Hari Kartini (Sumber Foto: Freepik)

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kartini 2024 untuk Para Perempuan Inspiratif

21 April 2024   |   08:54 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 21 April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964, telah menetapkan Kartini sebagai pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahirnya, 21 April yang diperingati sebagai Hari Kartini.

Raden Ajeng Kartini lahir pada 21 April 1879. Keluarganya merupakan kalangan terpandang, yakni bangsawan Jawa di Hindia Belanda. Ayahnya adalah Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara. 

Kartini mengenyam pendidikan di sekolah dasar berbahasa Belanda. Ketika itu dia ingin terus bersekolah, tetapi perempuan Jawa pada masa tersebut dilarang menempuh pendidikan tinggi. Kartini yang merasa situasinya sangat tidak adil, lalu menulis surat-surat berisi pemikirannya tentang kondisi sosial saat itu, terutama nasib para perempuan pribumi. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Baju Kebaya untuk Hari Kartini 2024, Cantik nan Anggun

Sebagian besar surat-suratnya berisi keluhan dan gugatan, khususnya menyangkut budaya Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar.

Surat-surat Kartini diterbitkan di sebuah majalah Belanda dan akhirnya, pada 1911, menjadi karya yang dibukukan. Ini termasuk karya-karya populernya sampai sekarang seperti Habis Gelap Terbitlah Terang, Kehidupan Perempuan di Desa, dan Surat-Surat Putri Jawa. 

Nah Genhype, Kartini telah berjasa memperjuangkan hak-hak perempuan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah ucapan Selamat Hari Kartini yang bisa kamu bagikan untuk para perempuan hebat dalam hidupmu. 
  1. Selamat Hari Kartini! Semoga semangat perjuangan Kartini selalu menginspirasi kita untuk terus memperjuangkan kesetaraan dan keadilan bagi perempuan di Indonesia.
  2. Selamat Hari Kartini, mari kita bersama-sama wujudkan impian Kartini akan kesetaraan gender dan kemajuan sosial di Indonesia.
  3. Selamat Hari Kartini! Mari kita terus menginspirasi satu sama lain untuk menjadi perempuan yang kuat dan mandiri seperti Kartini, serta mendukung kesetaraan gender di semua lapisan masyarakat.
  4. Melalui momentum Hari Kartini, mari kita terus berupaya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perempuan dalam meraih impian dan potensi terbaik mereka.
  5. Selamat Hari Kartini, mari rayakan semangat dan dedikasi Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan kemajuan sosial di Indonesia. .
  6. Bersama semangat Kartini, mari kita terus memperjuangkan hak-hak perempuan dan mendorong kemajuan sosial di Indonesia. Selamat Hari Kartini!
  7. Hari Kartini adalah momen untuk merayakan perjuangan dan prestasi perempuan. Semoga kita semua dapat menjadi agen perubahan seperti Kartini. Selamat merayakan hari yang istimewa ini.
  8. Selamat Hari Kartini! Mari kita terus meneladani semangat dan dedikasi Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.
  9. Selamat Hari Kartini! Semoga semangat dan visi Kartini terus membimbing langkah-langkah kita dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi semua perempuan di Indonesia.
  10. Dengan semangat Kartini, mari kita menciptakan dunia di mana setiap perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya dan berprestasi.
  11. Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan yang gigih dan berani mengejar impian mereka. Jadilah penerus Kartini dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan.
  12. Hari Kartini adalah momen untuk merayakan kekuatan, keberanian, dan keindahan perempuan. Selamat Hari Kartini untuk semua wanita Indonesia!
  13. Selamat Hari Kartini! Mari kita terus menunjukkan bahwa perempuan mampu berkontribusi secara luar biasa dalam segala bidang kehidupan. Bangga menjadi perempuan!
  14. Untuk semua wanita tangguh yang berkontribusi untuk pembangunan negeri, selamat merayakan Hari Kartini! Teruslah bersinar dan menginspirasi!
  15. Selamat Hari Kartini! Jadilah seperti bunga yang mekar, memancarkan keindahan dan kebaikan di sekitarmu untuk dunia yang lebih baik!
Baca juga: Hypereport: 10 Sosok 'Kartini' Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Deretan Perempuan Terkaya di Indonesia

BERIKUTNYA

Biografi R.A. Kartini, Pejuang Emansipasi Wanita Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: