Film Siksa Kubur karya sutradara Joko Anwar (Sumber gambar: Legacy Pictures/Rapi Films/Come and See Pictures)

3 Alasan Film Horor Siksa Kubur Menarik untuk Jadi Tontonan Libur Lebaran

13 April 2024   |   14:00 WIB
Image
Lizza Zaen Seorang ibu yang suka menulis dan binge watching sambil makan mie kuah.

Film horor Indonesia sepertinya tidak pernah sepi peminat dan penikmat dari para pencinta film dalam negeri. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya, film horor menjadi genre film yang banyak diminati masyarakat. Fenomena ini bisa dilihat dari hasil pengamatan berbagai media.

Berdasarkan data yang tercatat oleh Katadata, pada periode Januari-Juni 2023, tercatat sekitar 11 film tayang di layar lebar. Peringkat pertama dan kedua dengan penonton terbanyak diduduki oleh film horor.

Film Sewu Dino menjadi film horor yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah penonton sebanyak 4,82 juta, kemudian disusul oleh film Waktu Maghrib dengan jumlah penonton sebanyak 2,4 juta. Jumlah penonton tersebut tercatat selama periode semester pertama 2023. 

Baca juga: Review Film Siksa Kubur, Minim Parade Jumpscare Tapi Penuh Kengerian

Adapun, pada tahun ini, film horor Siksa Kubur ditayangkan saat momen libur lebaran. Periode ini memang memang selalu dinanti untuk berkumpul bersama keluarga. Tidak hanya berkumpul, tapi juga beberapa aktivitas sayang dilewatkan di momen yang hanya datang satu tahun sekali.

Oleh karenanya, banyak keluarga yang melakukan aktivitas menyenangkan selama libur lebaran. Menonton film di bioskop juga bisa menjadi alternatif mengisi libur lebaran agar tidak monoton.

Mengapa Film Siksa Kubur Layak Ditonton?
 

Poster film Siksa Kubur (Sumber Gambar : IMDb)

Poster film Siksa Kubur (Sumber Gambar : IMDb)

Terdapat beberapa film Indonesia yang menghiasi layar lebar pada saat momen Idulfitri tahun ini. Salah satunya adalah film horor Indonesia yang sudah dinanti, yakni Siksa Kubur. Film ini tayang sejak tanggal 11 April 2024, bertepatan dengan momen hari raya Lebaran.

Belakangan, banyak para penonton yang memberikan testimoni setelah menonton film horor penuh teka teki ini. Testimoni dari para penonton dan potongan video ketegangan penonton menambah rasa penasaran akan film horor yang membawa tagline "Anda Akan Percaya". 

Namun, selain testimoni penonton, terdapat beberapa alasan yang membuat film Siksa Kubur ini layak dijadikan tontonan untuk mengisi libur lebaran. 
 

1. Digarap oleh sutradara ternama

Joko Anwar ketika menerima penghargaan sebagai director terbaik dalam ajang FFI (Sumber Gambar : Wikipedia)

Joko Anwar ketika menerima penghargaan sebagai director terbaik dalam ajang FFI (Sumber Gambar : Wikipedia)

Film horor Siksa Kubur merupakan karya dari sutradara ternama Joko Anwar. Sineas yang disapa Jokan ini telah melahirkan beberapa film-film dengan ulasan positif. Pengabdi Setan 1 dan 2 adalah film horor garapannya yang menuai banyak kritik positif dari pengamat film.

Film horor lainnya yang tidak kalah bagus dan menarik adalah Pintu Terlarang, Perempuan Tanah Jahanam, dan Modus Anomali.  Sementara itu, Janji Joni jadi film genre drama romantis terbaik yang melegenda. Beberapa film terbaik yang telah diproduksi Joko Anwar inilah yang membuat setiap karyanya selalu ditunggu, termasuk film horor Siksa Kubur yang tayang saat libur lebaran. 
 

2. Memiliki premis yang menarik

Salah satu adegan Sita di dalam kuburan (Sumber Gambar : Kincir)

Salah satu adegan Sita di dalam kuburan (Sumber Gambar: Legacy Pictures/Rapi Films/Come and See Pictures)

Film Siksa Kubur memang mengundang rasa penasaran. Pasalnya, pada 2012 Joko Anwar sudah membuat film pendek dengan judul yang sama yakni Siksa Kubur (Grave Torture). Film pendek Siksa Kubur berdurasi 7 menit tersebut berhasil memberikan vibe mencekam.

Kali ini, Joko Anwar menjawab rasa penasaran penonton untuk menggarap Siksa Kubur versi film panjang, dengan premis menarik. Seperti biasa, salah satu ciri khas film garapannya adalah menyisakan teka teki dan membuka ruang diskusi bagi para penonton. 

Film Siksa Kubur memiliki premis cerita terkait Sita, seorang anak perempuan yang tidak percaya agama akibat orang tuanya meninggal setelah jadi korban bom bunuh diri. Sita mencoba membuktikan bahwa agama dan siksa kubur itu tidak ada, dengan cara mengubur diri bersama jenazah orang-orang yang dianggap paling berdosa.

Premis inilah yang membuat film Siksa Kubur bukan jadi sekadar film horor yang diidentikkan dengan jumpscare. Pasalnya, film Siksa Kubur yang rilis saat momen lebaran ini, seolah menjadi reminder bagi penonton untuk tetap beramal baik walaupun Ramadan telah berlalu.

Selain itu, film ini akan mendorong penonton untuk mempercayai sesuatu seperti tagline-nya "Anda Akan Percaya".
 

3. Dibintangi aktor & aktris papan atas 

Jajaran artis ternama pemain film Siksa Kubur (Sumber Gambar : Kapan Lagi)

Jajaran artis ternama pemain film Siksa Kubur (Sumber gambar: Legacy Pictures/Rapi Films/Come and See Pictures)

Siksa Kubur akan menjadi film horor yang bertabur bintang. Pasalnya, banyak jajaran artis papan atas yang turut berperan dalam film ini. Faradina Mufti berperan sebagai Sita yang akan beradu akting dengan Reza Rahadian. Totalnya ada sekitar 20 pemain film dari kalangan artis papan atas.

Slamet Rahardjo dan Christine Hakim adalah artis kawakan di antara nama-nama kesohor tersebut. Keberadaan aktor dan aktris papan atas ini membuat film Siksa Kubur layak ditonton mengisi libur lebaran. Penonton akan sangat dimanjakan dengan kolaborasi akting dari para pemain film terbaik tanah air. 

Beberapa alasan di atas tentu memposisikan film Siksa Kubur tidak hanya sebagai film horor remeh temeh. Joko Anwar mengemas film penuh tanda dan teka teki untuk dinikmati selama libur lebaran. Tertarik untuk menonton? Atau Anda sudah menonton? 

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Sutradara Joko Anwar, Terbaru Siksa Kubur Tayang 11 April 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jumlah Perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Ditambah Selama Libur Lebaran

BERIKUTNYA

G-Dragon Umumkan Comeback pada Paruh Kedua 2024 dengan Agensi Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: