Rendang ayam, salah satu contoh makanan yang tinggi lemak jenuh (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

7 Cara Mengatasi Kolesterol Pasca Lebaran

12 April 2024   |   15:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sajian Lebaran selalu menggugah selera terutama ketika disantap bersama keluarga maupun kerabat. Menu yang dihadirkan pun terbilang lengkap dan menarik mata, mulai dari kue kering, hingga makanan bersantan seperti ketupat sayur, opor, hingga rendang. Namun jangan sampai kalap untuk mengonsumsinya ya, Genhype.

Mayoritas sajian Lebaran terbilang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam. Kandungan ini tentunya berisiko meningkatkan kolesterol yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyumbatan pembuluh jantung hingga stroke.

Baca juga :  Perbedaan Kalori Makanan Direbus dan Digoreng, dari Kentang hingga Ayam

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kuliner Lebaran yang ingin dikonsumsi. Buat kamu yang ingin tetap sehat, berikut beberapa cara menjaga kolesterol agar tidak melonjak pascalebaran.
 

1. Kurangi Lemak Jenuh


Dokter Spesialis Penyakit Jantung & Pembuluh Darah Eka Hospital Cibubur dr. Zakky Hazami menerangkan lemak jenuh sering ditemui pada makanan seperti daging sapi dan makanan yang mengandung santan. Oleh karena itu selama Lebaran, batasi makanan yang mengandung keduanya, baik itu rendang, opor dan gulai. 

Selain itu, hindari makanan seperti es krim, keju, hingga susu yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Jika ingin memakan jenis makanan ini, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.
 

2. Hindari Lemak Trans


Zakky menyebut lemak trans merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak trans sering ditemui pada kue-kue kering yang diolah menggunakan margarin, keripik, kerupuk, adonan kue, pizza, dan biskuit. Tetap batasi kue yang kamu konsumsi selama Lebaran ini.
 

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat


Serat berfungsi mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kolesterol pascalebaran yang efektif adalah mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran hijau, apel, pir, kacang merah, hingga toge.
 

4. Konsumsi Asamlemak Omega-3


Walau asam lemak omega-3 tidak menurunkan kolesterol secara langsung, mengonsumsinya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Asam lemak omega-3 dapat didapat dari makanan seperti salmon, makarel, alpukat, jambu biji, kembang kol, kacang kedelai hingga flaxseed.
 

5. Berolahraga & Aktivitas Fisik


Cara jaga kolesterol pascalebaran yang cukup ampuh lainnya adalah dengan berolahraga. Berolahraga dengan intensitas sedang seperti, jalan cepat, bersepeda, hingga berenang, selama 30 menit dalam sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. “Perbanyak juga aktivitas fisik seperti membersihkan rumah, menggunakan tangga daripada lift, berjalan kaki daripada naik motor saat berbelanja ke warung atau toko yang dekat dengan rumah,” saran Zakky.
 

6. Berhenti Merokok


Masa puasa sudah usai, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika ingin menjaga kolesterol tetap rendah. Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol (HDL) baik dalam tubuh.
 

7. Jaga Berat Badan Ideal


Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko naiknya kolesterol. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal dapat mencegah lonjakan kolesterol. Caranya adalah mengurangi minuman bersoda, makanan cepat saji, dan camilan tinggi gula.

Baca juga :Selain Opor Ayam, Ini Daftar Makanan Berkuah yang Bisa Jadi Menu Lebaran 2024

Editor : Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Tanggal yang Wajib Dihindari untuk Balik Mudik Lebaran ke Jabodetabek

BERIKUTNYA

5 Kiat Mencegah Serangan Jantung Saat di Perjalanan Balik dari Kampung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: