Ilustrasi orang menggendong hewan peliharaan (Sumber foto: freepik/wirestock)

5 Kiat Aman Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran

04 April 2024   |   07:00 WIB

Mudik Lebaran ke kampung halaman merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh banyak orang khususnya anak rantau. Selain menjadi kesempatan untuk merayakan momen bersama keluarga, mudik Lebaran juga bisa membuat hubungan antar sanak keluarga jauh terjalin kembali. 

Membayangkan suasana di kampung halaman sering kali membuat orang menjadi antusias dan tak sabar menantikan momen mudik setiap tahunnya. Akan tetapi, mudik bisa menjadi sedikit rumit bagi yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. 

Baca juga: Mau Titip Hewan Peliharaan di Pet Hotel saat Mudik ? Cek Apa Saja Fasilitasnya

Membawa hewan peliharaan dalam perjalanan mudik bisa jadi merepotkan apalagi jika tujuan perjalanan cukup jauh atau ketika harus menggunakan moda transportasi umum. Namun, bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan dan akan mudik, jangan khawatir lagi. Untuk mengatasi kendala ini, ada beberapa tips yang bisa lakukan. Berikut adalah beberapa tipsnya. 
 

1. Titipkan di pet hotel

Agar hewan kesayangan kalian bisa mendapatkan perlindungan yang baik, pertimbangkan untuk menitipkannya di pet hotel. Pastikan juga kalian memiliki informasi kontak veterinari untuk melalukan cek rutin kepada hewan peliharaan kalian. 

Genhype juga bisa meminta bantuan teman, keluarga, atau bahkan menyewa jasa pengasuh hewan untuk merawat hewan peliharaan selama kalian mudik. Namun, sebelum pergi mudik, pastikan hewan kalian dalam keadaan sehat dengan melakukan cek kesehatan di dokter hewan.
 

2. Sediakan makanan dan minuman

Jika kalian akan mudik dalam waktu yang lama dan tidak menginginkan hewan peliharaan di tempatkan di vet, pastikan hewan kesayangan kalian memiliki cadangan makanan yang cukup selama kalian tinggalkan. Kalian juga bisa memasang dispenser otomatis untuk air dan makanan untuk memastikan akses terus-menerus.
 

3. Pastikan lingkungan yang aman

Pastikan tempat tinggal hewan kalian aman dan nyaman, entah itu di rumah atau di vet. Jauhkan dari benda-benda berbahaya atau yang berpotensi sebagai ancaman terhadap hewan peliharaan kalian seperti kabel listrik, tanaman beracun, atau akses ke area berbahaya di dalam rumah.
 

4. Sediakan mainan dan hiburan

Berikan mainan atau hiburan lainnya untuk mencegah kebosanan pada hewan peliharaan saat kalian mudik. Langkah ini juga bisa membantu mengurangi stres yang hewan peliharaan kalian alami akibat adanya perubahan rutinitas.
 

5. Pasang tanda pengenal pada hewan

Pastikan hewan kalian memiliki tanda identifikasi atau tanda pengenal yang jelas. Misalnya pasangkan microchip atau kalung dengan ID dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Hal ini penting dilakukan jika hewan kalian tersesat atau mengalami kejadian darurat saat kalian tidak berada di dekatnya.

Baca juga: 9 Kiat Membawa Hewan Peliharaan Bepergian Jauh dengan Mobil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Libur Lebaran, Cek 5 Destinasi Wisata Pantai di Indonesia

BERIKUTNYA

Mengenal Bagus Pandega, Seniman Muda yang Haus Eksplorasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: