Libur Nasional Idulfitri 1445 H pada 10 - 11 April 2024 (Sumber gambar: Pexels/ Thirdman)

Daftar Libur Nasional & Cuti Bersama Lebaran 2024

14 March 2024   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

April akan menjadi bulan yang penuh dengan liburan. Selain libur nasional, pada bulan empat itu juga pemerintah menetapkan cuti bersama yang cukup panjang dan bisa dimanfaatkan oleh Genhype untuk menjalani liburan bersama keluarga.

Berdasarkan keputusan besama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 855, 3, dan 4 / 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, total libur nasonal dan cuti bersama mencapai 6 hari pada April 2024.

Dalam keputusan bersama 3 menteri itu, pemerintah menetapkan bahwa libur nasional April 2024 terjadi pada 10 – 11 April 2024 sebagai libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Sementara itu, cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah adalah pada 8-9, 12, dan 15 April 2024.

Baca Juga: Dari Amerika Utara hingga Skandinavia, Ini 4 Negara Paling Aman untuk Liburan 2024

Keputusan itu menyebutkan bahwa pelaksanaan cuti bersama akan mengurangi hak cuti pegawai/karyawan/pekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku terhadap setiap unit kerja/satuan organisasi/lembaga/perusahaan. Kemudian, pelaksanaan cuti bersama bagi lembaga atau instansi swasta diatur oleh pimpinan setiap perusahaan.

Untuk diketahui, momen lebaran membuat banyak orang melakukan perjalanan di dalam negeri. Kondisi ini membuat para operator transportasi melakukan berbagai kesiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bepergian.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan perusahaan menyiapkan lebih dari 1,4 juta kursi pernebangan pada periode arus mudik dan arus balik yang diperkirakan akan berlangsung pada 3 – 21 April 2024 untuk rute domestik dan internasional.

Komposisi ketersediaan kursi Garuda Indonesia Group tersebut terdiri dari sedikitnya 706.706 kursi Garuda Indonesia dengan mengoperasikan armada B777-300 ER, A330-300, A330-200, dan B737-800NG.

Sementara itu maskapai Citilink akan menyiapkan sedikitnya 710.660 kursi penerbangan yang akan dilayani dengan armada A320 dan ATR.

“Tidak dapat dipungkiri momentum lebaran tidak hanya menjadi momentum penting bagi kami untuk turut berkontribusi dalam menjembatani kebutuhan layanan penerbangan yang aman dan nyaman namun juga untuk mengoptimalkan geliat pertumbuhan penumpang pada periode ini," katanya.

Irfan menjelaskan, Garuda Indonesia Group akan fokus untuk mengoptimalkan kapasitas penerbangan di berbagai destinasi favorit domestik diantaranya seperti Padang, Solo, Palembang, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar pada periode peak season.

Dia menambahkan, perusahaan juga akan mengoperasikan penerbangan tambahan sedikitnya 170 penerbangan bagi Garda Indonesia. Sementara itu, Citilink berencana mengoperasikan sekitar 16 penerbangan tambahan.

“Tentunya proyeksi pengoperasian penerbangan tambahan ini akan terus bergerak dinamis sejalan dengan kebutuhan masyarakat jelang periode peak season nanti,” ujarnya.

Dia menuturkan bahwa optimalisasi kapasitas produksi yang dilaksanakan juga diselaraskan dengan optimisme pertumbuhan perjalanan udara yang diprediksikan akan terus tumbuh.

Irfan memperkirakan bahwa puncak arus mudik pada musim Lebaran 2024 ini akan terjadi pada 6 April dan puncak arus balik akan terjadi pada 13 April.

Baca Juga: Cek Sisa Kuota Tiket Kereta Api Jarak Jauh Untuk Mudik Lebaran 2024

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

WhatsApp Blokir Tangkapan Layar Foto Profil, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Genhype, Begini Siasat Mengatur Keuangan yang Sehat sampai Masa Tua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: