Ilustrasi interview kerja (Sumber gambar: Unsplash/Tim Gouw)

Fresh Graduate Merapat! Intip 7 Kiat Sukses Mencari Kerja dari JobStreet Ini

26 June 2023   |   17:17 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mencari kerja memang gampang-gampang susah. Terlebih bagi fresh graduate atau lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja di dunia profesional. Oleh karena itu penting untuk membangun citra personal melalui resume atau curriculum vitae yang tepat agar segera dilirik perusahaan yang diincar.

Selain aktif berjejaring dengan para profesional atau melongok website penyedia lowongan kerja, membangun personal branding memang menjadi salah kiat khusus bagi para kandidat kerja. Sebab, dengan cara tersebut nantinya mereka akan lebih mudah dikenal saat perusahaan mencari kandidat untuk mengisi jabatan tertentu.

Baca juga: Hypereport: Kiat Menemukan Karier yang Tepat Bagi Fresh Graduate

Lantas, kiat apa saja yang harus dilakukan oleh kandidat kerja agar mereka segera dilirik oleh perusahaan yang diincar? Dihimpun Hypeabis.id dari wawancara tertulis dengan JobStreet by SEEK berikut tujuh hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan melamar kerja ke perusahaan-perusahan terbaik di bidangnya.


1. Riset Perusahaan yang Diincar

Sebelum melamar ke sebuah perusahaan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset terhadap perusahaan serta jabatan yang ingin dilamar. Dengan melakukan riset, kandidat dapat terlihat menjadi calon pekerja terdepan dengan pengetahuan yang baik mengenai perusahaan serta jabatan yang kalian incar  sebagai profesi ke depannya.


2. Update CV dan Siapkan Cover Letter

Setelah melakukan riset, pastikan sudah memperbarui CV sesuai dengan jabatan pekerjaan sebelumnya (jika sudah bekerja) dan siapkan cover letter yang menarik  bagi fresh graduate agar mudah dilirik oleh perekrut. Selain itu, kandidat juga dapat menambahkan beberapa keyword atau kata kunci yang sesuai dengan minat dan keahlian, sehingga dapat menarik perhatian perekrut dengan mudah. 

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui Fresh Graduate saat Menulis Cover Letter


3. Perbarui Profil di Laman Pencari Kerja

Jika telah melakukan update terhadap CV, kandidat harus memastikan juga telah memperbarui data maupun pencapaian terbaru yang didapatkan di kantor sebelumnya. Pada profil JobStreet misalnya, kalian bisa memperbarui skill baru yang telah dipelajari beberapa tahun terakhir di kampus. Hal ini tentunya akan dapat mempermudah perekrut untuk melakukan seleksi terhadap kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan mereka.


4. Temukan Potensi Terbaik 

Menemukan potensi secara tidak langsung adalah langkah yang tepat saat membuat resume kerja yang baik. Misalnya, apakah kamu memiliki kemampuan spesifik dalam bidang kerja yang sedang dilamar atau tidak. Selain itu rencanakan juga potensi apa yang dapat kalian bawa ke perusahaan jika nanti diterima serta bagaimana memaksimalkan hal tersebut.

Mengenali diri sendiri, perusahaan, dan menemukan bagaimana keduanya dapat membawa keuntungan adalah awal mula dari membuat resume kerja yang baik. Selain itu, penting juga bagi pelamar kerja untuk mencantumkan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang diincar. Setelah itu, kamu dapat mulai menyusun dari pengalaman terbaru atau yang terakhir kamu lakukan untuk ditulis di CV. 


5. Gunakan Keywords yang Tepat

Keywords yang tepat adalah menyesuaikan penggunaan kata, frasa, atau bahkan ide utama kalimat yang terdapat dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut ke dalam CV kamu. Hal ini penting karena banyak perusahaan memasang iklan lowongan pekerjaan, yang akan menggunakan sebuah sistem yang bernama ATS (Applicant Tracking System). 

Sistem ATS akan mempermudah dan mempercepat tugas penyaringan kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan sesuai dengan keywords atau kata kunci yang dimasukkan oleh perekrut. Pastikan juga kalian membaca deskripsi pekerjaan secara teliti dengan persyaratan, kualifikasi, keterampilan yang wajib dimiliki, serta deskripsi kerja yang dituliskan dalam iklan lowongan pekerjaan. 


6. Sertakan Keterampilan Teknis & Soft Skill 

Di bagian skills, Genhype bisa mencantumkan semua skills yang kalian punya, yang sesuai dengan posisi yang sedang kamu incar. Misal, kalian mengincar posisi Social Media Specialist, maka pastikan untuk mencantumkan kemampuan analisis data, copywriting atau storytelling, dan optimalisasi SEO. Dengan melakukan hak tersebut setidaknya kalian memiliki peluang lebih besar untuk dilirik oleh perekrut kerja.


7. Sesuaikan Perusahaan dengan Passion 

Selain kualifikasi dan keterampilan, perekrut juga mencari pelamar yang menunjukkan kepribadian, sikap, dan nilai yang selaras dengan perusahaan. Oleh karena itu, membuat resume yang menunjukkan bahwa kalian memiliki kecocokan dengan visi dan misi perusahaan merupakan hal yang sangat penting dan tentunya membuat potensi kamu untuk, dilirik jadi lebih besar.

Hal penting lainnya adalah membaca lowongan kerja dengan teliti sebelum melamar kerja di tempat tersebut. Lakukan ini untuk memastikan apa saja yang perlu kamu cantumkan dalam resume yang dibuat. Perhatikan kualifikasi pelamar yang dicari oleh perusahaan dan cocokkan dengan pengalaman serta minat dan kemampuanmu agar tidak salah dalam melamar kerja.

Baca juga: Simak Yuk, Kiat Bagi Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Buah Merah & Matoa, Tanaman Khas Papua yang Punya Segudang Manfaat

BERIKUTNYA

Resep Gecok Kambing Khas Semarang, Sajian Lezat Anti Mainstream pada Hari Raya Iduladha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: