Pet Hotel (Sumber Foto: Freepik)

Mau Titip Hewan Peliharaan di Pet Hotel saat Mudik ? Cek Apa Saja Fasilitasnya

18 April 2023   |   19:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Lebaran tahun ini pun diperkirakan area pemukiman di kota-kota besar akan kosong melompong ditinggal para pemudik. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 diprediksi akan mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah ini meningkat 14,2 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 85,5 juta orang. Melihat tingginya minat masyarakat untuk mudik Lebaran, diperkirakan sektor pelayananan jasa akan banyak dibutuhkan. Sebut saja pet hotel, laundry, dan tenaga kerja infal atau ART pengganti misalnya. Kehadiran pet hotel sangat membantu para pemilik anabul atau anak bulu yang bingung mau menitipkan peliharaannya di mana selama mudik.

Baca juga: 7 Tip Bawa Anabul Mudik, Dijamin Nyaman Selama Perjalanan

Pasalnya, tak banyak orang-orang yang mengerti bagaimana cara mengurus dan memenuhi semua kebutuhan hewan dengan baik.Wildan Andika, pemilik Miru Pet Hotel & Store yang dikhususkan untuk penginapan kucing memaparkan bahwa keuntungan bisnisnya meningkat jelang Lebaran.

Demand dari penitipan kucing naik hampir 3x lipat selama periode sebelum dan sesudah lebaran, omsetnya pun naik sekitar 300 persen,” kata Wildan

Dia menjelaskan bahwa selama Lebaran mereka hanya menerima maksimal 30 kucing. Terkait harganya, tersedia suite room seharga Rp140.000 per malam dan suite room VIP seharga Rp150.000 per malam. Tak menutup kemungkinan akan ada kenaikan sebesar 10-15?ri harga normal. 

Perbedaan ruangan suite room dan VIP dilihat dari ukuran luas kandang dan CCTV, untuk suite room cctv-nya hanya di satu sisi sedangkan VIP cctv-nya 360 derajat. CCTV tersebut tentunya juga terhubung ke HP pemilik hewan. Selain itu, waktu check in mulai dari jam 2 siang hingga setengah lima sore, dan waktu check out mulai pukul 9 pagi hingga 12 siang.

Wldan juga mengatakan bahwa kucing yang akan menginap di Miru harus sudah divaksin lengkap sampai rabies, tidak berkutu dan berjamur, dalam keadaan sehat, dan tidak sedang hamil. 

Di samping pet hotel, disediakan juga fasilitas grooming untuk kucing yang biayanya mulai dari Rp125.000 hingga Rp175.000. Hal itu tergantung dari bulunya apakah short hair atau long hair. Namun, Wildan memaparkan bahwa selama Lebaran ini grooming hanya disediakan untuk kucing-kucing in house yang menginap di hotel khusus hewan peliharaan tersebut.

Nah Genhype, kita tidak boleh sembarangan dalam memilih Pet Hotel untuk memastikan anabul tetap nyaman dan sehat selama ditinggal mudik. Mengutip dari Petotum, berikut tips memilih pet hotel terpercaya.

Pertama, pastikan ada fasilitas perawatan hewan 24 jam seperti pemberian makan, snack, dan vitamin, ada jadwal mandi dan grooming yang teratur, pertolongan pertama hewan, dan CCTV. Kedua, pastikan interaksi antar hewan peliharaan berada di lingkungan yang aman dan terkendali. Sebagai antisipasi jika ada hewan yang agresif.

Ketiga, jangan lupa membaca ulasan dari para pengguna jasa pet hotel sebelumnya. Pastikan kamu sudah memantau media sosial pet hotel untuk melihat kesehariannya dalam merawat hewan-hewan yang dititipkan. Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung dengan admin untuk mendapat informasi lebih lengkap dan jelas.

Baca juga: Bawa Anabul Sakit ke Dokter Hewan, Jangan Lupa Minta 3 Jenis Vaksin Wajib Ini

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Diantar Semua Anggota BTS, J-Hope Resmi Berangkat Wajib Militer

BERIKUTNYA

Wajah Baru Winamp Player Gebrak Pasar Streaming Musik, Cek Fitur Menariknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: