Pemilik perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan anabul selama perjalanan di darat (Sumber gambar: Unsplash/Gary Samaha)

9 Kiat Membawa Hewan Peliharaan Bepergian Jauh dengan Mobil

18 May 2022   |   15:08 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Genhype, apa kalian memiliki keinginan untuk membawa anak bulu (anabul) untuk bepergian jarak jauh menggunakan mobil? Jika ya, ada informasi penting nih untuk kalian ketahui, karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan anabul kalian. 

Bepergian jauh dengan hewan peliharaan dengan mobil atau dengan pesawat memiliki berbagai tantangan yang berbeda. Apalagi untuk jalur darat yang lebih membutuhkan waktu lebih lama dan kadar ketidaknyamanan yang dirasakan anabul.

Praktisi klinik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)  Dokter Hewan Dessy Florenstina Ginting membagi kiatnya agar anabul kalian tetap aman dan nyaman selama perjalanan jauh. Yuk simak!
 

1. Berkendara saat malam hari

Dokter hewan di Klinik Naturevet Jakarta Selatan ini menyarankan pemilik anabul untuk pergi di malam hari untuk mengurangi stres pada hewan kesayangan kalian. Siang  hari yang panas membuat rata-rata anabul, baik kucing maupun anjing menjadi gelisah dan tidak nyaman.

Baca juga: Gemas! Yuk Simak Cara Memelihara Kura-kura yang Masih Kecil


2. Pastikan keamanan anabul

Mungkin kalian sering melihat anabul yang dipangku atau duduk di bangku depan, kelihatan menggemaskan sih tapi tidak baik untuk keamanan baik pengendara maupun hewan. Selain mengganggu konsentrasi saat berkendara, anabul juga bisa terluka bila terjadi kecelakaan dan airbags terbuka.

Untuk amannya, gunakan pengaman seperti tali pengikat, pet carrier, atau kandang. Ikat anabul di kursi belakang, atau pakai kandang di area bagasi. Jangan lupa tambahkan cargo tray agar melindungi karpet dan bodi mobil kalian dari kotoran, goresan atau bulu anabul.


3. Perhatikan ukuran kandang

 

Anabul lebih baik diletakkan di kursi belakang atau bagasi (Sumber gambar: James Frewin/ Unsplash)

Anabul lebih baik diletakkan di kursi belakang atau bagasi (Sumber gambar: James Frewin/ Unsplash)


Pertimbangan lain yang harus dipikirkan adalah ukuran dimensi kandang. Jangan memakai kandang yang terlalu kecil. Pastikan kandang harus cukup bagi anabul untuk berdiri, berputar sambil berdiri, duduk tegak dan berbaring dalam posisi alami.

Pilih juga desain kandang yang memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik sehingga anabul bisa bernapas dengan lega. Selain itu, berikan alas nyaman seperti bantal atau selimut sehingga anabul tidak merasa kesakitan, karena terlalu lama menduduki kandang yang kebanyakan memakai material aluminium.


4. Konsultasi ke vet

Jangan lupa konsultasi ke vet jauh–jauh hari untuk menjaga kesehatan anabul, misalnya, pemberian vaksin, vitamin untuk menambah sistem imunnya, dan jika anabul gampang mabuk bisa diresepkan obat anti mabuk perjalanan juga.


5. Menyetir dengan lembut

Kalian juga tidak ingin kan naik kendaraan yang terlalu ugal-ugalan? Sama halnya dengan anabul, mereka juga bisa mengalami pusing dan mual sehingga membuat stres. Menyetirlah dengan lembut meski dengan kecepatan tinggi agar anabul kalian tidak rewel di jalan.
 
1
2


SEBELUMNYA

Gemas! Yuk Simak Cara Memelihara Kura-kura yang Masih Kecil

BERIKUTNYA

Dewan Museum Internasional Gali Potensi Museum untuk Perubahan Positif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: