Peringatan Hari Kartini biasanya diadakan dengan pawai baju adat (Sumber gambar: nax pKyY/Unsplash)

5 Cara Seru & Berkesan untuk Memperingati Hari Kartini

21 April 2022   |   10:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Peringatan Hari Kartini tiap tanggal 21 April menjadi momentum untuk mengenang kembali perjuangan R.A. Kartini demi kesetaraan perempuan Indonesia khususnya dalam mengakses pendidikan tinggi. Mulai diperingati pada 1964, penetapan Hari Kartini merujuk pada tanggal kelahiran pahlawan nasional asli Jepara, Jawa Tengah, tersebut.

Hari Kartini biasanya diperingati dengan meriah. Di sekolah-sekolah misalnya, biasanya akan diadakan pawai dengan mengenakan baju-baju adat dari seluruh daerah di Tanah Air. Sayangnya, karena pandemi Covid-19, peringatan meriah itupun terpaksa urung dilakukan.

Meski begitu, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kartini agar tetap seru dan berkesan. Berikut adalah 5 diantaranya.

1. Buat persembahan melalui media sosial
Pada Hari Kartini seperti hari ini, tak ada salahnya kalau kita mengungkapkan pandangan kita terhadap perjuangan yang telah dilakukan Kartini. Kamu bisa menuliskannya di media sosial, dampak apa saja yang kamu rasakan terkait perjuangan Kartini dalam meraih kesetaraan bagi perempuan. Dengan begitu, kamu juga bisa menginspirasi orang lain untuk ikut merasakan perjuangan Kartini.

2. Quality time bersama ibu
Peringatan Hari Kartini juga dapat dimaknai sebagai hari bagi seluruh perempuan di Indonesia, tak terkecuali para ibu. Ibu adalah sosok Kartini masa kini yang punya peran besar dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, pada Hari Kartini, tidak ada salahnya untuk menyenangkan hati ibu dengan berbagai cara. Misalnya makan bersama ibu, menonton film, hingga sekedar berbincang dan bercanda bersama.

(Baca juga: Mengenang Peran R.A. Kartini, Pembawa Cahaya dalam Kegelapan)
 

Leah Hetteberg

Quality time bersama ibu bisa menjadi cara peringati Hari Kartini (Sumber gambar: Leah Hetteberg/Unsplash)


3. Berbagi ilmu dengan orang sekitar
Salah satu kisah Kartini yang banyak diingat adalah perjuangannya mencerdaskan kaum perempuan. Kita dapat mencontoh dan merealisasikannya di kehidupan modern seperti sekarang. Salah satunya adalah dengan berbagi ilmu yang bermanfaat. Dimulai dari orang-orang terdekat kita, misalnya mengajarkan adik belajar dan mengajarkan berbagai macam hal yang bermanfaat.

4. Berdonasi dan membantu sesama 
Memperingati Hari Kartini bisa dilakukan dengan berdonasi untuk membantu sesama. Saat ini, sudah banyak platform donasi yang bisa kamu gunakan untuk menyalurkan bantuan. Berdonasi adalah salah satu cara kita memberikan dampak untuk orang yang membutuhkan, terutama di masa yang serba sulit seperti sekarang ini.

5. Memberikan hadiah untuk Kartini versimu
Selain ibu, dalam kehidupan pasti kita mempunyai sosok wanita spesial yang menginspirasi seperti Kartini seperti nenek, kakak perempuan, bibi atau pengasuh perempuanmu saat kecil. Di momen Hari Kartini, kamu bisa mempersembahkan hadiah terbaik untuk mereka yang punya peran besar untuk hidupmu.



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Mengenang Peran R.A. Kartini, Pembawa Cahaya dalam Kegelapan

BERIKUTNYA

Jangan Lupa Bawa Toolkit Ini Saat Mudik Bersepeda Motor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: