Pantai Papuma (Sumber: unsplash.com/@romofarano)

Libur Lebaran, Cek 5 Destinasi Wisata Pantai di Indonesia

04 April 2024   |   06:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Hanya dalam hitungan hari, liburan Idulfitri atau Lebaran akan segera tiba. Dengan banyaknya waktu untuk refreshing dan rehat sejenak dari kesibukan, mencari aktivitas yang menarik untuk dilakukan selama periode ini dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Salah satu opsi yang menarik adalah mengunjungi pantai-pantai indah di tanah air. Pantai memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan destinasi liburan lainnya, karena memberikan kesempatan untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan bahkan melakukan aktivitas ekstrim jika berani.

Baca juga: Berkunjung ke Pantai BSB, Destinasi Wisata Pantai yang Seru di Balikpapan

Setiap pantai di Indonesia memiliki keunikan masing-masing, kadang ada yang berfokus ke pemandangan dan atraksi alam, ada yang berfokus ke infrastruktur modern sekitar pantai yang menciptakan pengalaman yang lebih bebas stres.

Untuk melihat apa yang ditawarkan oleh pantai-pantai indah ini, simak 5 destinasi pantai Indonesia untuk Lebaran 2024!


1. Pantai Papuma, Jember

Berlokasi di Jember Jawa Timur, pantai Papuma menawarkan berbagai pengalaman bagi setiap jenis pengunjungnya. Tidak dapat dipungkiri keindahan yang ditawarkan pantai ini sangat memanjakan mata, dengan panorama eksotis dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi. Namun, keindahannya akan semakin menakjubkan saat matahari terbenam.

Selain pemandangan yang indah, Tanjung Papuma juga menawarkan berbagai aktivitas menarik, seperti mengunjungi Pulau Bawean dan menjelajahi Bukit Teletubbies. Fasilitas wisatanya cukup lengkap, dengan berbagai akomodasi seperti kafe, restoran, dan penginapan. 

Pantai Papuma dapat dicapai melalui jalan darat dari kota Jember dengan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga1 jam. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau dengan harga Rp7.000 per orang untuk hari biasa dan Rp15.000 untuk hari libur.
 

2. Pantai Kartini, Jepara

Pantai Kartini terkenal karena pantai putihnya, serta berbagai infrastruktur pariwisata yang mendukung. Salah satunya adalah Kura Kura Ocean Park, sebuah akuarium raksasa yang berbentuk seperti hewan kura-kura. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas edukasional lain yang dapat menarik perhatian anak-anak seperti Kipas Angin Tanpa Baling-Baling, Simulator Pesawat Terbang, dan Papan Kreatif.

Jika ingin menikmati keindahan alamnya, snorkeling dan berkemah adalah dua rekomendasi aktivitas outdoor terbaik di pantai ini. Pencinta alam juga dapat ikut serta dalam berbagai program konservasi laut yang diadakan di pantai ini.  Untuk memasuki Partai Kartini akan dibanderol dengan harga Rp5.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp7.500 per orang untuk hari libur.
 

3. Pulau Pandang, Sumatera Utara

Terletak di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera Utara, Pulau Pandang menawarkan berbagai keelokan alam yang masih terjaga. Mulai dari pantai berpasir dan terumbu karang yang dikelilingi biota laut, dan laut yang jernih, membuat pulau ini sangat cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving.

Jika Genhype ingin berfoto di pulau ini, kunjungi mercusuar putih yang terletak di bukit tertinggi pulau ini. Disitu pemandangan seluruh pulau akan terlihat lebih jelas. Untuk mencapai pulau ini, harus naik kapal dari dua dermaga terdekat yang berlokasi di Pulau Berhala, dan Pelabuhan Tanjung Tiram. Perjalanan untuk mencapai pulau ini akan memakan waktu sekitar 3 jam
 

4. Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Menjadi salah satu pantai terbaik karena kondisi alamnya yang sangat terjaga, Pantai Tanjung Bira berada di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Keindahan pantai ini terletak pantai dengan pasir putih yang lembut. Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti snorkeling, diving, jogging, dan menikmati sunrise. 

Namun, aktivitas paling menarik yang ditawarkan pantai ini adalah melihat proses dari pembuatan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan. Selain itu kelebihan pantai ini adalah pilihan akomodasi yang dapat disesuaikan dengan budget Genhype, mulai dari penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif yang berbeda-beda.


5. Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Pantai satu ini adalah opsi untuk warga Jabodetabek yang tidak dapat menjalankan mudik ke kampung halaman. Pulau Tidung adalah salah satu pulau dari kepulauan seribu yang kerap dikunjungi karena menawarkan keindahan alam dengan jarang yang relatif dekat dengan kota Jakarta. Selain menikmati aktivitas seperti diving, snorkeling, dan memancing, Genhype juga bisa mencicipi makanan khas yang ditawarkan di pulau ini.

Tidung juga dapat menjadi opsi yang terjangkau, karena banyak homestay dengan fasilitas lengkap namun dibanderol dengan harga yang cukup murah. Mengunjungi pulau ini harus dengan kapal dengan harga dan waktu tempuh yang berbeda-beda.

Baca juga: 5 Rekomendasi Pantai yang Eksotis di Pangandaran Buat Liburan Tahun Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kritik Ekologi & Ekspresi Seni Bagus Pandega di Pameran O

BERIKUTNYA

5 Kiat Aman Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: