Hari Kucing Sedunia adalah momen spesial untuk memanjakan kucing peliharaan di rumah- Jari Hytönen (Dok. Unsplash)

Hari Kucing Sedunia, Rayakan dengan Cara Seru Ini Yuk!

08 August 2021   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak sih kalau setiap tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia (International Cat Day). Mulai diperingati sejak tahun 2002 oleh organisasi International Fund for Animal Welfare, Hari Kucing Sedunia adalah hari untuk merayakan salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia.

Melansir dari Tractive, bukan hanya sekadar hewan pendamping di rumah, studi menunjukkan bahwa interaksi dengan kucing dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi respons fisik terhadap risiko stres.

Tak hanya itu, memelihara kucing di rumah juga dapat meningkatkan kesehatan psikologis dengan memberikan dukungan emosional kepada orang yang menderita depresi, kecemasan, dan kesepian.

Nah, untuk merayakan hari spesial ini bersama hewan berbulu itu, berikut beberapa aktivitas Hari Kucing Sedunia yang bisa kamu lakukan. Coba yuk Genhype!

1. Mengadopsi kucing dari shelter setempat
Jika kamu sudah siap untuk menyambut kucing ke rumah dan merawatnya, ini adalah cara sempurna untuk merayakan Hari Kucing Sedunia. Dengan merawat kucing, kamu turut membantu kucing untuk merasakan kasih sayang serta rasa aman seumur hidup. Tak hanya bagi kucing, merawatnya juga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi sang pemilik.
 

Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia- Peng Louis (Dok. Pexels)

Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia- Peng Louis (Dok. Pexels)

2. Jadi relawan di shelter kucing
Shelter atau tempat penampungan hewan di daerah tempat tinggalmu pastinya memiliki banyak kucing dan hewan lain yang bisa mendapatkan dukungan dari kamu. Untuk merayakan Hari Kucing Sedunia, kamu bisa menawarkan diri untuk bermain dengan kucing dengan mengadopsinya, membersihkan kandang dan kotak kotoran, memberi makan kucing, atau bantuan apapun yang diperlukan. Tak hanya di shelter, kamu juga bisa memulainya dengan memberi makan kucing-kucing yang kamu temukan di jalan.

3. Beri kucing makanan spesial
Jika kamu sudah memelihara kucing di rumah, tak ada salahnya untuk memanjakan kucing peliharaanmu di hari yang spesial ini. Salah satu caranya adalah dengan membuatkan makanan atau camilan yang spesial yang mungkin tidak dia dapatkan setiap harinya, misalnya ikan favoritnya.

3. Bermain bersama kucing
Jangan biarkan kucing terus bermain sendiri, luangkanlah waktu untuk bermain bersama kucing peliharaanmu. Tak ada salahnya juga untuk membelikan mainan baru di hari spesialnya ini. Bukan hanya memanjakan kucing, bermain bersama kucing juga bisa mencegahnya bereksplorasi di tempat yang membahayakan atau merusak perabotan di rumah karena merasa bosan.

4. Beri perawatan khusus kucing
Jika biasanya kamu sibuk beraktivitas, di Hari Kucing Sedunia ini kamu bisa lho meluangkan waktu untuk memanjakan kucing peliharaanmu misalnya dengan menyikat bulu-bulu kucing dan memberinya perawatan yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi kucing peliharaanmu dengan kalung untuk memastikan dia tak akan hilang ketika main di luar. Kalung kucing juga bisa mencegah ada tetangga atau orang lain yang hendak mencuri kucingmu.

5. Rayakan momen dengan sesama pecinta kucing
Untuk merayakan Hari Kucing Sedunia, kamu juga bisa lho mengundang beberapa teman sesama pecinta kucing dengan menyuguhkan camilan favorit kucing. Manfaatkan momen itu dengan berbagi cerita dalam memelihara kucing dengan teman-temanmu serta berfoto bersama yang bisa kamu unggah di media sosial.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Keutamaan Puasa Bulan Muharram

BERIKUTNYA

Ini Loh 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: