Rekomendasi Wisata (Sumber Foto: Freepik)

6 Rekomendasi Wisata Menarik Untuk Libur Lebaran di Sekitar Jakarta, The Great Asia Afrika sampai Taman Buaya

09 April 2024   |   12:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, buat kalian yang memiliki rencana untuk untuk liburan di sekitar Ibu Kota Jakarta selama periode Lebaran 2024, ada banyak pilihan tempat wisata menarik yang direkomendasikan untuk mengisi libur panjang pada momen Hari Raya Idulfitri ini.

Beberapa di antaranya berupa wisata alam yang sejuk dan asri, ada juga wisata sejarah dengan berbagai museum yang bisa menambah pengetahuan, serta tak ketinggalan wisata kulinernya yang lezat dan memanjakan lidah.

Baca juga: Libur Lebaran Tiba! Cek Daftar Promo Tiket Tempat Wisata di Berbagai Daerah Indonesia

Misalnya, The Great Asia Afrika di Bandung yang menghadirkan miniatur negara-negara Benua Afrika-Asia, atau Taman Buaya Indonesia sebagai wisata edukasi penangkaran buaya di Bekasi. Nah Genhype, yuk simak beberapa destinasi wisata berikut ini.
 

1.  The Great Asia Afrika Bandung

Kalian tidak perlu jauh-jauh keliling dunia dan menyambangi berbagai benua dan negaranya untuk menikmati keindahan bangunan ikonik setiap negara di kawasan Asia-Afrika. Sebab, di Bandung kini hadir tempat wisata baru yang menawarkan sensasi berkeliling dunia di negara-negara benua Afrika maupun Asia.

The Great Asia Afrika menghadirkan miniatur bangunan ikonik dari negara-negara benua Afrika dan Asia, seperi Jepang, Korea, India, Middle East, Thailand, Indonesia, dan beberapa negara di Afrika.

Tempat ini didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai suasana seperti di negara asalnya. Para pengunjung bisa mempelajari budaya, mengenakan pakaian tradisional, dan mencicipi kuliner khas dari masing-masing negara tersebut.


2. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata ini cocok untuk wisata keluarga yang ingin bersantai sambil menikmati udara segar dengan pemandangan serba hijau. Suasana Kebun Raya Bogor masih segar dan asri karena dikelilingi banyak pepohonan rindang dan minim polusi. Selain itu, di kebun raya ini terdapat danau estetik dengan ditumbuhi tanaman teratai.

Buat kalian yang suka berfoto-foto, di area Kebun Raya Bogor ini juga terdapat beberapa spot foto yang Instagramable, seperti Jembatan Gantung, Museum Zoologi, Taman, dan Monumen Reinwardt. Di sini kalian juga bisa mengadakan kegiatan menarik seperti piknik dan bersepeda.


3. Dufan Ancol Jakarta

Sejak dulu kawasan Ancol selalu menjadi destinasi favorit untuk liburan di Jakarta, terutama Dufan atau Dunia Fantasi. Dufan merupakan taman wisata tematik (theme park) pertama di Indonesia yang berdiri sejak 1985 dengan beragam wahana seru di dalamnya.

Pengunjung bisa mencoba wahana permainan yang terbagi menjadi 9 kawasan, mulai dari Kereta Misteri, Baling-Baling, Paralayang, Turbo Drop, Zig-Zag, Kolibri, Karavel, Ontang-Anting, Hysteria, Halilintar, Poci-Poci, Rumah Miring, Istana Boneka, Tornado hingga Kora-Kora.

Ada juga wahana lainnya yang tidak kalah seru untuk dicoba, misalnya Bianglala, Ice Age Arctic Adventure, Dream Playground, Galactica, Rumah Jahil, The Mysterious Land, Burung Tempur, Arung Jeram, Kontiki dan lain sebagainya.

Selain Dufan, Ancol memiliki beragam wisata menarik lainnya seperti Sea World, Atlantis, Samudra, Ecopark, Jakarta Bird Land, Putri Duyung, Pasar Seni, serta pantai-pantai cantik yang membentang luas.


4. Taman Bunga Wiladatika Depok

Taman Bunga Wiladatika adalah salah satu tempat rekreasi ramah anak dan keluarga. Daya tarik destinasi wisata ini, yakni terdapat pada tamannya yang ditumbuhi beragam bunga cantik yang terlihat seperti labirin, dan air mancur besar yang membuat tempat ini terasa sejuk.

Selain taman bunga, ada juga taman jamur dan taman Jepang yang tak kalah menarik. Tempat rekreasi ini juga dilengkapi dengan wahana permainan yang ditujukan untuk anak-anak seperti bom bom car, gokart, mini jet, hingga aktivitas memberi makan dan bermain bersama kelinci.

Taman Bunga Wiladatika berlokasi di Jalan Jambore No.1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.


5. Situ Gintung Tangerang Selatan

Tangerang, selain didominasi pusat perbelanjaan sebagai destinasi berliburnya, masih ada pula pilihan lain bagi kalian yang menyukai wisata alam seperti Situ Gintung. Kawasan wisata ini merupakan sebuah danau buatan yang berada di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Awalnya, Situ Gintung hanya digunakan untuk tempat penampungan air hujan yang kemudian airnya akan disalurkan ke ladang pertanian. Sampai kemudian sejak 2008, danau ini dialihfungsikan menjadi tempat wisata. 

Tak hanya danau, Situ Gintung juga memiliki wahana lain untuk para pengunjung, seperti kolam renang, tempat outbound, lokasi berkemah, dan masih banyak lagi. Destinasi ini tak hanya cocok untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak dan keluarga.


6. Taman Buaya Indonesia Jaya, Bekasi

Bekasi punya Taman Buaya Indonesia sebagai wilayah penangkaran buaya yang menyediakan wisata edukasi. Tempat ini memiliki lima kolam besar yang mampu menampung sekitar 100 ekor buaya, setiap kolam memiliki pagar besi setinggi 1,5 meter sehingga tidak perlu khawatir dengan keamanannya. 

Baca juga: Mudik Lewat Tegal? Yuk Cek 4 Destinasi Wisata Menarik di Kota Bahari

Ada ratusan buaya yang dirawat dan dipelihara untuk kelangsungan hidup reptil ini. Rata-rata, buaya tersebut merupakan jenis yang dilindungi agar tidak punah. Taman Buaya Indonesia Jaya berlokasi di jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Kabupaten Bekasi. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sempat Ungkap Penyakit Langka Anemia Aplastik, Komika Babe Cabita Dikabarkan Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Profil Babe Cabita, dari Komika hingga Layar Lebar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: