Ilustrasi CV atau resume online untuk JobStreet Virtual Career Fair. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Simak 5 Tips Bikin CV yang Auto Dilirik Perusahaan

09 December 2022   |   09:31 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang baru menyelesaikan pendidikan seringkali bingung bagaimana caranya mendaftar pekerjaan impian. Hal ini tentu tidak aneh karena selalu ada pengalaman pertama. Terkait dengan hal ini, salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik adalah curriculum vitae (CV) atau resume

CV adalah senjata utama para pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Ini menjadi sumber informasi dan tolok ukur yang penting bagi perusahaan dalam menilai apakah kamu layak atau tidak bergabung dengan mereka. Oleh karena itu, jangan asal dalam membuatnya ya Genhype.

Nah buat kalian para fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan - salah satu gelaran yang bisa diikuti adalah JobStreet Virtual Career Fair yang dibuka sampai besok, Sabtu 10 Desember, berikut ini beberapa hal penting yang sebaiknya dicantumkan dalam CV kalian. SImak yuk! 

Baca jugaHati-Hati Penipuan! Begini Cara Menghindari Lowongan Pekerjaan Palsu


1. Profil

Informasi paling penting yang harus ada di dalam CV adalah profil pencari kerja. Kalian harus memasukkan nama lengkap, nomor handphone, alamat tempat tinggal, serta email agar perusahaan mudah menghubungi kamu untuk panggilan interview. Pastikan juga kamu memasang foto profil yang baru dan sesuai ya. 


2. Pendidikan 

Tidak perlu dari tingkat dasar, cukup cantumkan dua pendidikan terakhir kamu. Kendati demikian, sertakan detail dari setiap pendidikan, mulai dari nama institusi pendidikan, tanggal kelulusan, gelar akademik, jurusan, IPK, dan informasi tambahan mengenai pendidikan kamu.
 
Perhatikan pula kualifikasi pendidikan kamu sesuai lowongan yang tersedia agar kamu bisa dipilih. Tingkat pendidikan juga penting bagi perusahaan untuk mencari kandidat paling sesuai.


3. Keterampilan

Cantumkan semua keterampilan yang kamu kuasai, baik soft skills maupun hard skills. Kamu juga bisa mencantumkan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu incar. Sesuaikan tingkat dari setiap keterampilan yang kamu cantumkan, mulai dari tingkat pemula (beginner) hingga tingkat lanjutan (advanced) ya.


4. Bahasa

Mencantumkan penguasaan bahasa asing, seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang bisa jadi nilai tambah dalam CV atau resume kamu. Sertakan juga masing-masing tingkat kemahiran bahasa dalam skala 1-10 untuk kemahiran lisan dan tulisan. Kamu bisa menggunakan fitur Penilaian Bahasa Inggris JobStreet (JELA) lho. Nantinya, hasil tes kemampuan bahasa Inggris ini bisa kamu tampilkan atau sembunyikan dari profil JobStreet yang telah kamu buat sebelumnya.


5. Pengalaman 

Pada bagian ini, kamu perlu mencantumkan pengalaman berorganisasi maupun saat magang atau bekerja. Di setiap pengalaman, cantumkan nama posisi, nama perusahaan, rentang waktu pekerjaan, dan poin-poin tugas yang kamu lakukan sebagai keterangan kerja. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi bagian industri, spesialisasi, dan tingkat posisi dari setiap pengalaman yang kamu cantumkan. 

Baca jugaCek Nih, 5 Pekerjaan dengan Prospek Masa Depan Cerah 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Bahayakah 'Virus Zombie' yang Berusia Ribuan Tahun? Ini Kata Peneliti

BERIKUTNYA

Celine Dion Mengidap Penyakit Saraf Langka Stiff Person Syndrome, Ini Gejala Hingga Risikonya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: