Ilustrasi Xbox (Sumber gambar: Unsplash/Sam Pak)

Microsoft Kembangkan Chatbot AI untuk Xbox, Ini Keunggulannya

05 April 2024   |   07:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Microsoft telah menambahkan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) hampir ke semua produknya, dari mesin pencari Bing hingga PowerPoint. Sekarang mereka juga sedang menguji teknologi kecerdasan buatan ini di Xbox.

Microsoft ingin membangun sebuah chatbot AI yang nantinya bisa menggantikan staff customer support. Saat ini chatbot AI tersebut masih dalam tahap pengujian bertahap dengan memberikan beberapa pertanyaan umum.

Baca juga: Strategi Baru Xbox, Game Eksklusif Multiplatform & Konsol Next-Gen Mutakhir

Melansir The Verge, Chatbot tersebut akan diberi nama Xbox Support Virtual Agent. Sejauh ini pengujian baru dilakukan secara internal. Namun, belakangan jumlah pengujiannya diperluas dalam beberapa hari terakhir.

Pengujian secara luas ini juga memberikan petunjuk kalau suatu saat nanti, penggunannya AI bisa jadi akan makin kompleks. Chatbot AI diproyeksikan bisa menangani permintaan dan kebutuhan dari para pelanggan Xbox

Chatbot AI ini nantinya akan terkoneksi dengan berbagai dokumen support dari Microsoft untuk jaringan dan ekosistem Xbox. Nantinya Chatbot ini bisa membantu pengguna dalam mengatasi berbagai kendala dan keluhan yang dilayangkan oleh pelanggan.

Ketika pengguna memakai sistem ini, Chatbot akan memulainya dengan bertanya kepada pengguna “Apa yang bisa saya bantu hari ini?” Sistem kemudian akan dengan cepat menanggapi berbagai permintaan dukungan, dari Xbox yang rusak hingga membantu menyelesaikan masalah pengguna yang dengan langganan berbayar.

Haiyan Zhang, manajer umum gaming AI Xbox mengamini kalau perusahaannya sedang melakukan uji coba AI untuk Xbox. Namun, dia menyebut sekarang ini proyek ini masih dalam prototipe.

“Prototipe ini akan memudahkan dan mempercepat pengguna untuk mendapatkan bantuan terkait topik dukungan menggunakan bahasa alami, mengambil informasi dari halaman Dukungan Xbox yang ada.” Kata Zhang, dikutip Hypeabis.id dari The Verge, Kamis (4/4/2024).
 

Ilustrasi Xbox (Sumber gambar: Unsplash/ Billy Freeman)

Ilustrasi Xbox (Sumber gambar: Unsplash/ Billy Freeman)


Prototipe Microsoft Xbox chatbot adalah bagian dari upaya yang lebih luas di dalam Microsoft Gaming untuk menghadirkan fitur dan alat yang didukung AI ke platform-nya. Di luar itu, rencana lain yang lebih besar juga diketahui tengah digodok oleh Microsoft saat ini.

Mereka sedang berupaya menghadirkan fitur AI untuk pembuatan konten game, pengoperasian game, serta platform dan perangkat Xbox-nya. Hal ini termasuk bereksperimen dengan pelibatan seni dan aset yang dihasilkan AI untuk game, pengujian game AI, dan NPC AI generatif.

Microsoft juga mempertimbangkan untuk membangun Copilot yang didukung AI untuk tugas-tugas keselamatan dan moderasi, termasuk di konten platform Xbox. Ke depan, mereka juga sedang menyusun sebuah sistem baru bertenaga AI ke dalam game untuk memberikan bantuan bagi pemain yang ingin mendapatkan dukungan tambahan saat mereka bermain.

Terlebih, dalam pertemuan Xbox awal tahun ini, The Verge menyebut petinggi Microsoft menguraikan visi Xbox Everywhere yang di dalamnya termasuk ada “inovasi AI” yang jadi sorotan.

Inovasi AI ini adalah bagian penting dari ambisi tersebut. Perusahaan Amerika Serikat ini ingin serius membangun ekosistem perangkat dan platform Xbox yang memungkinkan pemain bermain di mana pun mereka mau.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cermin Elastisitas Budaya & Agama dalam Pameran Harmony in Hues di WTC Jakarta

BERIKUTNYA

Kemdikbud Kembali Hadirkan Program Mudik Asyik Baca Buku, Cek Lokasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: