Menggunakan mobil pribadi untuk mudik Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat. (Sumber gambar : Pexels/Nubia Navvaro)

5 Kiat Kantong Aman Saat Libur Lebaran

14 April 2022   |   15:21 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah tahun ini mengizinkan kembali mudik Lebaran  setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. Kementerian Perhubungan pun memproyeksikan akan ada 80 juta orang yang siap pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idulfitri.

Pemerintah pun mengumumkan libur ditambah cuti bersama Lebaran yang lebih panjang, dengan total 8 hari yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga atau berwisata, mulai 29 April - 6 Mei 2022. 

Bertemu sanak saudara pastinya menjadi lebih puas, sekaligus berlibur pada momen Lebaran ini. Namun, di satu sisi, libur panjang memiliki konsekuensi pengeluaran yang besar. 

Di tengah kondisi ekonomi yang masih dalam tahap pemulihan ini, Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies  mengimbau agar masyarakat tetap bijak mengelola pengeluarannya, termasuk dalam menyambut Hari Raya Idulfitri. Nah, berikut ini tips dari Corina untuk menjadi smart traveler saat momentum libur lebaran nanti.

1. Cermat anggarkan dana khusus
Guna menjaga arus keuangan tetap stabil, kamu perlu membuat anggaran khusus selama perjalanan, mulai dari transportasi, akomodasi, biaya makan, hingga oleh-oleh. Berhubung masih ada waktu cukup panjang sebelum Lebaran, kamu bisa mulai menyisihkan bujet dari beberapa pos keuangan kamu, selain THR. Dengan demikian, THR yang kamu dapatkan masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau bahkan ditabung.

2. Pintar memburu promo 
Kemudahan akses keuangan yang lebih fleksibel dengan berbagai manfaat menarik bisa menjadi solusi buat kamu yang punya anggaran terbatas. Manfaatkan beragam promo yang ditawarkan kartu kredit maupun debit dari bank. Dengan memanfaatkan kemudahan dan manfaat menarik tersebut, akan membuat cashflow keuangan kamu tidak terganggu. 

3. Jangan maksa beli oleh-oleh
Hindari impulsif untuk membeli banyak cinderamata sebagai buah tangan yang akan dibagikan ke tetangga atau rekan kerja. Hal ini patut untuk diwaspadai karena akan membuat pengeluaran traveling kamu membengkak. 

Kalaupun perlu membeli sedikit untuk kenang-kenangan, perhatikan lokasi oleh-oleh, biasanya pasar tradisional atau tempat yang jauh dari lokasi wisata akan menawarkan barang dengan harga lebih murah.

4. Eksplor tempat wisata dengan harga terjangkau
Lebaran tanpa berwisata di kampung halaman akan terasa hambar. Namun, sebaiknya kamu memilih wisata alternatif yang tidak mematok tiket mahal atau bahkan gratis. Hal ini akan turut menghemat bujet kamu, karena healing tidak harus selalu mahal kan? Ingat, hal terpenting pada hari raya adalah kebersamaan bersama keluarga.

5. Hobi yang bikin cuan
Mudik sekaligus liburan bersama keluarga bisa kamu manfaatkan juga untuk mendapatkan cuan. Kamu bisa berburu foto menarik untuk dijual atau diikutsertakan ke dalam lomba foto, terutama yang bertema wisata. 


Editor: Indyah Sutrningrum
 

SEBELUMNYA

Berikut Sertifikasi Penting bagi Para Pelaku Usaha

BERIKUTNYA

Sutradara Ambil Transisi Paling Berpengaruh Dalam Hidup Dea untuk Film Tentang Angan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: