Ilustrasi suasana kerja di kantor. (Sumber gambar: Paymo/Unsplash)

6 Kiat Agar Produktif Kembali Seusai Libur Lebaran

15 April 2024   |   14:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Cuti bersama libur Lebaran telah usai. Kini, masyarakat khususnya pekerja kembali bersiap untuk menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari. Namun, sebagian dari kalian mungkin merasa kurang semangat atau bergairah untuk kembali bekerja setelah libur panjang. Oleh karena itu, diperlukan kiat-kiat untuk mengembalikan energi dan semangat dalam bekerja pascaliburan.

Hasil survei yang dilakukan oleh Zapier menemukan bahwa sebanyak 87 persen pekerja mengaku ada beberapa hal yang mereka takuti ketika kembali bekerja setelah libur panjang. Kembali ke rutinitas adalah hal utama yang para pekerja takuti setelah libur panjang sebagaimana diakui oleh 37 persen responden. 

Baca juga: Tip Mencari Kerja Setelah Lebaran, Perbarui CV sampai Latihan Wawancara

Disusul dengan beberapa alasan lainnya seperti takut kembali mengejar pekerjaan administratif (31 persen), merasa kewalahan dengan kesibukan kerja (27 persen), mengalami post vacation blues (27 persen), takut menghadapi tumpukan email/pesan yang belum dibaca (26 persen), merasa kewalahan dengan jadwal yang padat (25 persen), serta merasa tidak bisa mengerjakan tugas (23 persen).

Termasuk, merasa tidak produktif saat mereka mengejar pekerjaan yang terlewat (20 persen), kehilangan keputusan penting yang dibuat selama ketidakhadiran mereka (18 persen), menghadapi pekerjaan yang tertunda karena ketidakhadiran mereka (18 persen), dan kehilangan kendali atas pekerjaan mereka (17 persen).
 

Linkedin Sales Solution

Mengobrol bersama rekan kerja bisa membuat suasana hati lebih baik untuk bekerja setelah liburan. (Sumber gambar: Linkedin Sales Solution/Unsplash)

Sebagian dari kalian mungkin ada yang mengalami hal-hal kurang nyaman seperti itu. Jika ya, berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengembalikan energi dan semangat untuk bekerja setelah libur panjang seperti dihimpun dari berbagai sumber.


1. Bersihkan rumah dan ruang kerja

Sebelum kembali ke rutinitas pekerjaan, kalian bisa memulainya dengan membersihkan rumah yang ditinggal selama beberapa hari untuk liburan. Selesaikan semua pekerjaan rumah tangga dan tugas-tugas biasa yang mungkin mengganggu kalian selama hari-hari kerja.

Begitupun dengan ruang kerja baik di rumah ataupun di kantor. Pastikan ruang kerja kalian sudah bersih dan rapi sebelum mulai kembali bekerja, sehingga secara tidak langsung dapat membangkitkan suasana dan semangat untuk memulai hari yang produktif. 


2. Memulai hari lebih awal

Penting untuk beristirahat yang cukup sebelum kembali bekerja pascaliburan. Usahakan untuk tidak tidur larut malam atau begadang ketika kalian harus kembali bekerja pada keesokan paginya. Hal itu dilakukan agar kalian bisa memulai hari lebih awal dengan santai, rileks, dan tidak terburu-buru untuk berangkat ke kantor.

Mengutip dari Forbes, usahakan bangun satu jam lebih awal misalnya pada pukul 5 pagi untuk melakukan peregangan, berdoa, atau minum secangkir teh untuk membuat tubuh siap kembali menjalani rutinitas sehari-hari. Memulai hari lebih awal adalah cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi rutinitas setelah libur panjang.


3. Buat daftar prioritas pekerjaan

Kembali bekerja setelah liburan bisa membuat hari-hari kalian mendadak dipenuhi deadline, tanggung jawab mendesak, dan rapat yang sangat melelahkan. Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk menyusun strategi rencana aktivitas serta membuat daftar prioritas tugas.

Menukil situs Chanty, kalian bisa memprioritaskan tugas yang mendesak dan penting untuk diselesaikan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan tugas yang bisa dikerjakan saat waktu luang. Sementara untuk tugas yang tidak mendesak, kalian bisa melupakannya sejenak agar tidak rentan merasa lelah saat hari pertama bekerja pascaliburan.

Dengan memetakan beberapa hal yang harus dilakukan, kalian akan mendapatkan arah yang lebih baik, ketenangan pikiran, dan kejernihan yang lebih baik. Ini juga akan membantu memberdayakan kalian untuk menghilangkan kecemasan memulai pekerjaan setelah liburan. Lebih baik melakukannya sedikit lebih lambat dan memeriksa ulang semuanya, daripada terburu-buru menyelesaikannya, dan kemudian harus mengulangi seluruh tugas setelahnya. 


4. Mulai dengan pekerjaan yang ringan

Jangan buat diri kalian seketika sibuk dan harus bekerja keras pada saat hari pertama kerja setelah liburan. Usahakan jangan langsung mengerjakan hal-hal yang membutuhkan banyak fokus dan konsentrasi. Sebaliknya, mulailah rutinitas dengan mengerjakan tugas-tugas yang ringan misalnya mengecek email, membaca dokumen, dan menyiapkan laporan. 

Jika memungkinkan, hindari kegiatan-kegiatan seperti pertemuan, penjualan, dan negosiasi pada hari-hari pertama setelah kalian kembali bekerja dari liburan. Mengambil tugas yang rumit dan tidak terstruktur akan membuat kalian justru langsung kelelahan. 


5. Santai sejenak dengan rekan kerja

Meskipun langsung dihadapkan dengan pekerjaan, usahakan untuk santai sejenak dengan rekan kerja saat waktu istirahat di kantor. Mengutip dari situs Amaris Consulting, membicarakan tentang liburan, pengalaman, dan hal-hal seru selama liburan membantu mengurangi tingkat stres sekaligus kalian mengetahui apa yang sedang terjadi di kantor. 

Baca juga: Ada 1.800 Lowongan Kerja, Simak Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Komunikasi antar rekan satu tim berdampak positif di tempat kerja, mempengaruhi suasana kerja antar karyawan, manajer, dan lingkungan perusahaan. Pada akhirnya, percakapan dengan rekan kerja dapat membuat minggu pertama bekerja setelah liburan menjadi lebih menyenangkan.


6. Istirahat yang cukup

Lantaran masih dalam masa transisi antara waktu pascaliburan dan kembali ke rutinitas sehari-hari, usahakan kalian mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah selesai bekerja, usahakan untuk segera pulang ke rumah dan beristirahat, alih-alih mengerjakan tugas di luar jam kantor (lembur) ataupun main bersama teman. Penting untuk istirahat dan tidur yang cukup guna menjaga energi tubuh pasca libur panjang serta terhindar dari rasa kelelahan.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

3 Fakta Menarik Jamuan Makan Malam Mewah PM Jepang di Gedung Putih AS

BERIKUTNYA

Destinasi Wisata Iran yang Cantik & Memesona, dari Kota Tua sampai Istana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: