Moda transportasi kereta api (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani)

KAI Jual Tiket Lebaran Mulai 15 Februari 2024, Siapa Cepat Dia Dapat

14 February 2024   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi Genhype yang hendak pulang kampung pada periode H-10 Lebaran 2024. Sebab, PT. Kereta Api Indonesia sebagai operator moda transportasi berbasis rel mulai menjual tiket keberangkatan untuk 31 Maret 2024 pada besok, Kamis, 15 Februari 2024.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa penjualan tiket kereta api periode angkutan H-10 Lebaran 2024 dapat dibeli pada Kamis, 15 Februari 2024 lantaran perusahaan memberlakukan pembelian tiket H-45 keberangkatan.

Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, dan serta seluruh saluran resmi pemesanan tiket KA lainnya. Saat melakukan pembelian tiket, manajemen mengingatkan kepada masyarakat agar teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri.

“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," katanya.

Baca juga: Imbas Tabrak Mobil di Tigaraksa, Sejumlah KRL Commuter Line Alami Keterlambatan

Dia menambahkan, perusahaan terus melakukan inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya adalah menerapkan sistem antrean pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Manajemen memberlakukan sistem antrean kepada para pelanggan yang ingin membeli tiket kereta api dalam aplikasi Access by KAI dan situs web kai.id. Pemberlakuan sistem ini memiliki tujuan agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat peak season seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.

Nantinya, pemesan tiket akan diarahkan ke dalam sistem antrean dan mendapatkan perkiraan waktu tunggu saat peak season dan terjadi kepadatan pemesanan. “Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem,” ujarnya.

Selanjutnya, pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa. Sistem antrean penjualan tiket kereta api jarak jauh melalui aplikasi Access by KAI dan situs web kai.id  sudah mulai berlaku sejak 1 Februari 2024.

"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi," katanya. 
 

Penumpang bersiap menaiki kereta api (Sumber gambar: PT KAI)

Penumpang bersiap menaiki kereta api (Sumber gambar: PT KAI)

Untuk diketahui, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang kerap menjadi pilihan banyak orang saat hendak melakukan pulang ke kampung halamannya guna merayakan Lebaran bersama dengan keluarga.

Kondisi tersebut kerap membuat tiket kereta api jarak jauh diburu oleh masyarakat. Tidak jarang, beberapa tiket pada tanggal tertentu habis terjual jauh-jauh hari. Sementara itu, tiket keberangkatan tanggal lainnya kerap minim peminat.

Sebagai contoh, pada masa angkutan Lebaran 2023, data pantauan manajemen KAI pada pukul 07.30 WIB, 24 April 2023 menunjukkan tiket kereta api jarak jauh yang telah terjual untuk keberangkatan pada masa angkutan Lebaran 2023 mencapai lebih dari 2 juta. Penjualan itu baru sebesar 87 persen dari total keseluruhan tiket kereta yang disediakan oleh perusahaan, yakni lebih dari 3 juta tiket.

Sementara itu, secara keseluruhan, tanggal keberangkatan kereta api jarak jauh yang menjadi favorit adalah dari 18-20 April 2023 dan pada 22-25 April 2023. Pada periode menjelang hari Raya Idulfitri tersebut, tingkat keterisian kereta api mencapai 100 persen alias penuh. 

Baca juga: Begini Cara Dapat Tiket Murah Kereta Cepat Whoosh

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dokumen yang Harus Dibawa ke TPS Pemilu 2024, Jangan Sampai Ketinggalan

BERIKUTNYA

Film & Serial Tentang Pemilihan Umum yang Bisa Jadi Tontonan Libur Pemilu 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: