Lokomotif kereta api. (Sumber foto: Unsplash/Fachry Hadid)

Tips & Trik War Tiket KAI Untuk Mudik Lebaran 2024

24 February 2024   |   15:47 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Tahun sudah berganti, bulan sudah berlalu, dan ratusan hari lamanya sudah kita lewati. Tak terasa, sebentar lagi bulan Ramadan dan Idulfitri akan kembali menyambut umat Islam. Selain momen sahur dan berbuka bersama keluarga, momen lain yang tak kalah penting dan paling dinanti adalah mudik ke kampung halaman.

Waktu Lebaran adalah waktu yang paling dinanti semua orang, karena pada saat itu kita semua dapat berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara, mendapatkan tunjangan hari raya, dan bisa makan enak sepuasnya. Tak sedikit juga yang mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk bertemu dengan orang terkasih. 

Baca juga: Mudik dengan Kendaraan Pribadi? Cek 7 Tip  Ini Agar lebih Hemat Bahan Bakar

Kalau ngomongin soal mudik, biasanya para keluarga akan membawa kendaraan roda empat dari kota menuju kampung halamannya. Ada juga yang membawa kendaraan motor dan menempuh jarak ratusan kilometer agar sampai ke tanah kelahiran.

Namun, tak sedikit juga para keluarga atau perantau yang menggunakan transportasi umum saat hendak pulang kampung. Salah satu transportasi umum yang menjadi pilihan favorit adalah kereta api.
 

Sumber foto: Pexels/Dom J

Sumber foto: Pexels/Dom J


Jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, kita bisa santai sambil menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan dengan kereata api. Genhype enggak perlu repot mengendarai mobil atau motor sendiri dan macet-macetan di jalan. Plus, ada banyak pilihan jadwal dan kelas, jadi bisa disesuaikan dengan budget dan jadwal kita. 

Namun, untuk Genhype yang ingin mudik ke kampung halaman saat lebaran dan berencana naik kereta, disarankan untuk segera memilih tanggal pergi dan mendapatkan tiket lebih dulu. Seperti yang kita ketahui, menjelang peak season seperti libur Lebaran harga tiket cenderung jadi lebih tinggi jumlah penumpang membludak.

Berikut ini tips untuk Genhype agar sukses war tiket kereta untuk mudik Lebaran. Yuk simak langkah-langkahnya:
 

1. Pilih tanggal keberangkatan lebih awal

Jika Genhype memiliki keleluasaan untuk ambil cuti lebih awal atau kesempatan bekerja dari jarak jauh kalian disarankan untuk memilih tanggal keberangkatan lebih awal. Selain harga tiket masih terjangkau, kebiasaan mudik orang Indonesia sering kali mengambil hari-hari terakhir bulan Ramadan atau tepat pada Malam Takbiran untuk melakukan perjalanan. Pesan tiket maksimal dua pekan sebelum tanggal keberangkatan dan jangan menunggu hingga detik-detik terakhir karena dapat dipastikan kalian akan sulit mendapatkan tiket sesuai keinginan.
 

2. Gunakan aplikasi resmi KAI

Untuk memudahkan booking dan mendapatkan informasi terkini, sebaiknya Genhype gunakan aplikasi resmi KAI. Dengan aplikasi tersebut, Genhype bisa memesan dan melakukan pembayaran tiket secara daring, jadi Genhype tidak perlu ngantri lagi di stasiun. Booking online juga lebih praktis dan cepat.
 

3. Cek jadwal dan rute

Pastikan untuk cek jadwal dan rute kereta yang sesuai dengan rencana perjalanan kalian. Kadang ada perubahan jadwal atau penambahan rangkaian kereta khusus untuk periode mudik lebaran, jadi lebih baik stay updated.
 

4. Pastikan internet lancar dan pesan di jam-jam tertentu

Tips yang satu ini juga tak kalah penting, yaitu pastikan internetnya lancar dan coba pesan tiket di jam-jam yang kurang ramai. Biasanya jam-jam pagi atau tengah malam bisa lebih sepi, jadi kesempatan buat mendapatkan tiket juga bisa lebih besar. Yang paling penting, pastikan juga koneksi internetnya stabil agar tak terputus tengah jalan saat proses booking. 
 

 5. Siapkan alternatif tanggal dan rute untuk perjalanan

Kalau tanggal pertama sudah kehabisan tiket, punya tanggal cadangan bisa menjadi solusi. Terkadang, tiket untuk tanggal-tanggal tertentu bisa ludes dengan cepat, jadi lebih baik memiliki pilihan alternatif untuk menghindari kekecewaan. Dengan memiliki beberapa pilihan tanggal, Genhype bisa lebih fleksibel dan memaksimalkan peluang untuk mendapatkan tiket yang kalian inginkan.
 

6. Jangan menyerah

Kalau Genhype gagal untuk mendapatkan tiket KAI saat pertama kali coba, jangan langsung nyerah. Coba lagi beberapa kali dan lebih baik lagi kalau Genhype menggunakan fitur auto-refresh untuk booking tiket. Dengan auto-refresh, Genhype enggak perlu terus-menerus manual refresh halaman, jadi bisa lebih efisien dalam mengecek ketersediaan tiket. Tetap sabar dan gigih, siapa tahu rejeki Genhype ada di cobaan yang kedua atau ketiga, kan?
 

7. Ikuti media sosial KAI

KAI seringkali memberikan informasi tentang promo atau penawaran khusus melalui akun media sosialnya. Dengan berlangganan atau mengikuti, Genhype bisa lebih cepat mendapatkan info tentang tiket murah atau promo khusus mudik lebaran.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Pekerjaan yang Cocok untuk Seorang Introvert

BERIKUTNYA

Mengenal Hipertensi Jas Putih yang Tidak Perlu Obat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: