ilustrasi (sumber gambar : Kampus Production/ pexels)

Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil

08 April 2024   |   15:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia saat menjelang Hari Raya Idulfitri adalah mudik atau pulang ke kampung halaman. Nah, bagi para pasangan yang memiliki anak atau bayi, mudik bersama si kecil tentu saja menjadi suatu pengalaman baru yang cukup mengkhawatirkan.

Namun, Genhype tidak perlu khawatir. Jika semua hal dipersiapkan dengan baik, pasti mudik akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Sebab, dengan mempersiapkan berbagai kebutuhan dan perlengkapan anak dengan baik, maka mudik bersama si kecil akan menjadi lebih aman dan nyaman tanpa perlu merasa khawatir.

Baca juga: Cara Praktis Mengatur Dana Mudik Biar Enggak Over Budget

Tidak hanya membuat anak merasa nyaman di sepanjang perjalanan tetapi juga akan membuat moms lebih tenang dan tidak merasa repot sehingga perjalanan mudik pun terasa lebih lancar. 

Nah, agar semuanya berjalan dengan baik, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mudik bersama anak, seperti dikutip dari berbagai sumber.


1. Sesuaikan Waktu Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, Genhype perlu menyesuaikan waktu dengan jadwal rutinitas harian si kecil agar tidak merepotkan saat di jalan Misalnya sebelum berangkat sebisa mungkin si kecil sudah cukup istirahat dan sudah kenyang sehingga membantunya untuk lebih anteng dan tidak rewel saat berpergian.


2. Persiapkan Kebutuhan Anak

Saat akan melakukan perjalanan jauh, orang tua perlu mempersiapkan dua tas untuk kebutuhan anak. Tas pertama berukuran lebih kecil yang mudah dijangkau, berisi berbagai kebutuhan utama bayi seperti popok, tisu basah, botol susu dan termos air panas, selimut, beberapa baju ganti, mainan, dan obat-obatan untuk si kecil, terutama minyak telon dan minyak kayu putih.

Jika anak sudah memasuki masa MPASI, moms juga perlu menyiapkan berbagai perlengkapan dan menu makanan serta camilan untuk si bayi di dalam satu tas khusus. Jika tidak ingin repot, maka bisa menyiapkan menu MPASI siap saji.

Tas kedua yang berukuran lebih besar atau berupa koper yang berisi berbagai perlengkapan anak saat tiba di kampung halaman. Berisi baju, peralatan dan perlengkapan mandi, popok, dan berbagai kebutuhan lainnya. 


3. Jangan Berangkat Saat Puncak Mudik

Setiap momen libur lebaran, pasti akan ada jadwal puncak arus mudik. Nah, agar Genhype tidak harus terjebak macet panjang yang mungkin akan membuat anak merasa tidak nyaman, sebaiknya jangan berangkat pada saat puncak arus mudik. Perhatikan jadwal perjalanan, sebaiknya lakukan jadwal perjalanan pada saat kemacetan sudah mulai terurai sehingga anak tidak perlu berlama-lama di jalan.


4. Tentukan Tempat Peristirahatan Sementara

Catatlah tempat peristirahatan yang sekiranya dilalui saat mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, kemudian tentukan waktu beristirahat di beberapa titik pemberhentian atau rest area. Pergunakan waktu tersebut untuk menyusui, mengganti popok dan memberi makan anak dengan nyaman. 


5. Bermain dan Berinterkasi dengan Anak

Ketika melakukan perjalanan jauh, jangan lupa siapkan mainan favorit agar si kecil tidak merasa bosan saat di jalan, terlebih saat mudik biasanya jalanan akan lebih macet. Bermain bersama si kecil akan membantu menjaga suasana hatinya tetap baik. 

Selain itu, tetaplah ajak anak untuk berinteraksi misalnya dengan membacakan cerita, mengajaknya berbicara, atau menyanyikan lagu-lagu kesukasaannya yang menciptakan suasana tenang dan menyenangkan .

Nah, itu dia tadi beberapa tips yang bisa Genhype lakukan ketika akan mudik bersama si kecil supaya perjalanan menjadi lebih aman dan menyenangkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jangan Sampai Lewat, Cek 8 Kuliner Populer di Jalur Pantura

BERIKUTNYA

Tetap Produktif, Cek 5 Ide Merayakan Lebaran saat Tidak Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: