Sejumlah fitur memperoleh AI di gawai pintar Galaxy S24 series (Sumber gambar: Samsung)

Canggih, 5 Fitur di Galaxy S24 Series Ini Pakai Teknologi AI

18 January 2024   |   11:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam Galaxy S24 series yang baru dirilis. Hal itu bisa membuat konsumen memiliki pengalaman yang berbeda saat menggunakannya.

TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics, menuturkan bahwa Galaxy AI memperkenalkan sebuah kecerdasan penuh makna yang dirancang untuk membuat setiap aspek kehidupan menjadi lebih baik.

“Khususnya terkait peran smartphone yang paling fundamental yaitu komunikasi,” ujarnya seperti dikutip dikutip dari laman resmi Samsung.

Baca Juga: Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S24, S24+, & S24 Ultra

Fitur berbass AI yang disematkan seperti penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional membuat kendala perbedaan bahasa jadi tidak begitu berarti. Dengan begitu, berbicara dengan teman dari luar negeri atau membuat reservasi saat liburan di negara lain dapat menjadi lebih mudah.

Selain komunikasi, kecerdasan buatan yang tersemat di dalam gawai ini juga dapat memudahkan pengguna dalam berbagai aktivitas. Salah satu di antaranya adalah ketika individu harus membuat catatan dalam bekerja.

Kemudian, pengguna juga dapat berselancar di dunia maya dengan lebih advanced karena dapat memahami karakter individu yang menggunakannya. Tidak hanya itu, bagi pencinta fotografi, gawai pintar ini juga menawarkan pengalaman yang mumpuni.

Baca Juga: Sebelum Beli, Cek Perbedaan Samsung Galaxy S24, S24+, S24 Ultra

Berikut fitur-fitur yang tersemat di dalam gawai pintar Samsung Galaxy S24 series:
 

1. Live Translate

Fitur pertama yang terdapat di dalam gawai pintar ini dan menjadi bagian dalam Galaxy AI adalah Live Translate. Keberadaannya memungkinkan pengguna gawai pintar Galaxy S24 series memahami bahasa lawan komunikasinya yang berbeda negara.

Live Translate merupakan fitur penerjemah suara dan teks dua arah yang dapat berfungsi secara real-time saat panggilan telepon konvensional. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk dapat menggunakannya. Selain itu, gawai ini juga memiliki on-device AI yang mampu menjaga percakapan dapat tetap aman sepenuhnya.
 

2. Interpreter

Interpreter menjadi fitur lain yang terdapat di dalam gawai pintar Samsung Galaxy S24 series. Fitur ini membuat percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan melalui tampilan split-screen dalam perangkat.

Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, individu bisa seketika membaca hasil transkipsi dari apa yang dikatakan oleh orang lain. Pengguna dapat memanfaatkan fungsi ini tanpa koneksi data seluler atau Wi-Fi.
 

3. Chat Assist

Tidak jarang pesan dari komunikator ke komunikan melaluii teks disalah artikan atau tidak sesuai dengan tujuan awal. Kondisi ini dapat terjadi – salah satunya – karena ketiadaan nada bicara dalam pesan tulisan.

Fitur Chat Assist dapat membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan setiap pesan terdengar seperti yang dimaksud oleh pengirimnya, baik saat mengirim ke teman kerja atau ketika membuat konten di media sosial.

Pengguna juga bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat kecerdasan buatan yang terintegrasi di Samsung Keyboard.
 

4. Android Auto

Fitur lain yang terdapat dalam gawai pintar Galaxy S24 series dengan Galaxy AI adalah Android Auto. Keberadaannya membuat berkirim pesan lebih praktis jika dibandingkan dengan biasanya.

Android Auto dapat secara otomatis merangkum pesan-pesan yang masuk ke gawai pintar Galaxy S24 series dan memberikan saran balasan dan tindakan yang tepat kepada pemilik gawai.
 

5. Note Assist & Transcript Asssist

Note Assist di Samsung Notes juga tidak lepas dari kecerdasan buatan dalam gawai pintar ini. Keberadaan artificial intelligence di fitur itu berfungsi membuat ringkasan, template guna menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali.

Teknologi kecerdasan buatan juga hadir dalam Transcript Assist dan fungsi speech-to-text di gawai pintar Samsung Galaxy S24 series. Kehadiran kecerdasan buatan itu memungkinkannya mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara – bahkan ketika ada banyak orang yang bicara.


Baca Juga: Bikin Penasaran, Samsung Kasih Bocoran Tampilan Galaxy AI

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Seleksi CPNS & PPPK Dibuka Mei 2024, Cek Rincian Formasinya

BERIKUTNYA

Spoiler, One Piece Bab 1.104 Bercerita Tentang Serangan Kuma Kepada Saturn

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: