Es Podeng Manten. (Sumber gambar: Ika Mardatillah/YouTube)

Resep Es Podeng Manten Jadul yang Manis & Segar

20 April 2024   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak kuliner tradisional khas zaman dulu alias jadul yang hingga kini masih disukai, salah satunya es podeng manten. Sesuai namanya, makanan penutup ini biasanya menjadi salah satu sajian di acara hajatan pernikahan khususnya di kalangan masyarakat Jawa. 
 
Meski menggunakan nama es podeng, makanan satu ini tidak terdiri dari es krim puter berbahan santan yang biasanya hadir dalam es podeng. Hidangan pencuci mulut satu ini hanya terdiri dari setup buah seperti pepaya atau nanas, agar-agar, dan kolang-kaling, yang disiram dengan kuah sirup manis dan es batu.

Baca juga: 3 Resep Es Tradisional Indonesia untuk Takjil Buka Puasa, Es Puter sampai Es Teler
 
Kendati tidak menggunakan santan atau susu, es podeng manten tetap segar untuk dinikmati. Dalam seporsi es podeng manten, akan dijumpai rasa segar dan legit dari setup buah pepaya dan nanas, serta sensasi kenyal dan manis dari agar-agar dan kolang-kaling yang menambah tekstur.
 
Namun, agar setup buahnya terasa nikmat, pilihlah pepaya yang tidak terlalu matang sehingga teksturnya masih renyah atau crunchy ketika dimakan. Sementara untuk nanas, pilih buah yang manis sehingga terasa enak ketika dibuat menjadi setup.
 
Meski rasanya enak dan segar, es podeng manten kini terbilang sulit ditemui. Es podeng manten juga kini terbilang sangat jarang hadir di acara-acara hajatan pernikahan. Di banyak acara, umumnya akan lebih sering dijumpai es krim ataupun es podeng biasa.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ocha Chupid (@ocha_chupid)


 
Jika kalian penasaran ataupun rindu dengan cita rasa es podeng manten, tak ada salahnya untuk mencoba resep hidangan penutup satu ini. Es podeng manten bisa menjadi pilihan minuman segar untuk menemani aktivitas akhir pekan di rumah ataupun acara-acara seperti arisan, pernikahan, pengajian, dan lainnya.
 
Selain itu, es podeng manten juga bisa menjadi ide jualan rumahan yang menarik. Terlebih, es podeng manten kini terbilang sulit ditemui. Tentunya berjualan minuman satu ini bisa menjadi daya tarik sendiri lantaran terbilang unik, serta bisa dinikmati semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
 
Berikut adalah resep es podeng manten yang bisa Genhype coba.
 

Resep Es Podeng Manten

Bahan-bahan Setup Buah:

  • 1/2 buah pepaya mengkal berukuran kecil
  • 1 buah nanas
  • 800 ml air 
  • 2 biji kayu manis
  • 6 buah cengkeh
  • 200 gram gula pasir
 

Bahan-bahan Kolang-Kaling:

  • 250 gram kolang-kaling putih
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • Pewarna makanan warna merah secukupnya
  • 2 lembar daun pandan


Bahan-bahan Agar-Agar:

  • 1 bungkus agar-agar coklat
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 8 sdm gula pasir
  • 8 sdm gula pasir
  • 2 sachet susu kental manis rasa coklat
  • 600 ml susu cair
  • 600 ml air
 

 

Cara Membuat:

  1. Buat setup buah pepaya terlebih dahulu. Kupas dan potong buah pepaya menggunakan pisau acar agar hasilnya cantik.
  2. Siapkan panci, masukkan pepaya, 100 gram gula pasir, 400 ml air putih, 3 buah cengkeh, dan 1 buah kayu manis.
  3. Rebus buah sambil diaduk hingga airnya mendidih lalu matikan kompor dan sisihkan.
  4. Lanjut membuat setup buah nanas. Usahakan pilih nanas yang telah matang sempurna dan rasanya manis. Kupas dan potong nanas dengan ukuran sedang atau sesuai selera.
  5. Siapkan panci, masukkan buah nanas, 100 gram gula pasir, 400 ml air putih, 3 buah cengkeh, dan 1 buah kayu manis.
  6. Rebus buah sambil diaduk hingga airnya mendidih lalu matikan kompor dan sisihkan.
  7. Lanjut membuat kolang-kaling merah. Siapkan panci lalu masukkan air, gula pasir, dan daun pandan. Rebus hingga airnya mendidih.
  8. Masukkan kolang-kaling dan sedikit pewarna makanan lalu rebus kembali hingga air mendidih dan agak menyusut. Pastikan juga tekstur kolang-kaling telah empuk, lalu sisihkan.
  9. Kemudian buat agar-agarnya. Buat agar-agar coklat terlebih dahulu. Siapkan panci masukkan agar-agar coklat, 8 sdm gula pasir, kental manis coklat, dan 600 ml air, lalu rebus hingga mendidih. Tiriskan dalam loyang persegi.
  10. Lanjut buat agar-agar plain. Siapkan panci masukkan agar-agar plain, 8 sdm gula pasir dan 600 ml susu cair, lalu rebus hingga mendidih. Tuangkan di atas agar-agar coklat dalam loyang persegi. Tunggu hingga mengeras.
  11. Jika sudah mengeras, iris agar-agar berbentuk persegi menggunakan pisau acar agar tampilannya cantik.
  12. Siapkan mangkok, masukkan es batu secukupnya, setup buah pepaya dan nanas, kolang-kaling, dan agar-agar. Tuang sisa air rebusan setup secukupnya atau bisa juga menuangkan sirup sederhana yang terbuat dari rebusan air dan gula pasir. Es Podeng Manten siap dinikmati.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Anak-anak Rentan Kena Meningitis, Begini Cara Mencegahnya

BERIKUTNYA

11 Ide Kegiatan Hari Kartini 2024 di Sekolah yang Seru & Edukatif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: