Sutradara Kimo Stamboel (Sumber gambar: Instagram/Kimostamboel)

7 Rekomendasi Film Sutradara Kimo Stamboel, Terbaru Badarawuhi Tayang 11 April 2024

08 April 2024   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Telah berkiprah sejak 2004, Kimo Stamboel dikenal sebagai sutradara yang memiliki spesialisasi dalam membuat film-film bergenre horor dan thriller. Setiap kali membuat film, Kimo juga dikenal memiliki ciri khas penggunaan efek horor yang sadis dan mencekam.

Tak ayal hal itu kerap membuat adrenalin para penontonnya naik berkat intensi keseraman yang dibuat oleh Kimo. Tahun ini, Kimo kembali merilis film baru bertajuk Badarawuhi di Desa Penari yang rencananya tayang pada 11 April 2024.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Sutradara Joko Anwar, Terbaru Siksa Kubur Tayang 11 April 2024

Sembari menunggu penayangan di bioskop, yuk simak beberapa film terbaik yang pernah disutradarai oleh Kimo Stamboel.


1. Rumah Dara (2009)

Rumah Dara adalah salah satu film ikonik dari Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto (Mo Brothers). Rumah Dara kerap disebut sebagai film horor jagal dari Indonesia. Film ini berhasil masuk ke dalam nominasi penghargaan di Puchon International Fantastic Film Festival.

Rumah Dara bercerita tentang kakak adik yang memiliki hubungan tidak harmonis. Adhie (Ario Bayu) yang saat itu tidak akur dengan adiknya, Ladya (Julie Estelle) berpamitan dengan Ladya untuk pergi ke Australia. Namun, ketika mau mengantarkan Adjie, sebuah kejadian tak terduga datang.

Mereka terjebak di dalam rumah seorang keluarga kanibal. Dalam Independent Film Award, film ini menerima lima nominasi, memenangkan kategori Aktris Terbaik untuk Shareefa Daanish.
 


2. Dreadout (2019)

Dreadout adalah film karya Kimo Stamboel yang diadaptasi dari video games dengan judul sama buatan Digital Happiness. Film ini dibintangi oleh Caitlin Halderman, Jefri Nichol, Marsha Aruan, Ciccio Manassero, Susan Sameh, dan Irsyadillah.

Film ini bercerita tentang Linda, gadis SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus. Suatu hari, Linda dan teman-temannya pergi ke sebuah gedung tua yang angker.

Mereka kemudian terperangkap di dunia gaib yang penuh dengan makhluk-makhluk mengerikan. Mereka juga harus berjuang untuk bertahan hidup dan menemukan jalan pulang.
 


3. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ratu Ilmu Hitam merupakan film horor adaptasi karya Kimo Stamboel yang diadaptasi dari film berjudul sama keluaran 1981. Film yang naskahnya ditulis oleh Joko Anwar ini mendapatkan apresiasi yang baik, bukan hanya dari penonton tetapi juga kritikus.

Film ini meraih 5 nominasi pada Festival Film Indonesia 2020 dan memenangkan dua penghargaan Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik yang diterima oleh Ade Firman Hakim dan Penata Efek Visual Terbaik yang diterima oleh Gaga Nugraha.

Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang hendak mengunjungi panti asuhan tempat Hanif (Ario Bayu) dahulu pernah dibesarkan. Mereka kemudian menginap di sana. Namun, sebuah teror misterius mulai mengancam nyawa mereka.
 


4. Ivanna (2022)

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Risa Saraswati, film Ivanna dibintangi oleh Caitlin Halderman, Jovarel Callun, hingga Shandy William. Film ini bercerita tentang Ambar dan adiknya, Dika, yang pindah ke sebuah panti jompo.

Ketika itu, mereka menemukan gudang tidak terpakai untuk menyimpan sebuah patung tanpa kepala. Tak lama kemudian, satu per satu penghuni panti diteror oleh hantu Ivanna dan memaksa Ambar menghentikannya sebelum seluruh penghuni dihabisi.
 


5. Teluh Darah (2023)

Teluh Darah adalah serial yang dibintangi sederet aktor papan atas Indonesia, seperti Deva Mahendra, Mikha Tamayong, Shenina Cinnamon, Kiki Narendra, Lukman Sardi, Ence Bagus, hingga Imelda Therinne. Memiliki 10 episode, sejak awal perilisannya serial ini langsung jadi perbincangan hangat pencinta film Indonesia.

Teluh Darah bercerita tentang teror ilmu hitam yang menghantui Wulan (Mikha Tambayong) dan seorang pemuda bernama Esa (Deva Mahenra). Wulan dan Esa akhirnya bertemu setelah mengetahui keluarga mereka memiliki ikatan di masa lalu. Keduanya lantas melakukan petualangan mistis untuk menemukan dalang di balik teror mengerikan yang diderita keluarganya.
 


6. Sewu Dino (2023)

Sewu Dino merupakan film yang disutradarai Kimo Stamboel berdasarkan cerita viral berjudul sama karya SimpleMan. Film yang dirilis pada 2023 ini dibintangi oleh  Mikha Tambayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, hingga Givina Lukita Dewi.

Film ini bercerita tentang Sri yang akhirnya mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi setelah mengalami kesulitan ekonomi. Namun, dia mendapatkan pekerjaan bukan karena bakatnya, melainkan hanya karena lahir pada hari Jumat Kliwon. Mereka tak sadar sedang berada dalam situasi berbahaya akibat hal tersebut.
 


7. Badarawuhi di Desa Penari (2024)

Badarawuhi di Desa Penari merupakan film Kimo Stamboel terbaru yang direncanakan tayang pada 11 April 2024. Film ini merupakan prekuel dari KKN di Desa Penari, yang merupakan film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Badarawuhi di Desa Penari bercerita tentang Mila (Maudy Effrosina) yang harus mengembalikan Kawaturih, sebuah gelang penari ke sebuah desa terpencil di sisi paling timur Pulau Jawa. Namun, sesampainya di desa tersebut, Mila bersama teman-temannya justru merasakan banyak kejadian mistis dan berkali-kali didatangi Badarawuhi.

Mila akhirnya memberanikan diri mengantarkan Kawaturih ke sang pemilik. Namun, tanpa sepengetahuannya, langkah tersebut ternyata salah dan membahayakan semua orang di Desa Penari. Sebagai bentuk tanggung jawab, Mila pun harus mengikuti ritual pemilihan Dawuh yang sudah lama dihilangkan.

Rumah produksi MD Pictures juga telah menjalin kerjasama dengan perusahaan Lionsgate untuk mendistribusikan secara eksklusif film Badarawuhi Di Desa Penari. Lionsgate akan menyelenggarakan gala premier pada April 2024 di Los Angeles, Amerika Serikat.

 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Tetap Produktif, Cek 5 Ide Merayakan Lebaran saat Tidak Mudik

BERIKUTNYA

Face Contouring Makin Diminati, Ini Bedanya dengan Operasi Plastik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: