Seorang ibu menggendong anaknya dalam perjalanan mudik saat menunggu kedatangan bus di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang di Jakarta, Minggu (7/4/2024). (sumber gambar JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Tetap Produktif, Cek 5 Ide Merayakan Lebaran saat Tidak Mudik

10 April 2024   |   15:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri akhirnya tiba nih Genhype. Salah satu tradisi yang umumnya dilakukan masyarakat saat Lebaran adalah tradisi mudik. Hal ini dilakukan setelah selama setahun penuh mereka merantau ke berbagai daerah, baik di dalam atau luar negeri. 

Libur lebaran memang telah menjadi momen tahunan untuk temu kangen keluarga di kampung. Kendati begitu, tidak semua orang bisa mudik ke kampung halaman karena berbagai faktor. Termasuk pekerjaan, jarak yang jauh, hingga ongkos biaya yang terlalu besar.

Namun, bagi kalian yang tidak bisa mudik tahun ini tak perlu khawatir. Sebab, ada sederet kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tanah rantau, dan tetap produktif mengisi waktu luang pada saat Lebaran. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya: 

Baca juga: Asal Mula & Sejarah Halalbihalal, Tradisi Idulfitri Khas Indonesia 


1. Menikmati me time

Agar tidak bosan menghabiskan libur Lebaran di tanah rantau, kamu bisa merencanakan berbagai kegiatan baik di dalam kos atau luar ruangan. Salah satunya dengan menikmati me time, baik dengan menonton film kesukaan, membaca buku, atau memasak kudapan-kudapan khas Lebaran.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai kegiatan seru di luar ruangan seperti olahraga ringan seperti bersepeda keliling kota, atau berjalan-jalan ke mall. Dengan kegiatan ini setidaknya akan membuat Genhype tetap gembira meski tidak dapat mudik.


2. Buat suasana lebaran di rumah

Saat merayakan Lebaran di perantauan, salah satu momen yang dirindukan salah satunya adalah suasana kemeriahan Idulfitri di kampung halaman. Nah, agar atmosfer tersebut tetap terasa, buatlah suasana rumah menjadi lebih meriah dengan berbagai dekorasi khas Lebaran.

Selain itu, kamu pun bisa menyiapkan camilan khas Lebaran yang sering disajikan di kampungmu. Tidak ada salahnya juga melaksanakan berbagai tradisi Lebaran khas keluarga di rumah. Sehingga kamu tetap merasakan momen Lebaran seru meski di perantauan. 
 

3. Belajar hal baru

Pada era persaingan ini, mempelajari berbagai hal baru juga bisa menjadi kegiatan produktif yang akan berguna bagi diri sendiri. Pasalnya dengan skill baru maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau membuat pekerjaan baru dapat semakin besar juga. 

Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan momen Lebaran dengan bergabunglah dengan berbagai kelas online yang tersedia untuk belajar skill baru. Momen ini selain bisa membuat hari-harimu jadi produktif juga menambah relasi dan pengalaman kalian untuk mengenal orang dan lingkaran baru.


4. Liburan 

Berkunjung ke destinasi wisata terdekat juga bisa menjadi pilihan merayakan Lebaran tanpa mudik. Saat Idulfitri tiba, jalanan pasti akan terasa lengang, sehingga kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan lancar tanpa terjebak kemacetan seperti di hari-hari biasa.

Bila kamu di Ibukota jakarta misalnya,bisa mengunjungi beberapa destinasi seperti Monumen Nasional, Kota Tua, Pantai Ancol, atau Bundaran Hotel Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi destinasi yang selama ini masih ada di list tujuan yang belum juga dikunjungi. 
 

5. Tetap jalin silaturahmi

Tidak bisa mudik bukan berarti kamu tidak bisa bersilaturahmi dengan kerabat. Sebab, dengan pesatnya teknologi, kamu bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi, bermaaf-maafan atau mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri pada keluarga di kampung.

Salah satunya adalah dengan melakukan video call usai melakukan salat Ied, atau bisa juga mengirimkan pesan teks. Sehingga meskipun kamu terpisah jarak anggota keluarga di kampung tetap merasa dekat dan silaturahmi tetap terjaga. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Wisata Menarik Untuk Libur Lebaran di Sekitar Jakarta, The Great Asia Afrika sampai Taman Buaya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Film Sutradara Kimo Stamboel, Terbaru Badarawuhi Tayang 11 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: