarakat. Talkshow semacam ini tidak hanya akan memberikan inspirasi, tetapi juga memperluas wawasan siswa tentang potensi yang dimiliki oleh setiap perempuan.
 

11. Kegiatan sosial

Aksi nyata adalah cerminan dari semangat perjuangan Kartini. Sekolah bisa menginisiasi gerakan sosial, seperti kampanye penggalangan dana untuk mendukung pendidikan perempuan di daerah terpencil, atau membersihkan lingkungan sekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Melalui tindakan nyata ini, siswa dapat mengalami secara langsung pengalaman mengabdi kepada masyarakat sekitar.

Baca juga: Kartini dalam Wajah-Wajah Seniman Perempuan Masa Kini, Simak Cerita Inspiratifnya Yuk!
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Resep Es Podeng Manten Jadul yang Manis & Segar

BERIKUTNYA

Cara Cek Penerima Program Indonesia Pintar 2024, Intip Jadwal Cair & Besaran Insentifnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: