Ilustrasi makanan sehat untuk diet (Sumber gambar: Unsplash/ Farhad Ibrahimzade)

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran, Cobain Yuk!

13 April 2024   |   14:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Makanan khas Lebaran yang memanjakan lidah terkadang membuat porsi makan seseorang bertambah. Efeknya, ada sebagian orang mengeluh karena mengalami kenaikan berat badan saat Lebaran akibat pola makan yang berubah secara drastis.

Ketika sedang merayakan Lebaran, orang memang cenderung melahap makanan dan minuman yang tinggi kalori secara berlebihan. Contoh makanan dan minuman tinggi kalori itu seperti makanan bersantan, minuman manis, bahkan ini termasuk juga kue kering.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kolesterol Pasca Lebaran

Namun, jangan khawatir karena kondisi kenaikan berat badan saat Lebaran sebenarnya bisa diatasi. Berat badan akan kembali normal secara sehat kalau pola makan seseorang sudah kembali normal.

Mengutip dari anjuran Kemenkes, ada beberapa cara alami dan sederhana yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk membantu menurunkan berat badannya. Berikut adalah beberapa caranya
 

1. Mulai rutin lagi beraktivitas fisik

Salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah dengan kembali berolahraga. Aktivitas fisik yang dilakukan teratur dapat menurunkan atau mempertahankan berat badan yang sehat. 

Dengan berolahraga, kalori di dalam tubuh tidak akan mengendap terlalu lama. Kalori tersebut justru berubah jadi energi. Mulailah berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari secara terukur. Pastikan juga untuk menjaga konsistensi sehingga bisa rutin dilakukan setiap harinya. 
 

2. Konsumsi gizi seimbang

Cara menurunkan berat badan bukanlah dengan mengurangi porsi makan secara ekstrem. Alih-alih hanya mengurangi frekuensi makan, sebaiknya diet yang dilakukan berfokus pada jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Kemenkes menyarankan agar diet selalu dilakukan dengan terlebih dahulu memenuhi angka kecukupan gizi. Jika tidak, tubuh justru akan merasakan lemas. Kemudian, kurangilah konsumsi GGL alias garam gula dan lemak. Batas maksimalnya adalah 1 sendok teh untuk garam, 4 sendok makan gula, dan 5 sendok makan lemak. 

Kemudian, penuhilah kebutuhan air putih sebanyak setidaknya 8 gelas penuh setiap hari. Lalu, jangan lupakan juga untuk selalu berpedoman pada gizi seimbang. 
 

3. Perhatikan pola tidur & istirahat

Meski terlihat sepele, tidur juga berpengaruh pada diet yang dilakukan oleh seseorang. Tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu seseorang menurunkan berat badan secara sehat. Selain itu, tidur juga membantu memetabolisme makanan, mengelola stres, dan tetap sehat. 
 

4. Hindari minuman manis

Salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah konsumsi gula dan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, langkah pertama dalam penurunan berat badan adalah mengurangi dua bahan makanan tersebut. Hindarilah minuman manis dengan gula atau kalori yang tinggi, seperti soda, smoothies, es teh manis, yoghurt, minuman berenergi, dan jus buah kemasan. 
 

5. Konsumsi air putih sebelum makan

Meminum air putih sebelum makan rupanya bisa jadi salah satu cara sederhana menurunkan berat badan. Biasakanlah minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat mencegah seseorang untuk makan terlalu banyak.

Dengan meminum air putih sebelum makan, seseorang akan lebih merasa cepat kenyang. Selain itu, hal ini juga membuat porsi makannya akan lebih sedikit, tetapi masih dalam tahapan yang terukur. 
 

6. Konsumsi makanan mengandung serat larut

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini tentu akan membuat porsi makan seseorang otomatis akan sedikit berkurang, tetapi dalam takaran yang sehat. Serat larut dapat diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambi biji, buah ara, dan oat.

Baca juga: 4 Resep Menu Maknyus Tanpa Daging dan Santan untuk Sajian Setelah Lebaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Aturan Seragam Sekolah Baru Tahun 2024: Jenis, Model, Warna, hingga Jadwal Pemakaiannya

BERIKUTNYA

5 Tip Mempersiapkan Arus Balik Lebaran 2024 Agar Tetap Aman & Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: