Salah satu koleksi milik Lee Kun-hee (Dok. Situs resmi MMCA)

Korsel akan Bangun Museum untuk 23.000 Koleksi Seni Mantan Miliarder Samsung

14 July 2021   |   16:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melalui Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata  berencana membangun museum baru di Seoul untuk memamerkan sejumlah ribuan koleksi seni milik mendiang Ketua raksasa industri teknologi Samsung Group, Lee Kun-hee.

Saat ini, pemerintah Korsel sedang mempertimbangkan dua tempat di pusat kota Seoul yang akan dijadikan lokasi museum tersebut yaitu halaman Museum Nasional Korea di Distrik Yongsan dan sebuah lahan kosong besar yang sebelumnya digunakan untuk perumahan kedutaan AS di Songhyeon-dong Distrik Jongno.

“Karena Museum Nasional Korea dan MMCA adalah anggota komite, mereka akan sepenuhnya bekerja sama dalam memindahkan karya yang disumbangkan ke museum baru nanti. Kami akan memutuskan lokasi final untuk museum seni baru ada akhir 2021,” kata Menteri Kebudayaan Hwang Hee dikutip dari Korea Times, Rabu (14/7).
 
Lee Kun-hee
Diketahui, pada bulan April lalu, keluarga Lee menyumbangkan sebanyak 23.181 karya seni kepada dua museum yaitu ke Museum Nasional korea sebanyak 21.639 karya dan sebanyak 1.488 karya ke Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer (MMCA).

Kedua museum itu akan memajang karya seni Lee tersebut mulai 21 Juli mendatang dan menjelang pameran itu, beberapa di antaranya akan dipamerkan juga di dua museum umum di Gwangju dan Daegu yang menampilkan masing-masing 30 dan 21 karya dari koleksi milik Lee.

Sementara itu, Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan juga berencana untuk bekerja sama dengan museum dan galeri seni di luar negeri, termasuk Museum Seni Los Angeles County dan Museum Seni Metropolitan di New York, untuk memamerkan karya-karya yang disumbangkan ke luar negeri.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Mengenal Adat Tumper Dalam Perkawinan Suku Osing

BERIKUTNYA

Episode 6 Serial Loki Tayang Hari Ini, Kenalan Yuk dengan 5 Variannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: